Game ambisius keluaran salah satu developer Cina yang kini cukup dikenal, yakni miHoYo, memang selalu menuai pro dan kontra di kalangan komunitasnya. Dimulai dari “pentas” ketidaksukaan akan setiap karakter gacha yang baru rilis, hingga yang terbaru mengenai selebrasi ulang tahun pertamanya.

Pada tanggal 28 September 2021 menandai perayaan hari ulang tahun pertama Genshin Impact. Tentunya pada setiap hari ulang tahun game dengan basis game as a service, para pemainnya akan menantikan hadiah atau perayaan yang akan diberikan kepada mereka. Namun sepertinya miHoYo sedikit blunder dan terlihat dari reaksi para pemain Genshin Impact global dalam menyikapi keputusan developer dari game RPG open-world kecintaan mereka ini. Mereka tidak menyukainya.

10 Interwined Fate yang menurut kebanyakan pemain terasa kurang bila jadi hadiah ulang tahun pertama

Event Moonchase Festival yang kini sedang berlangsung serta hadiah 10 Intertwined Fate yang didapat melalui daily log-in sepertinya dirasa kurang oleh para pemain. Mereka kini menyuarakan ketidaksukaan mereka terhadap gerakan miHoYo dalam menangkap esensi ulang tahun pertama Genshin Impact. Banyak pemain merasakan bila rangkaian kegiatan hingga hadiah yang diberikan tidak sesuai dengan pencapaian yang diperoleh.

Namun reaksi berbeda lahir dari pemain Genshin Impact Jepang. Bertepatan pada hari ulang tahun pertama game kesayangan mereka, para pemain justru melakukan apa yang seharusnya dilakukan di hari ulang tahun, yaitu mengucapkan selamat. Dari ucapan selamat hingga fanart memperingati ulang tahun Genshin Impact membanjiri sosial media mereka. Hal paling mudah tentunya dapat ditemukan pada kolom komentar pada video PV peringatan ulang tahun di kanal YouTube Genshin Impact Jepang.

Dapat ditemukan begitu banyak komentar positif mengenai ulang tahun dari game yang memopulerkan karakter Paimon ini keluar dari ketikan dingin para pemain asal Jepang. Bisa ditemukan juga beberapa komentar positif berbahasa Inggris yang sepertinya memang datang dari pemain global yang seakan “mengungsi” dari panas teriknya kondisi sosial media Genshin Impact global.

Memang secara objektif bila membandingkan dengan hadiah-hadiah ulang tahun dari mobage lain, Genshin Impact termasuk yang cukup “pelit” dalam memberikan hadiah kepada pemain. Bila bisa mengomentari keadaan yang ada, miHoYo dapat memberikan campaign yang menguntungkan pemain dalam skala minor seperti pengurangan pengunaan Resin, 2x multiplier untuk peningkatan level karakter dan senjata, atau setidaknya miHoYo dapat mengadakan livestream yang menjabarkan roadmap akan update-update apa saja yang akan dihadirkan mereka dalam setahun kedepan.