Kalau mendengar merek smartphone Samsung pasti hal pertama yang terbayang adalah Samsung Galaxy S series yang mempunyai harga tinggi. Tapi sebenarnya Samsung sendiri mempunyai sebuah samrtphone entry level yaitu Samsung Galaxy J series. Sayangnya secara official Samsung harus mengakhiri seri Galaxy J series dan akan digabung dengan Galaxy A series.

Galaxy J Series

Sementara seperti yang kita ketahui kalai seri A dari Samsung merupakan smartphone yang ditargetkan untuk market mid-range. Hal ini secara resmi dikonfirmasi oleh Samsung melalui video resmi mereka di halaman Youtube Samsung khususnya Samsung Malaysia. Dalam video tersebut juga dijelaskan keunggulan dari Samsung A series terbaru.

Dengan dilakukannya penggabungan Galaxy J series dan Galaxy A series apakah berarti Samsung menghilangkan pasar entry level pada market mereka ?

Tenang semua hal tersebut telah diperhitungkan Samsung karena tentunya Samsung tidak ingin kalah dengan merek-merek China seperti Xiaomi atau RealMe yang menghajar kalangan entry level maka Samsung pun merilis seri terbaru mereka yaitu Galaxy M series. Galaxy M series sendiri saat ini sudah rilis di Indonesia dalam dua seri yaitu M10 dan M20 yang dipatok mulai harga 1,7 juta Rupiah.

Galaxy J Series

Keputusan Samsung ini tentunya cukup bagus karena kalaupun Samsung tetap mempertahankan Galaxy J Series mereka maka Samsung sendiri yang kemungkinan besar akan sulit menentukan pasar kemana Galaxy J akan menyasar user smartphone setelah Galaxy M rilis. Sementara untuk user akan semakin bingung jika suatu merek merilis banyak seri untuk strata smartphone yang sama.