Sony dikabarkan membatalkan perjanjian dengan Disney mengenai penggunaan karakter Spiderman dibawah naungan MCU, sehingga akibat ambisi Disney Spiderman keluar dari MCU. Perjanjian ini dimulai pada tahun 2015 dengan membawa iterasi terbaru untuk Spiderman dengan diperankan oleh Tom Holland yang kalau dilihat para fans sangat menyukainya.

Baru saja kemarin berita yang beredar bahwa Spiderman: Far from Home akan dirilis ulang namun hari ini berita berputar sangat cepat dengan pengumuman Spiderman akan hengkang dari MCU.

Spiderman keluar dari MCUMelihat berita ini para fans pun tidak tinggal diam mereka serentak mengeluarkan hashtag #SaveSpiderMan, dan menjadi trending global dengan harapan Disney dan Sony dapat memperbaiki perjanjian mereka.

Namun hal ini tidak sesederhana itu dikarenakan perjanjian baru ini sangat memberatkan Sony sebagai pemegang lisensi. Dimana Disney meminta 50/50 pembagian atas pendanaan dan pendapatan di film solo Spiderman, dimana diperjanjian sebelumnya Disney hanya menerima 5% pendapatan film solo Spiderman dan memegang penuh hak atas merchandise.

Spiderman keluar dari MCUDitambah dengan kesibukan Kevin Feige membuatnya tidak sempat men-develop franchise Spiderman ini, tetapi semua ini baru berdasarkan statement dari pihak Sony yang terlihat secara cerdas membuat kesalahan ini sepenuhnya ada dipihak Disney. Sejauh ini belum ada konfirmasi dari pihak Disney ataupun dari sang arsitek MCU yaitu Feige.