Memilih Antivirus
Pilih yang mana ya?

Seperti janji yang sudah penulis berikan di artikel sebelumnya, kali ini penulis akan memberikan kiat atau tips memilih antivirus yang tepat sesuai dengan kebutuhan, disamping itu juga untuk tetap menjaga performa PC atau Gadget agar tidak terbebani oleh antivirus yang memakan banyak resource.

  1. Melihat kemampuan deteksi antivirus tersebut
    Sekarang ini ada banyak sekali perusahaan independen yang melakukan pengetesan antivirus, contoh AV Comparatives adalah salah satu perusahaan independen yang berasal dari rusia yang sering melakukan test pada berbagai antivirus. Sebelum menentukan antivirus apa yang akan digunakan, ada baiknya jika kita cek dulu review dari perusahaan independen berikut. Hal ini sangat penting mengingat disetiap bulannya ada berbagai Virus, Malware atau Adware yang baru, sehingga kemampuan tinggi sebuah antivirus untuk menganalisa dan frekuensi memperbarui database-nya sangatlah mutlak untuk saat ini.
  2. Pilih jenis antivirus yang sesuai dengan kebutuhan
    Tentu kita tidak ingin antivirus yang kita gunakan memiliki banyak fitur tapi kita sendiri tidak tahu fitur apa tersebut, padahal kita sudah mengeluarkan uang yang lumayan banyak, maka dari itu kita harus bijak dalam memilih antivirus. Jika anda adalah seorang casual user yang keperluannya hanya browsing dan menggunakan office sesekali, maka antivirus yang gratis pun sudah sangat memadai. Karena antivirus gratis kebanyakan sudah dilengkapi browser security seperti gambar yang ada dibawah.

    Tapi jika membutuhkan tambahan keamanan ekstra seperti Firewall, Backup dan sebagainya, kita bisa memilih antivirus berbayar yang menyediakan banyak fitur tersebut. Disamping itu, sebelum memutuskan untuk membeli, kita bisa mencoba fitur tersebut dengan gratis, karena biasanya program antivirus yang berbayar bisa dipergunakan secara trial selama 30 hari.
  3. Cek spesifikasi minimum antivirus yang akan digunakan
    Nah, setelah menentukan antivirus apa yang akan digunakan, sangat perlu diperhatikan minimum requierements dari antivirus yang kita gunakan, jangan sampai kita memilih antivirus yang malah membuat PC kita menjadi lelet dan lambat, tentu sangat menyebalkan bukan? Lalu rasakan juga dalam memainkan games atau program berat lainnya, apakah ada penurunan peforma yang signifikan atau tidak.
  4. Cobalah dan rasakan user experience antivirus tersebut
    Untuk pengguna yang ingin membeli antivirus berbayar, anda bisa mencoba dulu untuk versi trial seperti yang sudah penulis berikan di tips kedua. Tapi untuk pengguna yang memilih antivirus gratisan, ada baiknya mencoba dan merasakan experience yang diberikan oleh antivirus tersebut. Karena beda pengguna, beda juga experience yang didapatkan. Contohnya seperti penulis yang menggunakan antivirus yang low profile, tidak ribet dan tidak rewel dengan berbagai notifikasi yang ada. Lalu ada pengguna yang ingin antivirusnya melaporkan semua process yang dianggap mencurigakan, sehingga secara konsisten antivirus terus memberikan notifikasinya yang kadang malah menyebabkan false alarm (alarm palsu).
  5. Jangan gunakan CRACK / MEMBAJAK antivirus yang berbayar
    Tips ini adalah hal yang kadang terlewatkan, ketika kebutuhan (atau mungkin gengsi) lebih besar ketimbang dana yang ada. Sering kali penulis melihat untuk menggunakan aplikasi crack / membajak produk antivirus berbayar, hal ini bisa sangat berbahaya. Kenapa? karena aplikasi tersebut menggunakan kelemahan atau celah kecil yang ada pada sistem dan antivirus kita untuk memanipulasi supaya antivirus tersebut menjadi full version tanpa dibeli. Jika aplikasi crack tersebut juga ternyata adalah sebuah virus yang menyamar, tentu hal tersebut sangatlah berbahaya. Inilah alasan kenapa banyak antivirus menganggap program crack, keygen dan program sejenisnya sebagai sebuah ancaman.

Jadi itulah tips yang mungkin bisa berguna untuk kita semua, semoga untuk pembaca yang bingung dalam memilih antivirus bisa menggunakan tips berikut dengan baik. tapi tetap, kehati-hatian kita adalah antivirus terbaik. Karena dengan kehati-hatian yang kita gunakan dapat menghindari dari ancaman serius untuk PC kita.

Sekian