Kabar baik datang setelah pengumuman resmi perilisan SSD NVMe dari Western Digital (WD) yang menggunakan 3D NAND dengan nama WD Black 3D NVMe SSD. Hadir dengan harga yang cukup fantastis serta emiliki nama yang cukup membingungkan bagi para pengguna awam dimana sebelumnya WD sudah memiliki versi WD Black SSD NVMe juga, namun bedanya, versi lama merupakan versi yang menggunakan TLC dan belum 3D NAND.

WD Black 3D NVMe SSD
Varian WD (Western Digital)

Versi yang baru saja diumumkan dan akan hadir di pasaran Indonesia pada bulan September nanti adalah versi yang menggunakan 3D NAND, dan dipastikan memiliki performa yang bersaing. WD Black 3D NVMe SSD ini juga akan hadir dengan berbagai varian seperti :

  1. 250 GB di harga Rp 1.600.000
  2. 500 GB di harga Rp 3.100.000
  3. 1TB di harga Rp 5.400.000

SPESIFIKASI

WD Black 3D NVMe SSD
Spesifikasi dari WD Black NVMe SSD

Tentunya harga fantastis yang ditawarkan juga didukung dengan performa yang terjamin kualitasnya, karena untuk sequential read untuk versi 500GB dan 1 TB mencapai 3.400 MB/s dan untuk sequential write mencapai 2.800 MB/s untuk versi 1 TB nya. Dengan harga dan performa yang ditawarkan oleh WD ini, terutama di ukuran 1 TB tentunya begitu menarik, mengingat pesaingnya untuk level consumer grade, memiliki harga yang jauh lebih tinggi dengan performa sequential write dan read dibawah WD Black 3D NVMe.

Sengaja dihadirkan untuk para pengguna PC atau laptop yang menghabiskan mayoritas waktunya untuk bermain game maupun video editing. Mengingat kapasitas yang disediakan juga begitu besar dan pas untuk menginstall beberapa game triple A.  Terutama bagi yang suka modding, file size gamenya akan lebih membengkak dan mereka yang menggunakan 4K textures juga pasti merasakan hal yang sama. WD memberikan harga yang sangat kompetitif untuk 1TBnya yang mampu memberikan ruang yang cukup untuk install game AAA favorit yang sedang dimainkan untuk bisa loading dengan cepat, atau buat para video editor yang memang mulai editing atau melakukan post-pro di resolusi 4K. Dalam waktu dekat, The Lazy Monday pun akan segera mereviewnya.

Baru akan hadir di bulan September kalian harus lebih bersabar dalam menanti produk ini untuk hadir di berbagai distributor resmi WD seperti Astrindo yang memberikan garansi 5 Tahun, dan akan diikuti di berbagai toko online, re-seller, integrator system dan distributor-distributor lainnya.