Windows 11 telah dinobatkan sebagai salah satu sistem operasi beta milik Windows dengan jumlah pengunduh terbanyak, performanya di day-1 nya pun sangat memuaskan dan banyak yang memujinya karena sangat minim bug dan untuk gw pribadi, gw sudah memakai Windows 11 untuk daily sejak hari pertama nya rilis.

Tapi memang harus diakui Windows 11 dapat berjalan se-stabil itu berkat andil basis sistem operasinya yaitu Windows 10 yang sudah berjalan lama, sehingga kebanyakan bug yang muncul selalu berkaitan dengan visual saja sejauh ini.

Namun dikutip dari website HTNovo , Windows Insider baru saja membagikan email untuk para pengguna Preview Builds yang berasal dari flighting Dev Channel, dikatakan kalau Windows 11 versi selanjutnya mungkin akan membawa cukup banyak bug dan juga tidak stabil.

Windows 11

Hal ini sebenarnya wajar saja, karena Dev Channel biasanya diperuntukan untuk orang yang memiliki ekspertis dibidang sistem operasi dan tidak disarankan untuk penggunaan harian. Namun untuk pengguna Windows 11 yang berasal dari Beta Channel bisa lebih tenang karena bug-nya tidak akan sebanyak yang ada di Dev Channel.

Karena Beta Channel memang diperuntukkan untuk pengguna yang “enthusiast” sehingga dipastikan tidak ada bug yang kritikal dan masih bisa digunakan harian. Jumlah update yang dikeluarkan pun tidak sebanyak Dev Channel yang biasanya update setiap minggu dengan isi update yang lebih kecil atau incremental

Menurut gw sih menjelang tanggal perilisannya yang akan dibuka pada bulan Desember, terlihat Microsoft sedang mempersiapkan diri untuk memasukkan fitur yang lebih besar dan akan berdampak dengan stabilitas sistem operasinya, seperti DirecStorage dan Auto HDR yang tak kunjung muncul di preview builds sekarang, ditambah lagi dengan kemampuan Windows 11 menjalankan aplikasi android yang sampai sekarang pun masih belum muncul.

Beberapa “hal besar” juga mungkin akan ditambahkan Microsoft kedalam Windows 11. Maka dari itu pemberitahuan mengenai stabilitas sistem operasi mereka cukup penting untuk diketahui para pengguna yang masih didalam Dev Channel, namun hanya memiliki intensi untuk menggunakan Windows terbaru ini┬álebih cepat dikarenakan tidak sabar saja.