Sistem AiMesh dari Asus ini menjadi pelengkap untuk seluruh keluarga router 802.11ax dari Asus. Pada intinya, AiMesh ini adalah teknologi exclusive milik Asus yang memudahkan kalian untuk mencampur atau menggunakan berbagai router untuk menciptakan Mesh network kalian, tapi seri terbaru AX6100 ini dibuat khusus untuk hal tersebut. AX6100 ini sebenarnya adalah suatu paketan, dimana kalian mendapatkan dua RT-AX92U, yang bisa melebarkan jangkauan wi-fi kalian, terutama jika kalian gabungkan dengan RT-AX88U akan menjadi sistem yang sangat komplit untuk kantor maupun rumah kalian.

Walaupun ukuran AX6100 ini kecil, dan memiliki design yang mirip banget dengan TIE Silencer milik Kylo Ren dalam film Star Wars, setiap node ini dapat mencapai kecepatan yang sama dengan router RT-AX88U, yaitu mencapai 6000 Mbps. Walaupun AX6100 ini tidak memiliki 2.5G wired Ethernet, tapi sistem ini akan plug-and-play dengan berbagai macam Gigabit Ethernet port router Asus lainnya. Artinya, kalian tidak perlu takut masalah traffic karena sistem ini merupakan two-way mesh system. Lagipula, kalian masih bisa terus menambahkan jumlah nodenya, karena expandibility adalah hal yang sangat mudah dilakukan dalam suatu sistem AiMesh.

Paket AX6100
Duo RT-AX92U ini dinamai AX6100

Keduanya juga sudah menggunakan sistem keamanan yang sama digunakan pada router RT-AX88U, karena menggunakan AiProtection dari Trend Micro juga. Untuk sistem yang lengkap, dan dapat menutupi rumah yang besar berukuran luas bangun 300 meter persegi, sepertinya sudah sangat cocok menggunakan sistem ini. Lagipula, band yang dimiliki oleh seluruh sistem AiMesh ini sangat-sangat futureproof dan kemungkinan besar masih jauh sekali waktu yang dibutuhkan untuk kebutuhan upgrade. Untuk saat ini kecepatan yang diperlukan sudah menutupi kebutuhan stream 4K dari NAS kalian melalui Wi-Fi dengan sangat stabil. Backup blue-ray film kalian juga bisa dinikmati dan menggunakannya untuk menjadi koneksi utama HTPC kalian membuat sistem ini sangat-sangat viable.

Untuk saat ini, sepertinya Asus memang sangat serius untuk merelease router dan AiMesh milik mereka, selama ini kita bisa lihat kualitas yang Asus miliki. Sudah bertahun-tahun menjadi brand yang memiliki router maupun mesh network terbaik di dunia. Untuk tanggal release penjualannya di Indonesia, sayangnya masih belum ada kepastian. Tapi yang pasti tahun depan sudah bisa kita lihat di pasar Indonesia.