Gigabyte baru saja mengumumkan 5 motherboard Aorus X570 untuk CPU AMD Ryzen generasi ketiga. Mulai dari yang paling tinggi adalah seri Aorus Extreme, Aorus Master, Aorus Ultra, Aorus Pro dan Aorus I Pro Wifi untuk Mini ITX. Pada acara press launch ini, menunjukkan beberapa fitur yang sangat menarik salah satunya adalah Aorus Extreme yang merupakan motherboard pertama yang menggunakan direct 16 phase VRM.

aorus x570
Aorus X570 Line Up

Yang kelihatan berbeda pada seri motherboard ini adalah mereka menggunakan heatpipe yang cukup panjang dari daerah VRM hingga Chipsetnya, dan mereka juga menggunakan semacam armor yang hampir menyelimuti semua bagian dari motherboard ini dengan tujuan agar bisa memberikan thermal performance yang lebih baik kepada bagian chipset, VRM dan juga M.2 Slot.

aorus x570
Aorus X570 16 Phase VRM Performance

Dengan menggunakan 16 phase VRM, maka dari itu temperatur yang dihasilkan pada motherboard ini bisa dibilang lebih rendah daripada 8 phase vrm yang sering digunakan pada seri sebelumnya meskipun 16 phase vrm ini tidak menggunakan heatsink sama sekali, bahkan temperaturnya bisa lebih rendah lagi jika menggunakan cooling solution dari Aorus ini.