Kebetulan kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung Nier Replicant ver 1.122474487139. Sebuah game dari Square Enix yang dimana game ini merupakan sebuah “upgrade” dari Nier yang dahulu sudah pernah dirilis pada tahun 2010 di platform PS3 dan Xbox 360. Game ini di develop oleh Toylogic yang juga dibantu oleh Platinum Games yang sebelumnya merupakan developer dari Nier Automata.

nier replicant
Nier Replicant ver 1.122474487139

Game ini memiliki setting yang kurang lebih sama dengan sequel sebelumnya, yaitu kita sebagai protagonis berada di masa depan yang dimana kondisi kota sudah rusak dan manusia yang hidup di dalamnya tidak banyak lagi. Secara setting memang kurang lebih mengambil latar yang sama dengan sequel yang sebelumnya. Namun pada Nier Replicant ver 1.122474487139 ini memiliki unsur sihir dan bukan robot atau android, sehingga karakter yang kita mainkan pun adalah manusia.

Dark Hand

Secara mekanik, jika kalian sudah memainkan Nier Automata maka kalian akan sangat familiar dengan game ini terutama dari combat systemnya yang hack and slash. Namun game ini memiliki movement atau pergerakan yang lebih lincah dan lebih cepat jika dibandingkan dengan yang sebelumnya. Selain itu transisi dari kombinasi serangan light dan heavy attack terasa lebih fluid dan tidak kaku satu sama lain.

nier replicant
Combat System

Game ini memiliki mekanik yang cukup unik dan menggabungkan beberapa elemen 2D seperti di map tertentu kita harus menembak musuh dengan angle kamera top down, melewati sebuah map dengan angle kamera yang menyamping, dan bahkan pada musuh tertentu bisa menembakan peluru yang sangat banyak yang dimana kita harus menghindar seperti pada game bullet hell.

nier replicant
Top down angle

Jika di Nier Automata kita ditemani oleh robot yang dapat menembak, pada game ini kita ditemani oleh Grimoire atau buku sihir. Grimoire ini memiliki beberapa jenis serangan, seperti mengeluarkan tombak, memukul serta beberapa sihir lainnya yang dapat kita gunakan dan menyesuaikan jenis musuh atau boss fight yang akan kita hadapi.

nier replicant
Dark Lance

Nier Replicant ver 1.122474487139 juga memiliki unsur RPG, yang dimana kita bisa membeli senjata, melakukan upgrade senjata dan sebagainya. Ada Words yang konsepnya seperti sebuah mantra yang bisa kita berikan ke senjata atau sihir yang dapat menambah status seperti menambah magic damage, health dan sebagainya.

nier replicant
Nier Replicant ver 1.122474487139

Kita dapat berpindah secara bebas pada game ini, namun memerlukan loading untuk berpindah ke area tertentu yang bisa dibilang juga semi open world. Pada early game, sistem semi open world ini menurut saya pribadi cukup annoying karena jarak perpindahan dari satu area ke area yang lain dirasa tidak cukup luas. Sehingga kemungkinan kita akan merasa seperti terlalu banyak loading untuk berpindah ke area yang lain.

nier replicant
Nier Replicant ver 1.122474487139

Untuk saat ini, sepertinya hanya itu yang dapat kami sampaikan tentang game ini yang akan rilis pada 23 April 2021. Tentunya masih banyak hal yang bisa kami explore pada game ini yang selanjutnya akan kami bahas pada review lengkapnya nanti.