ASUS kembali menggebrak pasar laptop gaming melalui produk inovatif terbarunya yaitu ROG Zephyrus G14. Tampil dengan layar 14 inci dan bodi yang ringkas serta ringan, ROG Zephyrus G14 diklaim sebagai laptop paling ringkas dan powerful di dunia. Bagaimana ia bisa mendapatkan julukan tersebut? Adopsi prosesor AMD Ryzen Mobile 4000 series terbaru adalah salah satu jawabannya.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Prosesor dengan kode nama Renoir tersebut bukan sekadar produk baru, tetapi hadir dengan arsitektur Zen 2 terkini yang dibangun dari pemrosesan 7nm FinFET. Artinya, prosesor Ryzen Mobile 4000 series menggunakan transistor yang ukurannya lebih kecil dari prosesor laptop generasi sebelumnya.

Penggunaan transistor yang kecil tersebut membuat ROG Zephyrus G14 tampil dengan performa jauh lebih baik serta memiliki konsumsi daya yang lebih rendah. Hal tersebut pula yang membuat laptop gaming terbaru dari ASUS ini dapat tampil dengan bodi yang sangat ringkas, jauh dari anggapan sebuah laptop gaming tradisional yang besar dan berat.

Tidak Hanya untuk Gamer

Salah satu yang paling membedakan ROG Zephyrus G14 dengan laptop seri ROG Zephyrus lainnya, bahkan dengan laptop gaming lainnya adalah desainnya. Laptop ini tampil dengan desain yang minimalis sekaligus futuristik, membuatnya tidak hanya dapat digunakan sebagai mesin untuk bermain game di dalam rumah.

ROG Zephyrus G14 hadir dalam dua pilihan warna. Moonlight White memiliki tampilan dengan aksen warna putih yang elegan untuk mereka yang ingin terlihat berbeda di manapun. Sementara Eclipse Grey hadir dengan aksen warna gelap yang elegan untuk pengguna yang lebih suka dengan tampilan laptop gaming klasik yang gahar.

ASUS menempatkan logo ROG yang semula berada di tengah-tengah bagian belakang layar ke sudut kiri bawah. Logo tersebut sengaja dihadirkan agar ROG Zephyrus G14 tidak kehilangan identitas sebagai bagian dari keluarga ROG namun tetap mempertahankan desain minimalisnya. Di bagian belakang layarnya terdapat juga lubang kecil yang disusun dan membagi bagaian belakang layar menjadi dua secara diagonal. Desain minimalis seperti memang belum pernah digunakan di laptop gaming manapun.

Secara ukuran, ROG Zephyrus G14 juga tidak seperti laptop gaming lainnya. Ia mengusung layar 14 inci yang jarang digunakan di laptop gaming, serta memiliki bobot di bawah 2 kg (1,6 kg lebih tepatnya) yang juga jarang sekali ditemui di sebuah laptop gaming yang memiliki spesifikasi premium.

ROG Zephyrus G14 juga memiliki bodi yang tergolong sangat ringkas bahkan bisa bersaing dengan laptop ultrathin mainstream. Ketebalannya hanya 1,79 cm, dan tampil dengan dimensi 32,4 x 22,4 cm. Artinya, ROG Zephyrus G14 sangat mudah untuk dibawa bepergian bahkan dapat masuk ke dalam sling bag seperti halnya laptop mainstream.

Berkaca dari desain yang diusungnya tersebut, ROG Zephyrus G14 bukan hanya menyasar para gamer tetapi juga mereka yang membutuhkan laptop powerful di kegiatan sehari-harinya. Desain minimalis dan low profile pada ROG Zephyrus G14 tidak hanya membuat penggunanya tetap mobile, tetapi juga tetap pantas untuk digunakan di lingkungan kerja seperti saat melakukan meeting di kantor.

 

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Dilengkapi Fitur Terbaik

Sebagai sebuah laptop gaming premium berlabel Republic of Gamers, ROG Zephyrus G14 tentunya telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik di kelasnya. Fitur yang diusung pun tidak hanya berfokus pada gaming, tetapi juga produktivitas sehari-hari. Berikut adalah daftar fitur yang ada di ROG Zephyrus G14:

Layar untuk Gaming dan Content Creation

ROG Zephyrus G14 hadir dengan layar berukuran 14 inci yang didesain untuk kebutuhan gaming. Untuk itulah panelnya mampu menghadirkan refresh rate hingga 120Hz. Tampilan animasi di dalam game pun akan semakin halus karena layar ROG Zephyrus G14 dapat menampilkan framerate yang tinggi.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Kemampuan menampilkan framerate tinggi sangat penting bagi gamer, terutama mereka yang gemar bermain game action. Hal tersebut dikarenakan framerate tinggi akan membuat setiap aksi ditampilkan lebih baik, membuat gamer dapat bereaksi lebih cepat.

