“Yu Gi Oh! Master Duel, sebuah game proper untuk OCG Yu Gi Oh! yang sudah dinantikan oleh para fans dengan sistem booster pack yang unik, namun sayang tidak cocok untuk para newcomer”

Yu Gi Oh! Master Duel, sebuah iterasi terbaru dari OCG legendaris yakni Yu Gi Oh! yang datang dengan sistem yang tentunya penggabungan dari seri-seri pendahulunya dan berfokus kepada scene kompetitif.

Jika melihat kebelakang sudah cukup lama semenjak kita mendapatkan sebuah game OCG dari Yu Gi Oh! yang secara proper hadir untuk scene kompetitif dari Yu Gi Oh! sendiri secara online selain Duel Links yang pertama kali muncul pada tahun 2016 silam. Berbicara mengenai mekanisme, tentu Master Duel memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan Duel Links. Mulai dari jumlah zona yang dapat digunakan hingga pilihan kartu yang lebih beragam dan juga implementasi beberapa sistem kartu yang lebih baik daripada Duel Links.

Sistem Banlist yang berbeda

Secara teknis sendiri, semua tipe kartu dapat kalian implementasikan disini, mulai dari union, synchro, pendulum, xyz hingga link dan tidak terbatas dengan jumlah zone yang bisa digunakan layaknya Duel Links. Yu Gi Oh! Master Duel sendiri mengimplementasikan peraturan internasional OCG nya dan menerapkan banlist kartu yang sepadan namun tak sama. Berbicara ketidak samaan banlist ini sendiri sebenarnya lebih berfokus kepada beberapa kartu yang memiliki kesulitan dalam pemrogramannya dan layaknya perbedaan dalam banlist OCG dan juga TCG.

Sebagai contoh, Thunder Dragon Colossus, Heavy MetalPhos Electrumite dan juga True King of All Calamities yang di ban pada versi TCG, untuk Master Duel sendiri, ketiga kartu kuat tersebut dapat digunakan dengan status Limited.

Yu Gi Oh! Master Duel Tempat Bermain Para Veteran & Antusias!

Berbicara tentang ranking system tentu saja implementasinya masih sama dengan Duel Links, ,mulai dari Rookie hingga Platinum Duelist. Namun perlu dipertahikan bahwa, Yu Gi Oh! Master Duel sendiri bukanlah sebuah game yang bisa dimainkan oleh semua orang, terlebih untuk mereka yang baru pertama kali ingin terjun ke OCG Yu Gi Oh!. Mengapa demikian? Karena banyak para pemain Master Duel sendiri merupakan para veteran dan juga pengguna “meta deck” yang notabene nya sangat kuat.

Mulai dari deck Performalpal, Sky Striker, Invoked, Eldlich, Shannondoll dan masih banyak lagi. Rata-rata player yang ada pada Master Duel sendiri, merupakan orang-orang yang cukup berpengalaman dan mengikuti perkembangan Yu Gi Oh! sehingga dari kami pribadi tidak terlalu menyarankan bagi para pendatang baru untuk terjun langsung kedalam Yu Gi Oh! Master Duel.

Diluar Ranking System, pada Master Duel ini juga terdapat mode “solo” yang mana lebih berfokus kepada training dan juga arc dari suatu arctype seperti Monarch dan semacamnya, dimana kita akan mendapatkan cerita dibalik sebuah kartu yang memiliki reward, mulai dari gem untuk kalian gacha booster pack hingga kepada structure deck. Dapat dikatakan bahwa, skema solo yang diberikan sendiri kurang memberikan kesan, namun cukup rewarding untuk para pemainnya.

Cara menjual booster pack yang unik!

Masuk ke dalam booster pack dan juga rate kartu. Harga yang ditawarkan untuk satu booster pack sendiri sebenarnya terbilang cukup murah yang dimana jatuh pada angka 100 gem per-satu pack atau setara dengan Rp 30.000+ berisikan 8 kartu yang mana memiliki rate cukup baik. Tentunya untuk kalian yang membeli 10 pack sekaligus akan mendapatkan “SR guaranteed”. Namun yang menarik dalam system pembelian pack di game Master Duelnya ini adalah dimana kalian dapat membuka satu booster pack arctype tertentu dengan mendapatkan kartu arctypenya pada booster pack basic, berbeda dengan sistem-sistem yang sebelumnya diimplementasikan pada seri-seri lamanya yang mana tiap booster pack akan datang silih berganti ditiap bulannya. Tapi bukan tidak ada kekurangannya, karena jika arctype yang kita inginkan tidak keluar, kalian tidak akan mendapatkan pack khusus dari arctype tersebut, walaupun kalian dapat menyiasati hal ini dengan membuat salah satu kartu dengan rating minimal SR dari arctype tersebut dan voila! pack khususnya terbuka dan dapat kalian beli.

Jika berbicara soal servernya, pada awal perilisan sendiri adalah saat terparah server dari Yu Gi Oh! Master Duel dimana jumlah pemainnya sangatlah banyak namun server dari Konami tidak siap yang membuat banyak match dari para player termasuk kami gagal ditengah-tengah turn, namun sekarang hal itu sudah diperbaiki dan berjalan normal.

Berbicara soal UI dan interface yang dihadirkan sendiri juga sudah sangat nyaman untuk dipandang dan sangat mudah untuk dipahami dan memiliki penampatan yang jelas. Terlebih untuk sebuah game yang berfokus pada pertandingan kartu seperti ini, kami rasa tidak memerlukan sebuah UI yang ramai.

Sebagai konklusi, Yu Gi Oh! Master Duel sendiri merupakan sebuah game OCG dari seri Yu Gi Oh! yang sangat mumpuni untuk kalian para antusias mulai dari eksekusi tiap tipe summon, matchmaking yang sangat baik setelah diperbaiki dan sistem penjualan booster pack yang cukup menarik namun sayangnya tidak friendly untuk para newcomer yang baru kenal dan ingin mencoba terjun ke dunia OCG dari Yu Gi Oh! . Tapi bukan berarti kalian harus takut, jika kalian ingin mencoba dan mempelajarinya pasti akan terbiasa dan pandai dalam menyusun deck yang apik.