Sejauh gw mereview laptop belum ada laptop yang beneran memuaskan hasrat gw dalam penggunaannya layaknya Lenovo Yoga 7i ini, walaupun banyak yang gw bilang menarik atau keren atau kenceng tapi selalu ada 1 atau 2 hal yang gw kurang srek terlebih di bagian touchpad, layar, batre dan yang paling sering gw temukan adalah speaker.

Gw gatau kenapa banyak manufaktur selalu memasang speaker yang kenceng doang kayak tutup panci di adu, atau kadang bass nya kayak tukang baskom lewat. Ada sihh yang katanya bagus kayak brand berlogo buah itu cuman sayangnya kita belum pernah pegang unitnya jadi buat gw pribadi belum ada sama sekali pengalamannya disana.

Sampai akhirnya kemarin itu Lenovo ngasih laptop ini yaitu Lenovo Yoga 7i, sebenarnya gw sempat memandang laptop ini sebelah mata sih di awalnya. Karena kalau diliat desainnya ya, another laptop tipis yang dibikin dari alumunium aja. Udah standard ga ada yang spesial.

Sampe akhirnya gw pake buat keseharian gw, mulai terasa tuh something different. Mulai dari layarnya yang enak diliat, Layout keyboard nya yang luar biasa dan touchpad nya yang wahhh uenak sekali. Nih gw jelasin satu persatu nih ya biar lu pada paham kenapa gw akhirnya cinta sama laptop ini.

Lenovo Yoga 7i

Mulai dari layarnya yang sebenarnya standard sih, resolusi 1080p, IPS, dan keterangannya yang cuman 300nits diatas kertas sih ini laptop biasa banget. Cuman pas di pake dan diliat… kok enak yaaa mungkin ini berkat kalibrasi dari pabrik lenovo? Who knows? I dunno karena ga ada keterangan lengkap masalah layarnya.

Lenovo Yoga 7i

Lalu turun kebawah ada keyboard dengan layout yang cukup menggoda untuk dipencet-pencet karena layout laptop Lenovo Yoga 7i ini emang udah paling enak deh mau dari lini paling murah sampe paling mahal semua nya terasa sempurna. Kembali lagi gw belum pernah mencoba keyboard laptop lain yang jauh-jauh lebih mahal karena emang gapernah megang cuman sejauh gw mereview laptop di harga mid-range sih ini yang paling enak.

Lenovo Yoga 7i
Dolby Atmos Speaker System

Kiri kanan keyboardnya juga ada speaker yang enak banget secara kualitas. Udah bassnya nendang, ditambah suara nya jernih banget ga kayak laptop lain yang asal nendang doang tapi ga jelas arahnya kemana, yang buat gw cukup takjub adalah di body segini Lenovo Yoga 7i bisa nge-fill ruangan kantor bawah yang berukuran 3×3 meter. Kalau diliat-liat sih ini berkat adanya Dolby Atmos Speaker System®️ juga sih jadinya bisa sebaik ini speakernya.

Lanjut ke bagian terakhir dari laptop ini yang paling buat gw excited adalah touchpad yang seksi ini, mulus banget asli enak banget buat dioperasiin. Gw sih suka banget dengan touchpad nya yang bener-bener luas dan alus banget. Cuman kayaknya masih bisa di gedein dikit lagi sih karena gw masih melihat masih ada ruang disekitar touchpadnya. Lalu terakhir disebelah kanan ada fingerprint standard sih ga ada yang spesial.

Laptop ini tuh punya format 2 in 1 sehingga menambah poin kecintaan gw karena laptop ini. Hingenya juga solid banget jadinya gw pede banget buat bolak balik ini laptop tanpa merasa beban atau takut hingenya malfungsi dan sebagainya.

Lanjut ke bagian desainnya, laptop ini sih ga berhenti membuat gw terkejut ya. Karena dengan desain cantik nan tipis ini Lenovo Yoga 7i bisa diisi dengan port yang lengkap dan sangat berguna.

Dikiri ada port Thunderbolt 4 yang tentu sangat versatile karena bisa jadi DP, USB PD dan USB dengan protocol USB 4.0 tentunya. Terus ada 3.5mm headphone jack, lanjut ke kanan ada USB type A sama power button. Simple kan? Apalagi dengan colokan thunderbolt dikiri ini, sudah dipastikan lu bisa implementasiin setup 1 kabel, cuman memang butuh dock aja yang memang lumayan mahal.

Gw sih pengen bikin video masalah setup 1 kabel, cuman kayaknya gw bisa ga digaji sama dapid kalo gw beli caldigit hehe. Psssss buat toko yang jual caldigit bisa sponsorin kita kok

Sekarang lanjut kejeroan laptopnya, dimana sku yang gw pegang ini udah pake Intel®️ Evo™️ platform powered by Intel®️ Core™️ i7-1165G7 processor, RAM 16GB, SSD 1TB dan Intel®️Iris®️Xe. Karena pake Thunderbolt 4 kalian bisa pake external GPU kalo emang berniat main game berat triple AAA di laptop ini. Atau kalo udah berencana bikin workstation juga bisa, toh udah dapet 2 Thunderbolt 4 jadi bisa 1 dock 1 lagi eGPU

Oke lanjut ke benchmark nya yang ga akan gw jelaskan banyak karena ya, standardnya laptop dengan prosesor yang sama.

 

 

Gimana? Biasa aja kan? Tapi emang gw cukup paham dengan laptop ini sih, dengan harga Rp 18.899.000. Gw sih punya perkiraan siapa pasarnya untuk produk ini. Sudah pasti yang dituju adalah pasar orang kantoran, yang butuh laptop dengan looks premium dan profesional namun bisa dipake kalo emang butuh kerjaan yang cukup berat macem premiere pro, photoshop dan bahkan after effect.

Karena dengan laptop setipis ini namun dengan Thuderbolt 4 actually banyak banget hal yang bisa lu lakuin. Terlebih dengan prosesornya yang menurut gw punya performa cukup decent untuk beberapa pekerjaan editing tapi ga sampe ngedit footage 4K 10bit All-I.

Lalu dengan gw sebutkan tadi setup 1 kabel yang membuat kalian para gamers pun masih bisa pake laptop ini buat kerja jadi ga perlu bikin 1 setup lagi kalo emang ruangan kerja kalian terbatas.