Beberapa waktu yang lalu, kami tim dari The Lazy Media diundang oleh AMD untuk hadir pada acara briefing Radeon Software Adrenalin 2020 Edition. Pada acara ini seperti biasa AMD ingin memberikan update-update terbaru terkait driver software mereka di 2020 ini. Harusnya sejak artikel ini di publish, kalian sudah bisa mendownload driver software ini melalui website resmi dari AMD.

radeon software adrenalin 2020
Pengakuan Microsoft Terkain Radeon Software

Seperti biasa pada acara ini, AMD dengan bangga menunjukkan bahwa driver software ini mendapatkan nilai user satisfaction yang cukup tinggi sejak tahun 2015, dan bahkan mendapat pengakuan sendiri dari Microsoft bahwa software ini merupakan driver kartu grafis paling stabil yang pernah AMD sediakan untuk pengguna.

radeon software adrenalin 2020
Era Baru AMD Radeon Software

Radeon Software Adrenalin 2020 Edition kali ini masih memiliki beberapa fitur yang sudah ada di versi 2019 yang lalu seperti hardware monitoring, streaming, WattMan, AMD Link dan sebagainya yang tentunya lebih di sempurnakan. Disini menyorot 4 hal pada update kali ini yaitu Radeon Installer, Radeon Software App, Radeon Boost dan juga AMD Link.

  1. Radeon Installer
radeon software adrenalin 2020
Radeon Installer

Kali ini AMD memberikan penyempurnaan pada sisi installer dari driver software ini. Sebelumnya mungkin kita diberikan opsi yang cukup bertele-tele saat ingin menginstall Radeon Software, namun kali ini kita hanya perlu melakukan One-Click saja pada installernya untuk melakukan instalasi. Yang menarik pada software ini adalah saat kita ingin melakukan update dan ingin melakukan “clean install”, kita tidak perlu melakukan reset pada preset grafis ataupun profile game yang telah kita buat, sehingga kita tidak perlu repot untuk melakukan setup ulang pada preset ataupun profile tersebut.

radeon software adrenalin 2020
User Profile Saat Instalasi Radeon Software

Saat proses instalasi, kita dibebaskan untuk memilih profile dengan maksud agar driver ini akan secara otomatis mengatur beberapa setting yang sesuai dengan profile yang akan dipilih. Namun jika kalian adalah seorang antusias, kita bisa melakukan skip pada bagian ini. Lalu menurut AMD, proses instalasi terbaru ini memakan waktu 34% lebih cepat dibandingkan dengan versi yang sebelumnya.

2. Radeon Software App

radeon software adrenalin 2020
Perubahan User Interface dari Radeon Software

Radeon Software kali ini memiliki user interface yang lebih modern dan tentunya lebih mudah digunakan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Disini kita diberikan sebuah fitur baru yang namanya Game Center yang dimana fitur ini berfungsi sebagai game launcher untuk semua game dari berbagai platform. Jadi kita tidak perlu dipusingkan untuk membuka beberapa launcher sekaligus untuk membuka 1 game saja. Lalu seperti biasa di setiap game kita bisa melakukan adjust beberapa pengaturan grafis dan juga performance status dari game yang kita mainkan

radeon software adrenalin 2020
1 launcher untuk semua game di berbagai platform

Kita juga diberikan sebuah tab system status yang dimana tab ini berfungsi untuk memberikan kita notifikasi jika ada update driver, menunjukkan pada kita status AMD Link yang sudah terkoneksi atau tidak, dan juga upgrade advisor. Upgrade advisor ini akan memberikan kita rekomendasi upgrade dari hardware yang kita gunakan saat ini, jika terdeteksi bahwa ada komponen sekiranya kurang mampu menjalankan suatu game.

radeon software adrenalin 2020
Tab System Status untuk menunjukkan driver updates, AMD Link status dan juga upgrade advisor

Selain itu AMD juga memperkenalkan fitur lain yang bernama Integer Display Scalling yang berfungsi untuk melakukan scalling image dari 1 pixel menjadi 4 pixel atau lebih. Sehingga secara teori akan memberikan visual yang lebih detail dari game yang kita mainkan tanpa harus mengorbankan perfoma. Hal ini juga sangat berguna untuk game-game dengan judul lama yang dimana masih dirender pada resolusi rendah yang sudah tidak relevan untuk sekarang ini.

radeon software adrenalin 2020
Integer Display Scalling agar visual semakin detail

Lalu untuk fitur lain yang sebelumnya sudah ada di edisi 2019 seperti Radeon Anti-Lag, Image Sharpening, Tuning Tab dan lain-lain juga masih bisa ditemukan di Radeon Software Adrenalin 2020 Edition ini.

3. Radeon Boost

radeon software adrenalin 2020
Fitur dynamic resolution yang menyala ketika ada input dari peripheral yang digunakan.

Fitur ini bisa dibilang adalah fitur yang paling menarik di edisi 2020 ini. Radeon Boost ini berfungsi sebagai Dynamic Resolution, tapi fitur ini cukup berbeda dengan yang biasanya kita temukan. Dynamic Resolution ini akan menyala jika kita benar2 memainkan game yang sedang kita mainkan. Jadi dengan kata lain, jika kita sedang AFK atau tidak memberikan input apapun pada perihperal yang kita gunakan seperti mouse, keyboard dan juga controller, maka fitur ini tidak akan menyala. Sehingga kita tetap bisa menikmati visual yang baik ketika kita tidak melakukan apapun di dalam game dan kita juga tidak akan begitu memperhatikan visual dari game yang kita mainkan ketika kita sedang benar2 bermain. Sehingga ketika kita sedang bermain, kita akan mendapatkan performa yang lebih tinggi tanpa menyadari bahwa resolusi game yang kita mainkan sedang diturunkan ke kualitas yang lebih rendah.

4. AMD Link

radeon software adrenalin 2020
AMD Link dengan fitur game stream over the internet

Untuk AMD Link sendiri sebenarnya tidak ada yang benar-benar baru pada fitur ini. Namun jika sebelumnya kita hanya bisa melakukan game streaming jika menggunakan router atau koneksi internet yang sama, tapi kali ini kita dapat melakukan game streaming over the internet. Jadi di AMD link kali ini kita bisa memainkan game apapun dan dimanapun yang ada di PC lewat smartphone kita. Yang lebih bagusnya lagi, fitur seperti Radeon Boost dan segala fitur yang ditawarkan oleh Radeon Software ini tetap akan menyala jika kita memainkan game nya lewat AMD Link. Selain itu software ini juga mendapatkan user interface yang baru dan tentunya lebih modern dan juga lebih mudah digunakan.

Itu tadi adalah update seputar Radeon Software Adrenalin 2020 yang akan kita gunakan ke depannya jika kita menggunakan kartu grafis dari AMD. Edisi tahun 2020 ini bisa dibilang sangat menarik, mengingat tahun lalu AMD juga mengejutkan kami dengan merilis begitu banyak fitur di driver untuk kartu grafis nya.