TV terbaik buat Playstation 5? Ya ada pastinya, tapi susah buat nyari yang betul-betul dibuat dari nol untuk PS5. Hal ini tentunya karena konsol ini masih hangat, maka dari itu Sony selaku pembuat Playstation 5 juga menawarkan solusinya yaitu Sony X90J.

TV ini membuat orang sekantor ini kagum, dengan harga 17 juta kembali seribu alias Rp 16,999,000. Kalian udah dikasih LED Full Array, Local Dimming, HDR10, HLG, Dolby Vision, Cognitive Processor XR, dan segudang fitur XR terbaru dari Sony.

Pemilihan harga ini sangat menarik bahkan beberapa pesaingnya belum bisa menawarkan hal yang sama, TV ini memang dari segi fitur dan harga sudah sepatutnya menjadi sidekick paling pas buat Playstation 5. Karena kalau berbicara TV dengan resolusi 4K dan refresh rate di 120Hz tentunya masih sangat langkah dan bisa dihitung jari jumlahnya.

Fitur yang paling menarik disini adalah XR 4K Upscaling dan XR Motion Flow yang kalau dikombinasikan bisa membuat semua gambar yang ditampilkan menjadi jauh lebih tajam dan juga jadi 60 FPS, kita sudah mencobanya di PS4 dan memang menambah latency pada gamenya, tetapi memang harus diakui upscaling yang dilakukan oleh Cognitive Processor XR ini sangatlah baik.

Bahkan untuk gw yang sering berhadapan dengan teknologi super sampling dan upscaling pada GPU keluaran terbaru pun terkesan dengan upscaling di TV Sony X90J ini, karena video-video lama seperti konser dan beberapa acara TV yang sudah lawas, terlihat menjadi baru dan menarik lagi seakan-akan dihembuskan nafas baru kedalam kontennya.

Untuk nonton anime pun nikmat banget karena ada fitur XR Motion Flow disini sehingga semua anime yang gw tonton jadi 60 FPS dan emang satisfying banget sih nonton anime dengan FPS setinggi itu, sebenarnya untuk fitur XR itu lengkap banget diantaranya ada:

  • Dual database processing
  • XR 4K Upscaling
  • XR Super Resolution
  • Teknologi Live Colourâ„¢
  • XR Smoothing
  • XR Triluminos Proâ„¢
  • Peningkat Kontras Dinamis
  • XR Contrast Booster
  • XR HDR Remaster
  • XR Motion Clarity

Semua fitur ini jujur saja sangat signifikan banget, ga cuman sekedar pemanis di pamflet saja. Karena semua fitur ini memiliki peran penting di setiap konten yang kita nikmati, terlebih kalau kalian sering ketemu dengan video yang memiliki bitrate rendah maka ada XR Smoothing, yang dimana secara pintar menambal artifact warna yang muncul karena bitrate yang rendah.

Hal ini membuat TV Sony X90J ini seperti restoran All You Can Eat karena semua fitur sudah di masukkan disini, bahkan sudah membawa Dolby Atmos dan Dolby Vision yang jujur saja sudah menjadi deal breaker dalam hal memilih TV.

TV Sony X90J ini juga sudah mendapatkan Google TV versi terbaru sehingga membuat UI-nya menjadi sangat friendly dan mengikuti trend, terlebih lagi integrasi TV ini dengan produk Sony lainnya sudah semakin ditambah terlebih lagi dengan perangkat konsol dan soundbar milik mereka.

Kesimpulan dari TV Sony X90J ini adalah TV ini menjadi jawaban untuk kalian yang baru saja upgrade ke next gen console namun masih menggunakan TV “Jadul” atau kalian yang lagi nungguin pre-order Playstation 5 kalian bisa banget buat pake dulu TV ini buat sehari-hari kalian, karena cocok banget untuk konsumsi media pun. TV Sony X90J ini juga tersedia untuk ukuran 55″, 65″, 75″. Dengan ukuran yang beragam ini sih jadinya TV ini bisa buat setting Home Theater juga Jadi gunanya ga cuman buat nge-game aja.