Shin Megami Tensei V Vengeance

Rabu (12/6) — Seperti Persona 5 Royal, seri Shin Megami Tensei V juga mendapatkan porting-an ke berbagai platform dengan tajuk Shin Megami Tensei V Vengeance!


Diulas oleh Martin Charis
Untuk versi PC

Kali ini Charis akan me-review gim terbaru dari ATLUS yang rilis di bulan Juni 2024, yaitu Shin Megami Tensei V Vengeance. Ini adalah gim yang sebenarnya bukan benar-benar baru, tetapi lebih ke ekspansi dari Shin Megami Tensei V yang sudah ada sebelumnya di Nintendo Switch.

ATLUS memang terkenal dengan praktik merilis ulang gim yang sudah ada dengan tambahan konten, seperti yang terjadi di Persona 4 dan 5. Kini merambah ke franchise Shin Megami Tensei. Praktik ini sering kali terasa menyebalkan, tetapi tetap saja kita sebagai penggemar game mereka akan membeli dan memainkannya juga.

Jadi, di review kali ini gue ingin memberikan gambaran tentang Shin Megami Tensei V Vengeance, khususnya bagi kalian yang sudah main versi originalnya di Nintendo Switch.

Apakah game ini layak dibeli, terutama bagi mereka yang sudah memiliki versi originalnya? Mari kita mulai review ini.

Shin Megami Tensei V Vengeance Bawa Berbagai Hal Baru ke Berbagai Platform!

Sebagaimana halnya dengan semua praktik dari ATLUS, Shin Megami Tensei V Vengeance menawarkan banyak hal baru yang membuat versi vanilla terasa obsolete. Semua fitur dari Shin Megami Tensei V dibawa ke Vengeance dan didesain lebih baik lagi.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Pertama, kita bicara soal cerita.  Shin Megami Tensei V Vengeance kini memberikan dua cerita berbeda yang bisa kita pilih dari awal gim, yakni Canon of Creation dan Canon of Vengeance. Canon of Creation adalah cerita dari versi originalnya, sedangkan Canon of Vengeance adalah cerita baru yang dihadirkan dalam ekspansi ini. Keduanya berpusat pada keputusan awal apakah kalian mau menyentuh tangan seorang sosok perempuan atau tidak, yang akan menjadi tokoh sentral dalam cerita Canon of Vengeance.

Dengan waktu bermain yang bisa mencapai 80 jam per playthrough, gue hanya bisa memberikan perspektif dari bermain Canon of Vengeance sebagai cerita baru. Namun, jangan khawatir, kedua cerita tetap mendapatkan sentuhan yang sama baik dari sistem baru dan quality of life-nya. Jadi, tidak begitu penting kalian mau main yang mana duluan karena keduanya menawarkan cerita yang benar-benar baru dan tidak terkait satu sama lain.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Bicara soal cerita Canon of Vengeance, jujur gue cukup kecewa karena tidak seistimewa itu. Kekurangan yang ada di cerita originalnya tetap terulang di cerita baru ini. Canon of Vengeance hanya mengambil perbedaan beberapa titik cerita awal dan mengubah semuanya di pertengahan menuju ending cerita. Banyak plot hole yang masih ada, seperti turning point karakter yang tidak dijelaskan dengan jelas, karakter yang muncul tanpa konsekuensi, dan tempo cerita yang aneh.

Temponya juga masih sama kayak suatu karakter dikenalkan seakan dia itu penting, tapi sebenarnya di lingkup cerita keseluruhan dia ga punya kontribusi yang berarti. Bahkan rasanya kalau segmen tersebut dikeluarkan pun, ceritanya juga ga berubah kemana-mana. Aneh lah komposisinya.

Shin Megami Tensei V Vengeance Hadirkan Tokoh Antagonis Baru Bernama The Qadistu!