Bagi Anda yang lebih banyak melakukan content creation dan lebih mementingkan resolusi layar, ASUS juga menyediakan varian ROG Zephyrus G14 dengan layar beresolusi WQHD. Berbeda dengan gamer, para content creator lebih mementingkan layar beresolusi tinggi untuk mengolah konten-konten secara optimal.

Baik varian yang memiliki refresh rate tinggi maupun resolusi tinggi, layar ROG Zephyrus G14 telah dikalibrasi untuk akurasi warnanya dan mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

Lebih Fleksibel berkat Port Lengkap

ROG Zephyrus G14 dilengkapi dengan dua port USB Type-C yang salah satunya mendukung fitur Power Delivery. Artinya, Anda bisa mengisi ulang daya baterai laptop gaming ini menggunakan adapter charger berdaya hingga 65W yang ukurannya dipastikan lebih kecil dari adapter charger 180W bawaan laptop ini. Perlu diperhatikan bahwa performa maksimal ROG Zephyrus G14 hanya dapat dihadirkan jika dihubungkan dengan adapter charger 180W.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Selain dapat mengisi daya, port USB Type-C yang ada di ROG Zephyrus G14 juga mendukung display output. Semua monitor yang mendukung DisplayPort 1.4 dapat dihubungkan ke laptop ini melalui port USB Type-C. Ditambah dengan port HDMI 2.0b, laptop ini dapat terhubung dengan dua monitor beresolusi 4K sekaligus.

Konektivitas Lebih Kencang

ROG Zephyrus G14 telah dibekali dengan modul WiFi 6 (Gig+) terbaru atau yang lebih dikenal dengan 802.11ax. WiFi 6 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dari WiFi 5 (802.11ac), yaitu hingga 2,4Gbps. WiFi 6 memastikan ROG Zephyrus G14 tetap dapat terkoneksi dengan kualitas sinyal dan kecepatan terbaik di kelasnya.

Login dengan Pembaca Sidik Jari

ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama yang hadir dengan fitur pembaca sidik jari di tombol power. Tidak hanya itu, ROG Zephyrus G14 juga merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan teknologi SSO Power Button (Single Sign On).

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Teknologi tersebut memungkinkan pengguna laptop ini untuk masuk ke dalam sistem Windows 10 secara langsung setelah menyalakan laptop, karena sidik jari penggunanya dipindai saat menekan tombol power. SSO Power Button memanfaatkan memori khusus yang akan menyimpan data cache sidik jari pengguna ROG Zephyrus G14 dan sistem ini terintegrasi langsung dengan Windows Hello.

Keyboard Khusus

Meski ukuran bodinya kecil, ROG Zephyrus G14 tetap dilengkapi dengan keyboard yang memiliki ukuran sama seperti keyboard pada seri laptop ROG lainnya. Setiap tombol pada keyboard di ROG Zephyrus G14 memiliki jarak serta travel distance yang dirancang khusus baik untuk bermain game maupun bekerja.

Fitur gaming-nya pun tidak dihilangkan. Teknologi N-Key Rollover kembali hadir di ROG Zephyrus G14 membuat setiap input akan diterjemahkan dengan sangat akurat. Selain itu, keyboard ROG Zephyrus G14 memiliki layout yang sama seperti keyboard PC desktop sehingga mempermudah gamer ketika beraksi di dalam game.

Sistem Pendingin Canggih

ROG Zephyrus G14 dibekali dengan hardware terkini yang memungkinkan hadirnya performa kencang dan terbaik di kelasnya. Agar performanya tetap stabil, ROG Zephyrus G14 dibekali dengan sistem pendingin khusus yang berbeda dari laptop gaming sekelasnya. Selain menjaga agar performa tetap stabil, sistem pendingin khusus di ROG Zephyrus G14 merupakan kunci bagaimana laptop gaming ini mampu hadir dengan performa yang tinggi.

