Halo semuanya, kali ini kami akan memberikan review Super Mario 3D World + Bowser’s Fury, review kali ini mungkin agak panjang karena game yang satu ini akan dibagi menjadi dua bagian, dimana Super Mario 3D World disini terpisah dengan Bowser’s Fury sebagai ekspansi pendek sebagai gambaran akan konsep 3D Open World Super Mario kedepannya.

review super mario

Super Mario 3D World

Dimulai dari Super Mario 3D World yang membawakan cerita dimana kalian akan menyelamatkan para peri yang ditangkap oleh Bowser, dengan 4 pilihan karakter yakni Mario, Luigi, Peach dan juga Toad, plus satu karakter tambahan yakni Rosalina. Seperti game Mario pada umumnya tidak ada back story yang cukup kuat, intinya kalian harus menyelesaikan beberapa stage sampai ke boss battle and save the day, that’s it. Tapi dari sisi karakter sendiri kalian akan merasakan sedikit perbedaan seperti Mario yang balance, Peach yang bisa melayang, Toad yang paling cepat hingga Luigi lompatannya lebih tinggi dari karakter lainnya.

Membahas difficulty, game ini memiliki tingkat kesulitan yang progresif, dari awal yang mudah hingga ditahap-tahap akhir tingkat kesulitannya semakin meningkat.

Sedari awal, kami cukup skeptis dengan dunia yang akan dihadirkan oleh game ini. Karena spekulasi awal adalah sebuah stage yang repetitif, tapi ternyata stage yang dihadrikan memiliki varian obstacle yang menarik, karena lagi-lagi game ini tidak membawa perubahan yang cukup banyak dibandingkan versi originalnya yang keluar ditahun 2013 silam.

Dalam setiap course pun kalian akan mendapatkan 2 macam collectibles, bintang yang digunakan untuk mengakses boss battle dan juga ada sebuah sticker yang menjadi collectibles semata tanpa maksud.

Berbicara mengenai World Map, disini tidak hanya diisi dengan course karena kalian akan menemukan beberapa hal tambahan seperti question block, rumah toad untuk mendapatkan hadiah power-up, rumah kaca untuk sekedar mendapatkan stcker sebagai collectibles atau sekedar time attack dan terakhir semacam slot machine untuk mendapatkan koin atau power-up item hingga Captain Toad yang membawa kalian pada sebuah stage ala Captain Toad Treasure Tracker.

Berbicara mengenai Power-up item, tentu item-item ini akan membantu kalian dalam setiap course, mulai dari lonceng yang merubah kalian menjadi kucing dan memiliki kemampuan memanjat, daun coklat untuk menjadi rakun yang bisa melayang, boomerang untuk merubah kalian menjadi pemain rubgy yang bisa melempar boomerang, serta dua item basic yakni bunga merah untuk menjadi firebender serta jamur merah untuk memperbesar ukuran karakter.

Akan ada beberapa special item juga seperti Mushroom besar untuk membuat kalian super besar aala Ultraman dan juga beberapa item tambahan lainnya seperti kostum Goomba hingga kostum Question Block yang ketika kalian bergerak akan mengeluarkan koin dengan sendirinya. Tapi salah satu yang paling menarik itu Cherry yang bisa ngebuat kalian mengeluarkan cloning.

Selain power up, akan hadir “bantuan” yang kalian terima pada game ini, kalian bisa memanfaatkan touchscreen pada switch kalian untuk menghancurkan box, mengeluarkan isi question box hingga mem-paralyze musuh.

Jika ditanya mengenai perbedaan antara versi 2013 dan kali ini tidak membawa perubahan yang cukup signifikan selain dibuat jauh lebih cepat dan penambahan fitur photo mode. Tentu hal ini menjadi pertimbangan kalian dengan harga full price kalian akan mendapatkan experience yang sama persis dengan mini expansion Bowser’s Fury.

Berbicara mengenai musuh, boss battle disini terkesan sangat mudah dengan patternnya dan lebih menyulitkan platformingnya. Tetapi jika kalian terlalu banyak game over, kalian akan mendapatkan sebuah power up khusus yang akan mengubah kalian menjadi rakun silver dan kebal terhadap serangan.

Setelah membahas mengenai Super Mario 3D World yang tidak terlalu membawa banyak perubahan, kita akan berlanjut ke mini expansion Bowser’s Fury.

