Versi Alpha Game Yang Memiliki PotensiĀ 

Potion Permit yang merupakan game besutan developer Indonesia asal kota Bandung yakni Masshive Media akhirnya merilis alpha test dari gamenya, yang kebetulan kami mendapatkan kesempatan untuk mencobanya. Akan banyak hal yang dapat dilakukan pada versi alpha game ini. Masshive Media akhirnya menunjukan apa saja yang dapat dilakukan pada game Potion Permit ini.

Pada awal permainan, Protagonist pada game ini dapat meng kostumisasi hal hal generic seperti nama, warna rambut, kulit, baju, dan lain sebagainya. Pada game ini player akan berperan sebagai seorang alchemist yang datang ke sebuah desa Bernama Moonbury dengan misi mencari obat untuk menyembuhkan anak Walikota yang bernama Rui. Pada daerah tersebut akan banyak warga yang tidak menyukai protagonist pada awal game. Karena Protagonist adalah seorang Alchemist yang berasal dari Ibu kota.

Disinilah cerita pada Potion Permit akan berkembang. Dari segi awal permainan cerita yang disajikan cukup menarik diawal masa alpha ini. Pemain tidak hanya fokus pada inti cerita itu saja. Namun kita juga akan disuguhkan dengan side story yang membuat ceritanya semakin menarik, terlebih jika berbicara soal interaksi, layaknya game stardew valley dan sejenis game ini akan menuntut kalian untuk sering berkomunikasi dengan warga desa/kota entah itu sekedar chit-chat ataupun quest yang nantinya akan berpengaruh dengan reputasi sang player di kota tersebut.

Perspektif yang dibawakan pada game ini ialah Top-Down seperti hal nya Animal Crossing ataupun Stardew Valley. Dengan membawa genre RPGĀ  yang tentu nya dengan berbagai macam mekanisme, mulai dari Hack n Slash, mini rythm, simulation, dan lain lain. Salah satu mekanik inti ini adalah Hack n Slash. Kita dipersenjatai 3 weapon pada versi alpha nya kali ini. Yaitu Palu, Kapak, Parit. Weapon pada game ini tidak boleh asal menyerang dengan random weapon. Melainkan kita harus memilih dengan tepat untuk Farming beberapa tanaman dan pohon untuk berhasil mengambil resource tersebut. Ketika kita farming resource, kita juga akan diganggu oleh hewan yang berkeliaran di hutan. Seperti beruang, banteng, dan lain lain. Dan setiap hewan memiliki counter weapon yang berbeda beda.

Main Mission pada game ini cukup baik pada versi Alpha ini. Dari kita diperintahkan untuk mencari sebuah ramuan obat di hutan sampai dengan kita harus meningkatkan friendship warga Moonbury. Main mission pada versi Alpha sementara ini masih menyenangkan dan rewarding terutama untuk saya pribadi. Main mission yang diberikan juga Lumayan variatif karena terhitung ini adalah game yang setengah matang, Perlu diingat bahwa game ini mungkin adalah alpha version sehingga game nya sendiri masih kurang konten atau bahkan belum keseluruhan questnya masuk kedalam gamenya.

Masuk pada Side mission pada game ini yang terlihat sedikit repetitive. Kita akan terus menemui misi yang sama. Contoh nya membuat sebuah ramuan sampai dengan membunuh beberapa hewan di hutan. Namun side quest yang diberikan pada friendship cukup menarik. Seperti hal nya kita akan mengulik salah satu NPC. Kita akan mengetahui permasalahan dia atau pun kita dipaksa untuk membantu pekerjaan NPC tersebut.

Dari sekian banyak main mission yang cukup baik dan side quest yang terhitung sedikit repetitive. Pemain dapat menyegarkan pikiran dengan melakukan sejumlah mini game seperti memancing, menyembuhkan pasien di klinik, dan lain lain, Dari Alpha game nya memang tidak banyak yang diperlihatkan yang bisa kita coba untuk permasalahan mini-game. Namun Developer ini menjanjikan mini game yang cukup variatif. Dari hal basic seperti memancing sampai bermain arcade akan disediakan mini games pada game Potion Permit ini. Yang akan menjadikan game ini lebih hidup dari segi dunia yang disajikan.

Tempat tempat yang dapat kita kunjungi seperti kita dapat membeli item bar, upgrade senjata di blacksmith, hingga membeli peralatan mincing pada fishing store, tempat tersebut memiliki fungsi-fungsi tertentu. Jadi tidak terkesan hanya meramaikan isi map yang ada. Namun sayang pada versi Alpha ini pemain tidak dapat menjual item yang kita miliki. Karena cukup sedikit rumit untuk mendapatkan coin yaitu dengan main mission ataupun side mission. Karena side mission tidak muncul setiap hari, namun harus memperhatikan beberapa factor seperti gift kita untuk NPC atau pun menunggu pasien masuk ke dalam klinik. Sedang kan main mission terkadang membutuhkan uang yang cukup besar untuk menyelesaikan misi tersebut.

Tidak ada masalah dengan Graphics yang disajikan, Potion Permit mengusung Graphics Pixel-Esque. Dengan menggunakan graphics tersebut maka akan lebih mudah untuk menambahkan sisi kreatif yang sulit di deliver menggunakan reality graphics oleh developer. Dan dengan tema atau pun view gameplay yang diberikan Pixel-esque lah menjadi hal yang cocok untuk game Potion Permit. Dan sementara pada Alpha ini tidak ada masalah besar. Ataupun bug Graphics mengganggu yang saya ditemukan.

Mungkin sedikit masukan untuk menjadikan game nya agar jauh lebih maksimal, seperti hal nya transisi music yang terdenger jump cut. Selalu setiap perpindahan music pada game ini terdengar kurang nyaman. Ini akan banyak membuat pemain sedikit terganggu pastinya saat memainkan game ini. Lalu juga akan lebih baik nya adegan misi yang spawn diberikan tanggal dan bulan tertentu agar pemain tidak bingung perihal masalah hari. Potion Permit yang di develop oleh Massive Media nantinya akan dijadwalkan rilis pada tahun 2021 ini. Namun belum ada kepastian untuk tanggal dan bulan rilisnya. Game ini akan menjadi potensi nanti nya karena cerita yang unik dan jarang game yang bertemakan Alchemist simulator.