Microsoft

Microsoft mempertimbangkan untuk meletakan iklan di dalam game menurut laporan dari media Business Insider dan beberapa sumber terpercaya. Menurut VGC, mereka merencanakan untuk meletakan iklan brand dan produk dunia nyata di game gratis mereka.

Microsoft: hanya untuk produk dan brand terpilih!

Microsoft
Credit: RapidFire

Menurut mereka, Xbox tidak menerima potongan apapun dari yang didapatkan oleh developer untuk iklan di dalam game ini. Mereka pun hanya membolehkan iklan dari brand dan produk yang sudah disaring dan dipilih oleh Xbox sehingga tidak akan mengganggu pengalaman bermain para gamers.

Konsep ini pun tidak asing bagi Microsoft karena sejarah mereka membeli perusahaan
in-game advertising Massive Inc. dengan total sebesar $200 juta dan $400 juta di tahun 2006, namun kerjasama tersebut tidak membuahkan hasil yang diinginkan sehingga Microsoft menutup bisnis iklan dalam game ini di tahun 2010.

Bukan hal yang benar-benar baru

Iklan di dalam game bukanlah hal yang baru di dunia game. Bahkan di tahun 2008, calon Presiden pada saat itu Barack Obama menggunakan game Burnout Paradise untuk meletakan baliho kampanye nya.

Contoh umum dari in-game advertising ini biasanya berupa baliho, peletakan produk, bahkan karakter spesial seperti karakter Jake From StateFarm di game NBA 2K22, sebuah perusahaan asuransi di Amerika Serikat.