Melalui akun official Twitter @PUBGMobile, sebuah peraturan baru diumumkan dimana untuk menghindari para pemain yang menggunakan emulator sebagai sebuah keuntungan, maka PUBG Mobile hanya akan mempertemukan pemain yang bermain dengan emulator dengan pemain yang menggunakan emulator juga.

Hal ini disebabkan banyaknya pemain yang langsung bermain dengan emulator bahkan dengan mouse atau keyboard bluetooth untuk bermain game ini dan bisa dibilang mendominasi permainan karena keuntungan yang sangat besar jika dibandingkan dengan pemain yang bermain hanya dengan tangan karena harus menggeser layar untuk meng-aim musuh.

Bahkan jika kalian bermain duo ataupun squad dan hanya salah satu pemain pada grup kalian yang menggunakan emulator maka kalian akan dipertemukan dengan tim yang penuh dengan emulator juga. Hal ini berarti pemain mobile hanya akan bertemu dengan pemain mobile.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah pemain dengan gamepad seperti Gamesir G5 ataupun sebuah dock seperti Gamesir X1 akan dianggap sebagai sebuah emulator atau bukan ?