Bowser’s Fury

Pada Bowser’s Fury, Mario akan ditemani seorang sidekick. dimana kalau Odyssey itu adalah sebuah topi, kali ini adalah Bowser Jr. yang system assist nya dapat kalian atur. Pada ekspansi ini Bowser Jr. meminta pertolongan kita untuk menolong sang ayah yang sudah berubah ala Gigantamax dengan backstory yang cukup cepat digambarkan dengan kanvas yang dilukis oleh Bowser Jr. Menariknya Bowser Jr. ini juga bisa dimainkan dengan opsi second player sebagai co-op party kalian.

Dunia yang dihadirkan pada Bowser Fury ini sangatlah menawan, terutama Lake Lapcat dimana semua karakter disini berubah menjadi kucing baik dari musuh hingga objek-objeknya seperti pohon, mercusuar, tumbuhan, burung, hingga kucing diikuti dengan soundtracknya ambiencenya sangat mengesankan.

Pada dunia yang satu ini kalian tetap akan menemukan beberapa kostum power up dari Super Mario 3D World, bedanya disini kalian akan punya storage untuk menyimpan power up kalian. Salah satu hal yang memang mandatory karena kita bisa memilih power up paling cocok untuk setiap tantangannya, dimana tantangan ini mengharuskan kita untuk mendapatkan Cat Shines, collectibes yang menjadi objektif utama untuk menyelesaikan game ini.

Untuk mendapatkan Cat Shines tersebut kalian akan diharuskan untuk melewati beberapa tantangan, ada yang dengan waktu ada yang sekedar mengharuskan kalian untuk memanjat ke suatu platform hingga meminta kalian untuk mengalahkan mini boss tertentu. Tapi karena keterbatasan dunianya, beberapa misi akan mengambil tempat yang sama hanya dengan variasi yang sedikit berbeda, sehingga tidak repetitif. Berbicara mengenai difficulty tentu akan sama seperti 3D World yang progresif semakin jauh kalian terjun kedalam ceritanya.

Bowser yang tiba-tiba mengamuk adalah salah satu hal menarik pada game ini, siap tidak siap ambience permainan akan berubah, karena secara realtime dunia yang ada akan berubah dan menjadi jauh lebih rusuh dari sebelumnya

Akan hadir juga beberapa platform baru yang hadir agar kalian bisa menggapai beberapa Cat Shines, lalu ada Bowser Block yang hanya bisa dihancurkan oleh flamethrower Bowser sendiri untuk mendapatkan Cat Shines. Mungkin awalnya kalian akan masuk ke survival mode, tapi makin kebelakang kalian lebih paham, jika Bowser mengamuk merupakan salah satu momen yang kalian tunggu untuk mendapatkan beberapa Cat Shine tambahan.

Tapi tetap hal ini cukup menganggu, karena hanya ada dua cara untuk mengusir Bowser, antara menyalakan mercusuar dengan mengumpulkan Cat Shine atau dengan pergi ke Giga Bell untuk berubah menjadi Mario berukuran besar dan melawan Bowser 1v1.

Sayangnya walaupun pertarungan ala Kaiju antar Mario dan Bowser ini terasa sangat megah, kalian akan merasakan hal yang repetitif pada pertandingan kedua raksasa ini, mengalahkan Bowser menjadi salah satu requirement untuk membuka pulau-pulau lain pada open world. Walaupun kalian disini akan sedikit lost track dengan keberadaan Bowser dan membuat gameplay menjadi agak membosankan.

Membahas sedikit Open World pada game ini, semuanya dibuat menjadi sebuah dunia besar dengan pulau yang mewakilkan stage dengan tema yang berbeda-beda, mungkin ini menjadi sedikit gambaran dari game-game Mario kedepannya. Untuk berpindah di dunia yang luas ini kalian akan ditemani oleh Plessie, yang mana selain sebagai alat transportasi, dia juga akan membantu kalian untuk mencapai Cat Shine.

Kesimpulan untuk game yang satu ini, jika Kalian belum pernah memainkan versi Wii U, Super Mario 3D World merupakan sebuah game yang sangat fun untuk dimainkan, tetapi jika Kalian pernah memainkannya, rasanya akan berat untuk membayar full price 60 USD untuk Bowser Fury yang terkesan pendek.

Reviewed by Jordy Leonardo

Untuk review Super Mario 3D World + Bowser Fury lebih lengkapnya, Kalian dapat menyaksikan video review dibawah ini ya: