windows steam deck

Setelah dibicarakan oleh Gabe Newell tentang potensi Windows yang bisa digunakan di Steam Deck untuk mencapai pontensi PC yang sesungguhnya, akhirnya melalui blog post yang di unggah oleh Valve, Windows bisa kalian install di Steam Deck.

Masih terdapat limitasi

steam deck
via Steam Deck Windows Performance Preview by TheTerk on Youtube

Ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan oleh pengguna Steam Deck sebelum melakukan instalasi Windows:

  1. Kalian bisa melakukan instalasi secara penuh namun belum bisa melakukan dual-booting dikarenakan installer SteamOS yang menyediakan fitur dual-booting  belum tersedia.
  2. Untuk saat ini Steam Deck hanya bisa menggunakan Windows 10. Windows 11 memerlukan BIOS baru yang akan didistribusikan di waktu depan.
  3. Fitur GPU, Bluetooth, dan Wi-Fi bisa berfungsi di OS Windows, namun untuk audio masih di khususkan untuk USB-C dan Bluetooth. Speaker dan 3.5mm headphone jack tidak akan mengeluarkan suara apapun.

Jika kalian melakukan kesalahan saat melakukan instalasi, Steam juga telah menyediakan instruksi di blog post mereka berupa panduan recovery.

Travel PC yang bisa dibawa kemana saja

steam deck
via Rock Paper Shotgun

Instalasi Windows di Steam Deck merupakan hal yang wajar karena selain untuk bermain game, Steam Deck direncakan untuk menjadi handheld PC yang bisa kalian colok ke monitor. Kemungkinan lain seperti bermain game dari platform Epic Games maupun Xbox pun sudah menjadi perbincangan dan mendapat respon positif dari Gabe Newell sendiri.