Shin Megami Tensei V Vengeance

Namun, kehadiran Qadistu sebagai grup antagonis di Canon of Vengeance membawa rasa yang baru. Meskipun dibilang bagus pun tidak, tapi jelek pun tidak. Medioker lah. Screen time untuk keempat member dari Qadistu sangat jomplang. Ada yang kebagian screen time banyak, dan ada yang sedikit. Keputusan untuk memasukkan Qadistu bisa dimengerti dari plotnya, tetapi tetap saja grup ini tidak begitu berkesan juga.

Area Baru yang Bisa Kalian Eksplorasi!

Shin Megami Tensei V Vengeance

Hal baru lainnya adalah map baru Shinjuku yang menggantikan peta Chiyoda. Shinjuku menawarkan keruwetan reruntuhan kota yang lebih hidup dan terang, membuatnya lebih menyenangkan untuk dieksplorasi dibandingkan Chiyoda yang kelam dan bikin stres.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Ada juga dungeon baru yang menggantikan Demon King’s Castle, yaitu Shakan, yang menawarkan eksplorasi dan puzzle yang berbeda. Sayangnya, gue ga bisa bahas lebih lanjut karena berpotensi spoiler.

Dan yah, sebuah tambahan yang cukup menyegarkan menurut gue. Walaupun itu sepertinya tidak cukup menggantikan hal-hal lemah dari cerita dan keseluruhannya dari Canon of Vengeance sendiri.

Tidak Hanya Demons, Tapi juga Manusia sebagai Anggota Party

Shin Megami Tensei V Vengeance

Hal lain yang bisa disyukuri dari Canon of Vengeance adalah aktifnya anggota manusia disini. Canon of Vengeance juga menghadirkan anggota manusia yang lebih aktif, seperti Tao Isonokami, Yuzuru Atsuta, Ichiro Dazai, dan juga Yoko Hiromine sebagai karakter baru, kini lebih motivasi eksistensi mereka lebih jelas. Mereka juga bisa menjadi karakter tamu yang bisa kalian gunakan sebagai anggota party.

Sebenarnya mereka memiliki skillset yang ga terlalu berguna untuk komposisi anggota party di level menengah dan akhir. Tapi untuk sekadar penetrasi kelemahan musuh atau awal-awal cerita, keberadaan mereka menarik untuk diperhitungkan.

Walau menurut gue kenapa juga main Shin Megami Tensei V Vengeance kalau nggak begitu mau mengulik komposisi dan build party-nya. Kan gim ini tergolong turn-based yang susah sebenarnya.

Berbagai Fitur Baru yang Memudahkan Kalian dalam Berbagai Hal

Tapi kalau ngomongin tingkat kesulitannya, Shin Megami Tensei V Vengeance pun sebenarnya banyak hal yang terasa diturunkan tingkat kesulitannya. Walaupun bahasa mudah ini pun akhirnya ga mudah-mudah banget juga. Tetap bisa mati juga sama musuh kroco kalau ga hati-hati.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Kini kita bisa save dimana saja, yang mungkin mengurangi value hardcore dari Shin Megami Tensei V Vengeance. Tetapi pendekatan ini mungkin ditujukan untuk pasar baru yang belum tentu nyaman dengan fitur yang terasa hardcore.

Sebuah fitur yang, yah gue gatau ini terdengar elitis atau ga, tapi mungkin mengurangi value hardcore dari Shin Megami Tensei V Vengeance ini sendiri, mungkin(?) Karena dari awal secara peletakan Leyline Fount pun cukup strategis. Setiap mau ada pertarungan sulit pun bakal selalu dikasih peringatan dulu dan ga asal random encounterLeyline Fount juga banyak tersedia bahkan tersedia sebelum Boss Fight dan jaraknya ga jauh-jauh amat juga. Jadi, kalau game over dan harus ngulang pun ga bakal ketendang di posisi yang jauh-jauh banget asal rajin save.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Di sisi fitur, ada beberapa pembaruan dari segi quality of life seperti pengaturan Demon Compendium yang lebih banyak opsinya, peta yang bisa di turn on dan off semua ikonnya, dan hadirnya Magatsu Rail untuk jalan pintas ke area-area penting seperti Leyline Fount.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Ada juga fitur baru seperti Demon Haunt untuk berinteraksi dengan demon-demon yang kita bawa. Bakal muncul banyak keuntungan seiring berjalannya cerita. Misalnya mulai dari item hingga stat tambahan, serta kemampuan random yang bisa didapat untuk demon tertentu. Kalian juga bisa mendapatkan stat tambahan bila berinteraksi dengan Aogami di tempat duduk dalam ruangan tersebut.

