Kembali dengan review game, kali ini kami akan membawakan sebuah review dari game besutan Housemarque yang dirilis secara eksklusif untuk PlayStation 5. Setelah puluhan jam kami lewati, kami telah siap memberikan review Returnal.

Returnal, game dengan tampilan third-person shooter dengan genre adventure rogue-lite psychological horror ini mebuat kami cukup bingung dengan arah game yang akan dibawakan. Tetapi setelah kami memainkan untuk 5 jam pertama, kami dapat mengatakan bahwa Returnal dapat membawakan genre game rogue-lite ini dengan cukup baik.

Cerita dimulai dengan jatuhnya pesawat Astra bernama Helios ke suatu planet “alien” yang bernama Atropos dan terjebak time loop. Kita sebagai karakter utama yaitu Selene, mempunyai misi untuk mencari jalan pulang serta mencari tahu apa yang sedang terjadi di dunia Atropos. Pada awalnya kalian tidak akan mengetahui latar belakang dari sang karakter utama, namun seiring kalian memainkan dan mengikuti alur hingga akhir, kalian akan dibawa kepada konklusi yang mencengangkan.

Cerita juga diimbangi dengan penokohan karakter yang menurut kami sangat bagus, kita dapat sepaham dengan Selene yang mempunyai rasa ingin tahu dan stress yang cukup dalam. Kita sebagai karakter yang sangat stress, mati berulang-ulang tetapi masih ingin mencoba lagi bersamaan dengan Selene yang mati juga berulang kali serta penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi. Semua emosi itu juga dituangkan di cutscene dan scout log yang sebenarnya tersebar di seluruh dunia Atropos.

Dengan gameplay yang memiliki tempo cukup cepat, memanjat dan mengitari setiap dungeon lalu membunuh setiap monster yang ada. Membawakan perasaan yang hampir sama dengan game-game genre serupa.

Frustasi itulah kata yang tepat dalam menggambarkan perasaan kami saat proses review game satu ini, tapi disinilah kita diajarkan untuk lebih efektif dalam menyerang, menghindar serta menempatkan diri dalam setiap pertempuran, dalam pengelaman kami, terkadang kita sebagai player dituntut untuk mati agar bisa mendapatkan equipment dan persenjataan yang lebih mudah diakses serta berbagai upgrade yang lebih cocok disetiap cyclenya.

Awalnya kita akan diberikan beberapa ability atau gadgets yang dapat digunakan selama proses eksplorasi dan pertempuran, yang mana setiap kita mati kita akan kehilangan seluruh item kita kecuali gadgets, progress cerita karakter dan juga key item. Semua gadgets ini sangat berguna untuk eksplorasinya, mulai dari grappling, pedang laser dan masih banyak lagi. Hanya terdapat sedikit kekurangan pada melee yang tidak memiliki variasi combo sehingga terkesan monoton.

Untuk persenjataan disini, sebenarnya dibagi kepada beberapa aspek seperti Alt Fire yang dimana adalah serangan tambahan yang sangatlah berpengaruh dengan level adrenalin karakter kita layaknya seperti detak jantung. Adrenalin sendiri setiap levelnya mempunyai tambahan serangan yang cukup membantu dalam mematikan musuh secara cepatm jika tidak level adrenalin sendiri akan direset.

Selain itu juga adanya Overload, sebagai percepatan dari proses reload senjata yang ditandai dengan zona indikator berwarna kuning yang dapat kita temui jika senjata yang digunakan mengalami overheat dimana kita perlu menempatkan kursor yang bergerak ke dalam zona. Semisal kalian miss, tentu proses reload dari senjata kalian akan lebih lambat.

Returnal juga menyediakan artifcacts yang dimana bisa menambahkan status yang sangat berpengaruh dalam menambahkan max integrity atau healthbar, overload senjata, damage hingga status tambahan yang mana bisa kalian dapatkan juga dengan AbolytesAbolytes disini adalah mata uang di game ini, yang bisa didapatkan dengan membunuh musuh dan jumlah drop abolytes sendiri juga sangat berpengaruh dengan level Adrenalin yang dimiliki. Abolytes ini juga cukup berperan penting sih dalam hal progress setiap karakter maupun dunianya, dimana sangatlah penting mempunyai abolytes yang banyak untuk proses kita bertahan hidup dengan membeli potion serta upgrade. Pada game ini juga terdapat parasites yang memiliki fungsi seperti artifact namun dengan efek positif dan juga negatif.

