Noctua bisa dibilang adalah salah satu vendor pendingin yang saat ini cukup diminati oleh para pengguna PC karena dikenal memiliki performa yang baik dan memiliki tingkat kebisingan yang minim. Maka dari itu, ASUS terinspirasi akan hal ini dan menjalin kerjasama jangka panjang bersama dengan Noctua untuk dapat melangkah lebih jauh dengan berkolaborasi pada kartu grafis yang disesuaikan untuk memanfaatkan performa unik dari kipas Noctua. Pada kerjasama kali ini ASUS merilis GeForce RTX 3070 Noctua Edition yang dimana disini mereka menggabungkan kipas Noctua NF-A12x25 untuk pendinginnya.

Disini mereka menggunakan heatsink 2,3 slot yang di kembangkan dalam kemitraan antara rim R&D thermal veteran dari ASUS dan para engineer dari Noctua. Secara fisik kartu grafis ini memiliki fan frame yang memiliki logo Noctua dan ASUS di bagian pinggirnya dan tentunya tetap menggunakan warna dan desain dari ciri khas NF-A12x25 milik Noctua yang sangat khas. Diharapkan dengan kolaborasi ini, kita bisa berekspektasi bahwa cooling dari Noctua ini bisa menunjang performa yang dimiliki oleh RTX 3070 keluaran ASUS nantinya.

Untuk saat ini akan rilis 2 jenis SKU yaitu ASUS GeForce RTX 3070 Noctua Edition dan ASUS GeForce RTX 3070 Noctua OC Edition. Dari sisi pricing dan ketersediaan masih belum ada informasi lebih lanjut.