Tidak Banyak Berubah dari Sisi Combat, Tapi Hadirkan Berbagai Kemampuan Baru untuk Para Demons

Shin Megami Tensei V Vengeance

Untuk combat, tidak banyak yang berubah, tetapi build demon menjadi lebih advanced dengan fitur-fitur baru yang dihadirkan Shin Megami Tensei V Vengeance. Salah satunya adalah Magatsuhi Skill spesial dari beberapa demon yang terafiliasi. Dan yang baru gue ketemu sejauh ini ada skill Feline Fury yang dengan membawa Cait Sith, Neko Shogun, dan Nekomata. Entah mungkin karena mereka bertiga adalah kucing kali ya jadi ada serangan gabungan untuk mereka bertiga. Keberadaan kemampuan ini bisa menjadi pesona sendiri untuk bisa kita eksplorasi lebih lanjut.

Shin Megami Tensei V Vengeance

Masih ada pula yang namanya Innate Skill. Kemampuan pasif eksklusif dengan efek yang berbeda-beda untuk setiap demon. Innate Skill ini menjadi fitur paling menggugah setidaknya buat gue, karena fitur ini menghadirkan kemampuan pasif yang bisa kita kulik untuk memaksimalkan anggota party yang kita buat.

Sebenarnya masih banyak hal baru lain yang eksis di Shin Megami Tensei V Vengeance, seperti sesi side-quest dimana kita bisa bermain sebagai demon, demon yang hanya bisa muncul melalui fusion accident, dan masih banyak lagi hal minor lain dan pembaruan quality-of-life lainnya yang terasa menyegarkan untuk ditemui di gim ini.

Kesimpulan Keseluruhan Elemen Shin Megami Tensei V Vengeance

Shin Megami Tensei V Vengeance

Kesimpulan akhir, Shin Megami Tensei V Vengeance sangat cocok untuk yang belum pernah menyentuh Shin Megami Tensei V sama sekali. Versi PC atau konsol lebih disarankan karena grafiknya lebih bagus dan frame rate lebih stabil dibandingkan versi Nintendo Switch.

Buat yang sudah membeli Shin Megami Tensei V sebelumnya, gue turut berduka karena versi sempurna dan absolutnya ada di Vengeance, dan harus bayar lagi di harga penuh. Saran gue, tunggu diskon saja dan beli versi PC atau konsol.

Akhir kata, meski ada banyak sentimen negatif dari gue, gim ini tetap menyenangkan dengan turn-based yang seru, eksplorasi yang asik, dan build demon yang lebih kompleks dan mudah dieksplorasi. Gue tetap merekomendasikan gim ini, terutama karena kini sudah dirilis multi-platform dan lebih aksesible. Ga perlu main seri SMT sebelumnya untuk main ini, dan gim ini didesain untuk lebih gampang dibandingkan seri sebelumnya dengan banyak opsi setting difficulty.

Shin Megami Tensei V Vengeance akan dirilis pada tanggal 14 Juni 2024 untuk platform Nintendo Switch, PlayStation 4 & 5Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC (melalui Steam).

Gimana pendapat kalian tentang gim ini, guys?


Informasi selengkapnya entang gim ini silakan kunjungi:
Website