Selain itu, digame ini juga ada beberapa item yang bisa kalian temukan untuk menambah integrity kalian atau healthbar kalian, namun terkadang terdapat beberapa malfungsi yang akan terjadi terkait integrity ini sendiri yang dapat berdampak pada karakter kita, mulai dari pengurangan damage hingga resistance, namun semua ini dapat kalian hilangkan dengan menjalankan mini quest.

Semua senjata, artifact, parasites, gadgets dan juga consumables items ini akan mengikuti playstyle kalian dalam proses petualangan. Namun harus diingat bajwa semua item itu akan hilang jika karakter kita mati atau memulai cycle baru, hanya yang tersisa adalah gadgets dan juga key item utama disini yang mana adalah Ether key. Ether key sendiri sangatlah penting di game ini yang mana bergerak sebagai mekanisme checkpoint, namun hanya dapat berfungsi satu kali saja, sehingga jika kalian mati lagi, kalian perlu memainkannya sedari awal.

Berbicara mengenai eksplorasi. Kami sangat kagum dengan map design yang disajikan. Dimana kita bisa secara bebas untuk eksplorasi tanpa ada batasan. Adanya tempat teleport yang juga hampir tersedia diseluruh map krusial serta hidden place yang menurut kami cukup membantu sewaktu dalam  memberi jarak dalam fase permainannya. Dengan verticality yang sangat baik, hingga cover seperti tembok, yang mana dapat menjadi advantage kita sebagai player dalam memainkan musuh musuhnya.

Environment yang ditawarkan pada Atropos juga sangat baik, dimana kita bisa merasakan kesendirian dari dunianya yang hampa dengan kita sebagai Selene yang menjadi satu-satunya manusia yang hidup. Kita percaya bahwa planet yang sedang kita lalui ini merupakan sebuah planet alien, yang terkesan semua sudah hancur dan dibuild ulang oleh creature dengan teknologi yang tidak kita ketahui dengan tampilang mengerikan. Rasa takut dan  mencekam itu sangat terasa dari pandangan jarak jauh yang bener-bener gelap dengan memanfaatkan sinar bulan saja. Tidak hanya itu aja, setiap kita mati dan hidup kembali, kita akan menjalani dunia yang berbeda, sehingga membuat pengalaman ekplorasi sangatlah fresh disetiap encounter. Monster yang dihadirkan juga bervariatif dengan serangan yang berbeda-beda juga. Ditambah lagi setiap monster yang ada juga cukup dinamis membuat setiap musuhnya cukup satisfying.

Boss fight yang dihadirkan disini sangat satisfying dimana untuk perjalanan kita sampai melawan boss tidak hanya asal membunuh dan mencari jalan, tapi kita harus memikirikan skillset dan juga senjata,consumable items dan juga artifact yang ada. Karena ya kalau kita mati saat melawan boss kita harus mengulangnya dari titik awal lagi.

Kesimpulannya, cerita yang dalam dan bagus serta pembawaan yang dapat menyatu dengan emosi kita sebagai player yang memainkan karakter utama Selene. Combat system yang casual, tetapi dibungkus dengan packaging manis dari banyaknya gadgets, items, artifact, hingga dunia yang ditawarkan sangat indah cakep dengan kita selayaknya dunia alien di luar sana. Pencapaian sampai ke boss fight yang sangat satisfying dengan level design yang juga sangat apik, membuat game ini patut kalian coba.

Seluruh combat mechanism yang disempurnakan dengan fitur Dual Sense yang sangat apik serta audio design yang juga luar biasa, sehingga kami dapat merasakan detail dari environment yang ada, percakapan karakter, scout log, hingga suara serangan musuh yang melewati kita dapat terasa secara real.

Reviewed by: David Firmanto

Editor: Aldy Wayong

Untuk review dalam bentuk video, kalian dapat menyaksikan video dibawah ini: