Windows 11

Windows 11 yang baru-baru ini menjadi topik yang cukup viral dibeberapa hari belakangan ini di dunia teknologi membuat banyak orang bertanya, apa sih minimum spesifikasi buat ngejalanin Windows 11?

Kemarin karena gw iseng ngecekin supporting document yang dirilis sama Microsoft, nah disana ada link yang mengarah ke Windows 11 Supported Intel Processors dan begitu juga untuk versi AMD, yang ketika gw baca membuat gw pribadi cukup tidak percaya ya.

Tentu saja tdak dapat dipercaya, karena seperti yang kalian tau Windows sendiri terkenal sebagai operating system yang sangat versatile, dan hal ini tidak terjadi kali ini.

Windows 11 sendiri dikonfirmasi hanya mendukung processor Intel berikut ini:

  • Intel 8th Gen, 9th Gen,10th Gen, 10th Gen, 11th Gen dan lebih baru.
  • Intel Xeon Skylake-SP, Cascade Lake-SP, Cooper Lake-SP dan Xeon Ice Lake-SP.

Lalu untuk versi AMD nya:

  • AMD Ryzen 2000, 3000, 4000 dan 5000.
  • AMD Ryzen Threadripper 2000, 3000, dan Pro 3000.
  • AMD EPYC 2nd Gen dan EPYC 3rd Gen.

Sebenarnya hal ini baru saja muncul baru-baru ini karena Microsoft secara diam-diam mengupdate compability documentnya. Hal ini menyebabkan requirement yang lebih ketat dari Microsoft terkait PC yang akan menjalankan Windows.

Tadinya CPU lama dan TPM 1.2 masih lah disupport oleh Windows 11 namun dengan catatan “tidak dianjurkan”, namun dokumentasi terbaru justru sama sekali tidak menyebut posibilitas untuk menjalankan OS ini di sistem lama.

Tapi tetap sih, selama ada tekad selalu akan ada jalannya. Bikin installer sendiri contohnya?