Okay gw ingin mencurahkan sedikit keresahan gw soal platform streaming yang dimana semakin hari semakin ga masuk akal jumlahnya. Mulai dari lokal sampai yang interlokal juga ada, mungkin sekarang sudah ada ratusan platform yang berjalan sekarang dan kita ga tahu nama & keberadaannya.

Semua ini berawal dari Netflix dengan kesuksesannya yang ga bisa dipandang sebelah mata, dari sana para studio yang biasanya diisi orang tua ini mencoba mengikuti arus dan mencoba peruntungannya di platform streaming.

Jumlah platform streaming yang luar biasa banyak ini layaknya pedagang es kepal milo di kala makanan dessert itu masih sangat hits, hampir disemua tikungan dan persimpangan jalan kita bisa menemukan es kepal milo.

Hal ini juga ga ada bedanya sama platform streaming, oke gw coba kasih contoh nih siapa tau kalian gatau ada seberapa banyak platform streaming sekarang.

Mulai dari Netflix tentunya, Disney+, Disney+ hotstar (beda tentunya), HBO Go & HBO Max, Amazon Prime, Peacock Wonder, iQIYI, Hulu, Paramount+, Apple TV+, Youtube Premium, ESPN+,& Crunchyroll. Itu baru saja yang interlokal dan kita yang kenal semua belum sama yang niche banget macem Rakuten TV dkk.

Platform Streaming

Lalu kita bahas platform yang dikenal lokal yang diisi tentunya oleh Hooq, Vidio.com, VIU, Bioskop Online, GoPlay, dan Mola TV oh iya kalau Disney+ hotstar masih bisa dibilang produk lokal juga sih karena cuman disini yang pake embel-embel ‘hotstar’.

Dengan sebegitu banyaknya platform streaming tentu saja pusing kan? Terlebih lagi semua platform itu menyimpan banyak konten eksklusif yang beberapa diantaranya kita suka pastinya.

Contohnya sekarang gw suka nonton stand up spesial dan juga beberapa film lama di Netflix, namun gw juga pengen nonton Loki maka gw harus ke Disney+ dan diakhir pekan biasanya gw suka nonton Running Man which is gw harus subscribe VIU.

Lalu kalau mau nonton film lokal? Pilihannya antara Disney+ hotstar, GoPlay, Bioskop Online, Hooq, atau bahkan Netflix. Nambah lagi subcription. Mau nonton siaran bola legal? Mola TV jawabannya, mau nonton Justice League buatan kang Jek Sunandar? HBO Go doooong pastinya.

Sebenarnya masalah platform ini sangat mengakar dan membuat gw pribadi cukup frustasi belum lagi beberapa konten region lock yang dimana kalau mau tetap suci dan gamau ngebajak kita harus pake VPN, dan VPN nya? BELI LAGI DOOONGG. Hal ini paling memfrustasikan ketika Black Widow kemarin, karena aplikasinya sudah ada di Indonesia tapi khusus untuk Premiere Access belum dibuka entah apa alasannya tapi yang jelas gw secara personal dan cukup baper sama Disney.

Sampe akhirnya gw sudah cukup frustasi dan memutuskan untuk buka sebuah website yang udah pasti punya semua konten itu…….. LK21? Anyone?