Pada pegelaran CES 2022, Nvidia mengumumkan varian terbaru dari GPU RTX Series yaitu Nvidia GeForce RTX 3050 yang salah satunya dari Gigabyte sendiri. Gigabyte merilis beberapa model yaitu Gigabyte GeForce RTX 3050 Gaming OC 8G, Eagle OC 8G dan Eagle 8G. Kartu grafis ini menggunakan arsitektur Ampere sama seperti seri RTX 3000 yang sebelumnya sudah pernah rilis dan tentunya sudah memiliki fitur Ray Tracing dan DLSS generasi paling terbaru.

RTX 3050
Gigabyte GeForce RTX 3050

Untuk saat ini masih belum ada informasi lebih jelas terkait spesifikasi core clock dari kartu grafis ini. Namun kartu grafis ini memiliki 2560 Cuda Cores, Memory Size 8GB GDDR6 14000MHz dan perlu di tenagai oleh 8 pin PCIe. Dari positioningnya sendiri kartu grafis ini bisa digunakan untuk bermain game dengan resolusi 1080p. Namun seharusnya memiliki posisi performa yang lebih tinggi dibandingkan GTX 1660 TI ataupun Super karena seperti yang kita tahu untuk menjalankan fitur Ray Tracing akan ada performa yang di korbankan dan nantinya dibantu DLSS agar performa nya tidak jauh menurun.

Hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lengkap terkait kapan akan mulai tersedia di Indonesia dan informasi terkait harga dari kartu grafis ini.