evil west

Halo, guys! Selamat datang di artikel review Evil West yang dimainkan oleh David. Game Action RPG bertema koboi, dengan gameplay yang mirip dengan game God Of War. Tapi tentunya game ini berbeda dengan game tersebut. Kira-kira apa yang membedakannya? Yuk, baca selengkapnya di bawah.

Story Straightforward tentang Dunia Koboi dan Vampir

Evil West

Cerita dari Evil West bermula dari karakter utama, yaitu Jesse Rentier, yang bergabung dalam Rentier Institute yang didirikan oleh ayah Jesse, yaitu William Rentier. Organisasi ini dibuat untuk membunuh seluruh makhluk dan juga vampir yang ingin memusnahkan seluruh manusia ada di bumi, khususnya orang-orang Amerika Serikat.

Dari segi cerita sih menurut gw ngga perlu terlalu dipikirin sebegitu dalam, karena udah straightforward banget. Bahkan dari awal kita udah tau musuhnya siapa. Menurut gw, untuk ceritanya biasa aja, cuma dari segi penceritaan bisa dibilang lumayan, karena ada unsur ala-ala film Quentin Tarantino atau era koboi jaman dahulu.

Voice Actor-nya Patut Diacungi Jempol!

evil west

Bahkan untuk penceritaan dari codex maupun lore, gw bisa acungin jempol karena semua ada voice over-nya. Terus voice over-nya ngga kaleng-kaleng yah, dari artikulasi suara, peran, emosi semuannya udah dapet banget.

Jadi, kalian bisa ngerasa lore-nya ini dari karakter siapa dan emosi dari setiap karakter yang ngomongin lore-nya itu kena banget. Bagi kalian yang ngga pengen baca atau ngikutin ceritanya, kalian cukup dengerin aja dialog dari para karakternya.

Visual dan Gimmick Ala Red Dead Redemption, Gameplay Ala God of War

evil west

Ngomongin American People dan juga dari visual terlihat emang seperti koboi-koboi, kita bisa tahu dimana setting waktunya itu di sekitar tahun 1800-an. Jadi, dari seluruh elemen dunianya, udah pasti ngambil jaman koboy2 an ato bisa dibilang layaknya RDR.

Dari segi gameplay juga bisa kita ekspektasikan memang kental akan hal berkaitan sama koboi gitu. Kemudian dari segi persenjataan, skills, environtmental damage, sampai kustomisasi juga memang feels-nya entah kenapa terasa God Of War banget. Mulai dari gameplay-nya yang linear, puzzle-nya, pemetaan jalan, traversal-nya, semuanya terbuat selayaknya God Of War versi koboi. Selain itu, Evil West tentunya juga memiliki kekurangan, yaitu perpindahan dunianya terlalu banyak cutscene, bahkan dari cutscene cerita ke gameplay juga ada cutscene lagi. Tentunya lama-kelamaan bakal bikin kalian eneg.

Tapi dari kekurangan itu, kalau ngomongin pemandangan dunianya emng ga bisa dupungkiri udah bangus banget kerasa luas banget, dan memanjakan mata meski ya ngga bisa diekplor segimana gimana karena ya linear gitu, bahkan kalo lu niat buat eksplor di dunia Evil west sendiri, mentok2 kalian cuma bisa dapetin gold sama kutomisasi dari baju topi hingga senjata kalian masing2, tapi setelah menginjak di chapter 13 ke 16 cuma gold doang yang bisa didapetin. Ini sih yang sangat disayangkan, padahal dunia nya itu bagus.

Kalo ngomongin Environment, Sound Design, dan Ambience itu udah menyesuaikan banget dengan dunianya dan ngga out of place, terkesan berkesinambungan dengan tema yang pengen digambarin sama developernya. Di beberapa kesempatan mungkin sebagian dari kalian yang punya phobia dengan laba2 bisa dihilangin aja di option, tapi emng element disturbing nya itu berasa banget sih.

Berbagai Macam Weapon dan Skills yang Bisa Didapatkan Game Evil West!

evil west

Nah balik lagi ke game-nya, kalau ngomongin feels persenjataan dan pengambilan skill-nya memang mirip-mirip God Of War, cuma kita bener-bener dibanjiri dengan persenjataan yang bervariasi. Mulai dari revolver, senapan, shotgun, machine gun, glove, dan flamethrower. Semua senjata ini bisa kalian gunain bersamaan dalam setiap encounter-nya. Memang setiap persenjataan ini ngga langsung kalian dapetin di awal game dan bakal terbuka seiring berjalannya cerita

Dari keseluruhan senjata, gw paling suka glove yang nantinya bisa di-upgrade menjadi ada elemen listriknya. Sayangnya upgrade ini cuma berhenti di satu elemen aja, ngga ada tuh kombo elemen-elemen lain yang bisa kita kombinasikan supaya damage-nya lebih sakit. Karena ujung-ujungnya kalian cuma bisa mengeksplotasi kombo yang berjumlah 2 sampe 3 buah kombo.. Bahkan, di session perks yang cukup banyak pilihan upgrade-nya, kalian juga ngga akan memakai semuanya, karena combo satu ke combo lainnya mempunyai smash button yang bikin kalian harus belajar lagi.

Ngomongin soal hitbox, game ini sih cukup gede ya hitbox-nya. Meskipun ngga sedetail di game-gane AAA, cuma entah kenapa gw lebih prefer pake keyboard sama mouse, ketimbang pake controller. Karena aim assist yang diterapi di kontroler, di keyboard sama mouse juga bisa. Memang jadinya ganggu sih, tapi ya kalo kalian basic nya bukan pemain FPS, mungkin kalian akan cukup terbantu dengan fitur ini.

Musuh atau Monster yang Variatif dan Tingkat Kesulitan Lumayan Tinggi

evil west

Monster yang ada di game ini menurut gw udah bervariasi banget. Selain desain karakternya yang dari awal udah top, keseluruhan monster atau musuhnya juga bervariasi dan punya bentuk yang disturbing banget. Tema tahun 1800-an juga tersampaikan dengan baik melalui musuh vampir atau demon. Serangan setiap dari monster juga cukup bervariasi dan terkadang susah ditebak, khususnya di difficulty Hard.

Di beberapa kesempatan gw sampe ngga kuat dan ganti difficulty ke medium. Tapi gw saranin dari awal udah main di difficulty Hard, dan mulai turunin kalo misalnya dirasa udah terlalu susah, dan nanti balikin lagi. Karena, difficulty Hard jauh lebih challenging, khususnya dari damage yang kita terima. Kalau di difficulty easy atau medium, menurut gw game yang mirip God of War ini bakal jadi game yang cukup boring sih.

Untuk Boss Fight gw ngga bisa berkomentar apa-apa, karena pastinya punya pattern masing-masing dan jauh lebih gampang ketebak dibandingin anakannya. Tapi balik lagi, kalo pake difficulty Hard, setiap ngelawan boss jadinya challenging banget dan feels-nya kayak main Elden Ring.

Kesimpulan dan Penutup tentang Game Evil West

So kesimpulan gw, buat game dengan harga Rp 400.000 yang keseluruhan gameplay-nya mirip dengan God Of War, gw bingung sebenarnya apa yang jadi pembeda atau jadiin ini game itu menarik di mata gw. Pengecualian dari segi harga ya, karena memang jelas beda.

Mungkin yang bisa gw kasih ke kalian, ya bagi kalian yang udah namatin God Of War Ragnarok, mungkin bisa aja ngelirik game satu ini buat dapetin feels yang sama. Khususnya buat kalian yang lagi cari tema diluar mitologi dan lebih ke koboi-koboian di tahun 1800 an ala Red Dead Redemption. Meski ngga se-seamless layaknya God Of War, tapi gameplay berantem dan ngebunuh-bunuh musuhnya gw akui cukup seru untuk dijalanin, tapi harus di difficulty Hard atau Evil ya.

Sampai ketemu di review game atau konten-konten lainnya dari TLM selanjutnya, guys!