Sistem pendingin ROG Zephyrus G14 terdiri dari beberapa fitur, salah satunya adalah ErgoLift Hinge. Fitur premium yang sudah digunakan di berbagai laptop ASUS tersebut memungkinkan bodi utama ROG Zephyrus G14 menjadi terangkat ketika layarnya dibuka atau sedang digunakan. Dengan demikian, laptop gaming ini memiliki rongga udara ekstra yang membuat udara lebih mudah mengalir ke dalam sistem sehingga performa pendinginan menjadi lebih baik.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Tidak hanya ErgoLift Hinge, ROG Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan modul pendingin khusus. Pada bagian heatsink, ROG Zephyrus G14 memiliki fin heatsink yang lebih tipis. Hal tersebut memungkinkan jumlah fin yang dipasang lebih banyak dan total luas permukaan untuk menyebarkan panas menjadi lebih luas. Ditambah dengan kipas yang memiliki jumlah fan blade lebih banyak dari laptop yang lain, ROG Zephyrus G14 tidak hanya memiliki sirkulasi udara yang terjamin tetapi juga performa pendinginan lebih baik secara keseluruhan.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

Pengguna ROG Zephyrus G14 juga dapat mengatur bagaimana sistem pendingin di laptop gaming ini bekerja. Melalui aplikasi Armoury Crate, pengguna ROG Zephyrus G14 dapat memilih profil skenario penggunaan yang telah disediakan atau mengatur semuanya secara manual. ASUS memberikan keleluasaan yang sesungguhnya kepada pengguna ROG Zephyrus G14 untuk melakukan pengaturan performa sesuai dengan yang diinginkan.

AniMe Matrix yang Unik

Keunggulan dan keunikan utama dari ROG Zephyrus G14 terletak di fitur AniMe Matrix. Fitur tersebut terdiri dari 1.215 mini LED yang dapat menampilkan animasi, teks, dan berbagai efek menarik di bagian belakang layar ROG Zephyrus G14. Tentu saja pengguna ROG Zephyrus G14 dapat mengatur dan melakukan kustomisasi untuk fitur ini.

ROG Zephyrus G14
ROG Zephyrus G14

AniMe Matrix tidak hanya dapat menampilkan teks, atau tampilan yang telah tersedia seperti notifikasi baterai atau mode equalizer yang akan singkron dengan audio. Pengguna ROG Zephyrus G14 juga bisa memasukkan gambar atau animasi sehingga tampilannya dapat bervariasi. Berkat LED khusus yang memiliki tingkat kecerahan 256 level, beragam animasi dapat terlihat dengan jelas menggunakan AniMe Matrix di ROG Zephyrus G14.

Laptop Gaming 14 inci Paling Kencang

ROG Zephyrus G14 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 4000 Mobile Series yang telah menggunakan arsitektur “Zen 2” terbaru dan mengusung metode fabrikasi 7nm. Prosesor seri terbaru tersebut tidak hanya hadir dengan arsitektur dan fitur baru, tetapi juga menawarkan jumlah core dan thread yang lebih banyak. Berkat prosesor hingga Ryzen 9 4900HS, ROG Zephyrus G14 merupakan laptop 14 inci ultra tipis pertama yang mampu hadir dengan konfigurasi prosesor hingga 8 core dan 16 thread.

Dari sisi grafis, ROG Zephyrus G14 mengusung chip grafis hingga NVIDIA RTX 2060 yang tentunya telah mendukung teknologi grafis terkini seperti real-time ray tracing. ROG Zephyrus G14 juga mendukung kapasitas RAM hingga 24GB berjenis DDR4 dengan kecepatan 3200MHz, lebih kencang dari sebagian besar laptop gaming yang ada saat ini. Untuk penyimpanannya, ROG Zephyrus G14 mengandalkan M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Berikut adalah hasil pengujian ROG Zephyrus G14 yang menggunakan Ryzen 9 4900HS, GeForce RTX 2060, 16GB RAM, dan 1TB SSD.

Benchmark PCMark 10 G14
Benchmark PCMark 10 G14
Benchmark CineBench R20 G14
Benchmark CineBench R20 G14
Benchmark CineBench R15 G14
Benchmark CineBench R15 G14
Benchmark 3DMark G14
Benchmark 3DMark G14
Benchmark 3DMark G14
Benchmark 3DMark G14
Benchmark CrystalDiskMark G14
Benchmark CrystalDiskMark G14
Benchmark CrystalDiskMark G14
Benchmark CrystalDiskMark G14
Benchmark FarCry 5 G14
Benchmark FarCry 5 G14
Benchmark AC Odyssey G14
Benchmark AC Odyssey G14
Benchmark Shadow of Tomb Raider G14
Benchmark Shadow of Tomb Raider G14
Benchmark Battery Life G14
Benchmark Battery Life G14

Melihat dari performa powerful ini, pastinya kalian sangat tertarik untuk memiliki Zephyrus G14 ini.