The Mandarin

Dalam sebuah interview penulis naskah ‘Shang-chi and the Legend of the Ten Rings’ membagikan sedikit bocoran mengenai karakternya ‘The Mandarin’. Ia mengatakan kalau karakter The Mandarin ini akan memiliki perbedaan dengan yang kita kenal selama ini melalui komik.

David menambahkan bahwa ia berusaha untuk tidak membuat karakter The Mandarin ini hanya sekedar karakter yang men-stereotype ras Asia saja. Ia mengatakan karakter ini lebih memiliki motif dan makna yang lebih dalam dibalik semua perlakuannya. Yah walaupun sekilas terdengar seperti rangka karakter Thanos, namun memang tidak bisa dipungkiri memanglah menarik karakter seperti ini.

Sang sutradara Destin Cretton pun menambahkan kalau karakter ‘The Mandarin’ ini akan dibangun melalui keresahan yang terjadi didunia nyata lebih tepatnya di US sendiri, ia mengatakan kalau The Mandarin adalah karakter yang tercipta karena ketakutan masyarakat “native” di US dan juga tindak rasis yang mereka lakukan terhadap ras asia.

Pesan dari karakter ini dirasa sangat bagus namun eksekusinya sendiri akan seperti apa kita juga tidak tahu. Karena kembali lagi, film ini yang sutradarain juga notabenenya orang berkulit putih. Bukan karena rasis tapi hal ini sering terjadi, dimana banyak POV yang tidak diketahui oleh masyarakat “native” US sendiri.

Justru POV yang mereka lewatkan inilah, yang terkadang menjadi justifikasi dan juga alasan dari apa yang dirasakan masyarakat keturunan asia di US. Kalau gw pribadi sih jadi meragukan film ini ya, karena terkadang kalau penulis dan sutradaranya sudah “sok asik” disana lah gw cukup meragukan keabsahan dari pendapat mereka.