kimetsu no yaiba sweep the board

Senin (15/7) — Setelah Hinokami Chronicles dengan genre fighting, kali ini SEGA merilis Kimetsu no Yaiba Sweep the Board dengan genre party games! Simak ulasan selengkapnya di bawah!


Diulas oleh Teo Ariesda
Untuk versi PC

Sebuah Usaha Membuat Gim Party dari Seri Anime Paling Terkenal di Dunia! 

kimetsu no yaiba sweep the board

Ya, simpelnya ini adalah Mario Party dengan karakter dari seri anime Kimetsu no Yaiba. Secara gameplay sangatlah mirip, kita akan bermain menggunakan dadu untuk mencapai tahap tertentu dengan bantuan berbagai item atau karakter lain, serta kejutan dari setiap bidak yang kita duduki. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena gim ini tetap membawa fitur dan mekanisme yang berbeda dari gim tersebut. Kedua hal ini akan saya bahas di bagian gameplay.

kimetsu no yaiba sweep the board

Sebagai gim party, gim ini membawa lumayan banyak opsi karakter, mulai dari trio protagonis Tanjiro Kamado, Zenitsu Agatsuma, dan Inosuke Hashibira, ditambah Kanao Tsuyuri dan Genya Shinazugawa, hingga kesembilan karakter dengan julukan Hashira.

Tidak hanya tampilannya saja, mereka nantinya juga memiliki perbedaan dari segi dadu unik yang hanya dimiliki setiap karakter saja. Jadi, kalian bisa memilih secara strategis maupun hanya berdasarkan karakter favorit saja.

Kimetsu no Yaiba Sweep the Board Masih Dihiasi dengan Berbagai Kejutan untuk Tunjang Gameplay!

kimetsu no yaiba sweep the board

Di sini kalian juga akan diberi berbagai item dari pembelian di toko dan pemberian berbagai NPC saat menginjak bidak tertentu. Item-item memiliki berbagai fungsi, beberapa di antaranya ada onigiri atau dadu untuk menambah jumlah langkah, hingga menukar lokasi dengan pemain lain.

kimetsu no yaiba sweep the board

Berbeda dengan Mario Party, Kimetsu no Yaiba Sweep the Board juga hadirkan Slayer’s Dice, dadu unik yang hanya dimiliki oleh karakter itu saja dengan efek yang berbeda-beda. Dadu ini tidak bisa kalian gunakan secara terus-menerus alias hanya giliran tertentu saja. Sehingga menambah aspek strategis dari gim ini.

kimetsu no yaiba sweep the board

Gimik ini juga masih ditambahkan melalui fitur Ally yang memungkinkan kalian ditemani oleh para Demon’s Slayer, mereka bisa membantu kalian dengan Slayer’s Dice untuk mendapatkan kemampuan menggunakan dadu mereka.

Mini Games yang Kurang Maksimal, Tapi Hadirkan Gimik Demons yang Unik!

Kimetsu no Yaiba Sweep the Board juga menghadirkan berbagai mini games yang akan kalian lakukan setelah mencapai akhir giliran semua karakter. Mode ini tidak hanya bisa kalian nikmati saat mode Sweep the Board saja, tapi juga mode mini games yang hanya berfokus pada hal tersebut. Agak disayangkan kalian tetap harus memainkan mode yang saya sebutkan di awal untuk membuka berbagai mini games yang lain.

kimetsu no yaiba sweep the board

Karena mengangkat seri anime Kimetsu no Yaiba, rasanya kurang lengkap tanpa berhadapan dengan para Demons. Terkait hal tersebut, gim ini menghadirkan dua masa waktu, yakni siang dan malam.

Setelah mencapai goals di siang hari, maka hari akan berganti ke malam dan di sinilah para Demons akan jatuh di bidak tertentu. Kalian berkesempatan untuk mencapainya demi mendapatkan Silver Coins dan bertempur melawannya.

kimetsu no yaiba sweep the board

Pertarungan ini cenderung simpel karena hanya bermain timing dan kecepatan menekan tombol. Secara mekanisme, mungkin seharusnya gim ini memang sebaiknya dimainkan di Nintendo Switch dengan memanfaatkan fitur gyro-nya untuk mengayun pedang. Sehingga kita bisa merasa seperti Hashira yang benar-benar menebas para Demons dengan pedang Nichirin. Di sini saya tidak merasakan keseruan hal tersebut karena bermain di PC menggunakan kontroler.

Secara keseluruhan terbilang cukup standar dengan gimik anime Kimetsu no Yaiba, namun agak disayangkan eksekusinya terasa kurang maksimal. Gerakan karakternya juga terasa kaku seperti misalnya mini games badminton di atas. Menurut saya Mario Party masih memiliki mini games yang lebih eksploratif dan menyenangkan.

Terlalu Banyak Cutscene yang Memperpanjang Durasi Gameplay 

kimetsu no yaiba sweep the board

Entah ini bakal menjadi masalah atau tidak, tapi sepertinya bermain dengan batas giliran 10 saja rasanya sudah lama sekali untuk satu kali main. Hal ini dikarenakan seringnya cutscene saat giliran karakter tertentu semisal mendapatkan surprise drop atau dialog-dialog yang terasa tidak perlu dari berbagai NPC.

Sebenarnya dari segi keakuratan seri anime-nya ini cukup baik untuk diterapkan, tapi setelah mendapatkannya beberapa kali, pemain awam mungkin akan terasa terganggu dengan pace yang cukup lambat ini seperti saya.

Tetap Bisa Dinikmati oleh Para Fans, Tapi Masih Terasa Medioker 

kimetsu no yaiba sweep the board

Untuk para fans mungkin akan tertarik untuk mencoba gim ini murni karena karakter dan berbagai elemen dalam gim yang memang diadaptasi dari seri anime-nya. Tapi tetap saja, sudah sepantasnya animeanime bergenre action, bermain-main di genre gim fighting saja. Cyberconnect dan SEGA lebih baik melanjutkan seri Hinokami Chronicles ketimbang bereksperimen dengan genre-genre unik seperti Kimetsu no Yaiba Sweep the Board.

Mungkin gim-gim seperti ini lebih cocok untuk pengguna Nintendo Switch yang memang lebih mengedepankan kebersamaan teman atau keluarga, dengan memanfaatkan fitur gyro-nya agar lebih mendapatkan pengalaman bermain yang lebih baik lagi.

Kimetsu no Yaiba Sweep the Board tersedia akan dirilis besok pada tanggal 16 Juli 2024 untuk platform PlayStation 4 & 5, Xbox One, Xbox Series X|S, dan PC (Steam). Pemilik Nintendo Switch sudah bisa memainkan gim ini sejak perilisannya pada bulan April lalu.

Gimana pendapat kalian tentang gim ini, guys? Tertarik untuk mencobanya?


Informasi selengkapnya silakan kunjungi:
Website