Balan Wonderworld, sebuah game terbaru Square Enix yang berada dibawah nama Balan Company ini akhirnya bisa juga kami coba. Sejak pertama kali diumumkan tentu kami masih cukup mengira-ngira seperti apa game terbaru yang hadir dari kreator dibalik game Sonic ini.
balan wonderworld
Memulai game ini dari awal, kalian akan diberikan sebuah intro CG Animation yang sangat indah dan menawan, tentu tidak dapat dipungkiri jika berbicara mengenai cutscenes dan CG Animation, Square Enix memang salah satu yang terbaik.
Melewati CG Animation yang indah, kita sebagai player akan langsung masuk pada sebuah tempat yang diisi dengan lahan hijau, mata air dan bunga-bungaan. Menariknya disini kalian akan ditemani oleh sekelompok monster-monster kecil yang tentu masih sama misteriusnya dengan gamenya.
Baiklah kita langsung memasuki segi gameplay, sebelumnya kami ingin mengajak kalian semua untuk menempatkan diri sebagai anak-anak, jika kalian bertanya kenapa? bisa dikatakan agar konteks dari game ini bisa sampai secara pasti kepada kalian.
Jika melihat game ini secara sekilas, kalian tentu akan merasakan feel dari game-game platformer ala Nintendo layaknya Super Mario Sunshine atau untuk yang terbarunya adalah Super Mario Odyssey. Dasarnya kalian akan menumukan mekanisme permainan yang cukup familiar disini, namun semuanya dibuat lebih mudah dan simple.
Sebagai anak-anak disini para player akan memiliki tujuan utama yaitu menemukan sebuah kristal hati dengan menyelesaikan setiap stage yang di desain seringan mungkin. Melihat ini tentu kalian kini sudah mengerti maksud kami untuk menempatkan diri sebagai anak-anak.
Jika melihat dari kacamata anak-anak tentu game ini sangat indah nan menarik, sedikit berbeda dengan Super Mario Odyssey yang masih memiliki kompleksitas gameplay, Balan Wonderworld disini memiliki approachment yang sangat ringan hingga setiap action yang ada pada game ini bisa dilakukan hanya dengan satu sampai dua tombol saja.
Selain itu berbica mengenai musik yang dibawakan juga sangat menarik, tentu pada game ini juga kalian akan mendapatkan feel dari Kingdom Hearts terlebih dasar ide cerita untuk Balan Wonderworld ini sendiri adalah untuk memulihkan dunia dari hati yang keruh atau bisa dibilang kebencian.
Berbicara mengenai sang maskot, Kalian tentu juga akan mengontrol Balan dalam beberapa kesempatan yang kembali lagi dibawakan dengan seringan mungkin.
Masuk dari segi world design, tentu sangat menarik serta memiliki warna yang sangat pop-out dan bagi kalian yang memainkan game Sonic, tentu kalian akan mendapatkan beberapa referensi dari game Sonic pada Balan Wonderworld ini.
Menariknya juga, pada game ini Square Enix mengimplementasikan Bahasa Indonesia sebagai salah satu pilihan Bahasa yang bisa digunakan loh!
Mungkin untuk saat ini, hanya itu yang dapat kami jelaskan untuk game terbaru yang akan rilis pada 23 Maret mendatang ini. Dunia yang masih sangat misterius namun penuh dengan imajinasi liar dari sang kreator, Kami masih sangat menanti untuk mencoba terjun kedalam full gamenya.
 
Reviewed by: Aldy Wayong