Pasti diantara kita pernah merasakan bahwa performa dari PC atau Laptop kian hari kian menurun tanpa ada sebab yang jelas. Entah penurunan performa saat bermain game, dan pekerjaan-pekerjaan lainnya. Jadi topik bahasan kali ini adalah 5 tips meningkatkan performa komputer seperti sedia kala atau seperti saat kita baru membeli pc tersebut.

5 Tips Meningkatkan Performa Komputer

1. Disk Defragment

Disk Defragment
Disk Defragment

Cara yang pertama adalah men defrag storage atau harddisk. Melakukan disk defragment ini ibarat sebuah perpustakaan dengan kondisi banyak buku yang berserakan dan tidak sesuai pada tempatnya, dengan melakukan disk defragment maka kita merapihkan buku-buku yang berserakan di sekitar perpustakaan dan mengembalikan ke dalam rak yang semestinya. Banyak tersebar mitos-mitos tentang melakukan defragment pada harddisk dapat merusak, namun pada kenyataan nya ini bukan sebuah masalah. Tetapi jangan melakukan defragment pada SSD karena dapat mengurangi lifespan dari SSD.

2. Optimalkan Memory RAM

Corsair Dominator
Corsair Dominator

Saat kita membeli RAM pertama kali dengan tested speed tertentu maka hal pertama yang ada di pikiran kita adalah memory ram tersebut akan “langsung” berjalan di speed tertentu. Misalnya ada sebuah memory ram DDR4 dengan spesifikasi speed mencapai 3200MHz maka pasti kalian akan berpikir bahwa RAM tersebut sudah berjalan 3200MHz di computer kita. Kenyataannya kecepatan memory ram tidak akan langsung berubah ke 3200MHz namun hanya akan berjalan pada speed default yaitu 2133MHz. Jadi hal yang perlu dilakukan adalah mengganti kecepatan speed ram yang ada sekarang melalui BIOS dan disarankan untuk mengikuti tested speed atau profile yang ada pada spesifikasi ram tersebut.

3. Update Driver GPU

Gefoce Experience
Gefoce Experience

Driver GPU terkadang sering dianggap remeh oleh banyak pengguna dan banyak yang mengira bahwa mengupdate driver GPU tidak memberikan penambahan performa apapun. Driver pada GPU ini memang sebenarnya tidak memberikan penambahan performa apapun, tetapi memberikan optimisasi terhadap game-game terbaru maupun game lama menjadi lebih optimal. Jika performa PC dalam bermain game dirasa berkurang, mengupdate driver bisa menjadi opsi untuk mengatasi masalah ini.

4. Membersihkan PC

Bersihkan Komputer
Bersihkan Komputer

Malas membersihkan komponen juga merupakan salah satu faktor penurunan performa pada PC. Hal ini disebabkan karena banyak debu yang menempel pada komponen sehingga menghambat aliran udara yang ada di dalam pc dan menyebabkan temperature dalam pc menjadi panas. Temperatur yang panas ini menyebabkan thermal throttling sehingga dengan sendirinya computer kita akan menurunkan performanya untuk menjaga temperatur. Jadi membersihkan komputer secara tidak langsung dapat mengembalikan performa komputer menjadi lebih baik dibandingkan dengan komputer yang berdebu. Dan jangan lupa juga untuk mengganti thermal paste yang ada di processor.

5. Install Ulang

Windows 10
Windows 10

Melakukan install ulang bisa merupakan solusi akhir untuk mendapatkan performa komputer terasa seperti baru kembali. Dengan menginstall ulang juga dapat menghilangkan segala file atau data yang corrupt dan menghilangkan virus sehingga kita akan mendapatkan sistem operasi yang fresh seperti baru lagi.