Pengumuman dari game Tom Clancy’s XDefiant membuat para gamer bertanya-tanya mengenai fokus dari Ubisoft yang nampaknya kini akan merambah ke pasar game free-to-play. Pada rapat terbaru, Ubisoft memfokuskan 80% investasinya terhadap game-game premium.

Melalui rapat investor yang belum lama ini digelar oleh Ubisoft, sang CEO Yves Guillemot menunjukkan bagaimana Ubisoft kini tengah memisahkan investasi mereka. Berbeda dengan rapat investor sebelumnya yang berfokus pada langkah awala Ubisoft dalam membuka pasar ke free-to-play, kali ini Yves Guillemot memberikan statement bahwa pengeluaran terhadap proyek free-to-play nya tidak sebesar proyek game AAA mereka.

Walaupun begitu, Ubisoft sendiri kini tengah mencoba untuk masuk kedalam pasar free-to-play yang mana dimulai dengan The Division: Heartland pada dua tahun lalu dan kini berlanjut dengan Tom Clancy’s XDefiant yang siap masuki tahap test nya di 5 Agustus mendatang.

Guillermot menyatakan bahwa Ubisoft memfokuskan 80% investasinya terhadap game-game premium dan sementara untuk free-to-play sendiri hanya 20% saja. Walaupun hanya 20%, Ubisoft berharap dapat merambah pasar yang jauh lebih luas lagi diseluruh platform termasuk mobile.

“Ubisoft telah berkali-kali membuktikan kemampuannya untuk berhasil memasuki pasar dan segmen baru di mana pada awalnya tidak memiliki keahlian,”

“18 tahun yang lalu, kami mempelajari keterampilan baru dan akhirnya menjadi salah satu pemimpin dalam game dunia terbuka dengan Assassin’s Creed dan Far Cry di antara waralaba industri yang paling sukses.

“10 tahun yang lalu, kami menjalani putaran investasi signifikan lainnya untuk menjadi salah satu operator layanan langsung terbaik bersama The Division, Rainbow Six, Ghost Recon, For Honor, dan The Crew.” 

-Yves Guillemot-