Hades, game GOTY 2020 kemarin yang bertipe Rougelike ini baru saja rilis untuk versi PS5 dengan enhancement 4k 60fps serta penambahan dari segi controller vibration dan juga pencahayaan di in-gamenya. Setelah kurang lebih 20 jam, dengan fase yang cukup cepat apalagi bertipe Rougelike, saya sangat enjoy memainkan Hades di setiap Encounternya di PS5 dibandingkan di PS4.

Sedikit impresi saya dengan game Hades PlayStation 5 sendiri, dimana Game bertipe Rougelike sendiri sangatlah sukar untuk disukai banyak orang. Tetapi tidak untuk game satu ini. Dimana Hades menawarkan kematian karakter kita untuk menjadi jalan kalian dalam menempuh setiap cerita yang ada, menjadikan kalian para pemain masokis lebih antusias dalam memainkan setiap babaknya.

Tidak heran setiap encounter yang dihadirkan, game ini terlihat sangat stressful tetapi sangat fun dan enjoyable untuk dimainkan. Story yang dihadirkan juga sangat relate dengan yang menyukai “Greek Mythology Stories”, dimana kita sebagai Zagreus ingin melarikan diri dari Neraka atau bisa dibilang dari rumahnya untuk mencari sebuah hal misterius.

Hades bisa dibilang mempunyai desain karakter yang apik, voice over yang membuat kita betah mendengarkan ceritanya sampai kepada setiap percakapan yang selalu berubah-ubah pada setiap run.

Dari segi experience memainkan game ini, saya cukup senang dimana saya bisa mencoba Hades sendiri dengan experience console next-gen yaitu PS5. Limitasi dari console sebelumnya yaitu PS4 memang sangatlah jauh, mulai dari 1080p ke 4k hingga kepada beberapa upgrade visual yang terkesan semuanya itu polos atau flat berbeda dengan di visual PS5 yang benar-benar jauh lebih detail.

Semua tempat dari House of Hades hingga Elysium, semua terasa  jauh lebih hidup, perbedaan setiap encounter hingga latar yang jauh lebih immersive secara visual. Tetapi semua itu juga tidak bisa dipungkiri dimana PS5 dengan Dual Sense nya yang benar-benar bisa memaksimalkan setiap gerakan dari Zagreus. Mulai dari setiap serangan, setiap interaksi hingga latar yang sangat interaktif, semuanya diisi dengan dual sense. Immersive getarannya terkesan realistis yang secara mengejutkan tidak menganggu

Awalnya saya merasa pergerakan controller dual sense ini dikurangi dari setting, secara PS5 di kantor sendiri juga digunakan untuk kebutuhan review lainnya. Namun ternyata tidak, terasa getaran dari dualsense yang tidak berlebihan sehingga nyaman untuk tetap dimainkan selama berjam-jam.

Saya sangatlah menyarankan untuk game Hades dimainkan di console PS5, dikarenakan perbedaan grafis saja sudahlah berpengaruh cukup besar dalam experience kalian memainkannya, ditambah dengan enhancement dari seluruh partikel yang ada juga lebih terasa immersive. Berencana untuk pindah dari PS4 ke PS5? Atau baru mau maen game Hades?

Hades sendiri sudah bisa kalian beli di harga IDR 399.000 untuk edisi fisik PS5 dan PS4 console, dan juga bagi kalian yang sudah mempunyai game Hades di PS4, kalian mendapatkan free upgrade ke PS5 ke edisi fisiknya yang didalamnya sudah termasuk artbook yang cakep dengan soundtrack yang kodenya bisa kalian dapatkan di dalam kaset fisiknya.