My Lovely Wife

Datang lagi sebuah game dari developer lokal GameChanger Studio dan Toge Productions yang berjudul My Lovely Wife. Game yang dilabeli sebagai ‘dating sims’ ini membawa premis dan gameplay yang kurang lebih mirip dengan game pendahulunya, yaitu My Lovely Daughter. Bedanya, ganti anak dengan istri, lalu Homunculus dengan Succubus. Secara sederhananya seperti itu.

My Lovely Wife bercerita tentang Jake, seorang duda, yang sedang berkabung karena kehilangan istrinya bernama Luna. Saat sedang bermuram durja, ia dikunjungi oleh seorang peneliti bernama Philip, yang mengaku tahu cara membangkitkan istrinya dari kematian. Caranya dengan memanggil Succubus lewat sebuah ritual untuk menyerap energi dalam manusia yang disebut sebagai Carnal Essenses, kemudian energi tersebut akan digunakan untuk mencapai tujuan di atas.

My Lovely Wife atau My Lovely Succubus?

My Lovely Wife
Berith, salah satu jenis Succubus yang akan kalian ‘pekerjakan’

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, My Lovely Wife masih membawa gameplay yang sama dengan pendahulunya. Pada awalnya, kalian akan diminta untuk melakukan ritual pemanggilan Succubus dengan menaruh tiga resources saat berada di dalam rumah Jake.

my lovely wife
Ritual pemanggilan Succubus dengan menggunakan tiga resources

Daripada My Lovely Wife, mungkin game ini lebih pas kalau disebut My Lovely Succubus. Karena kalian bakal lebih banyak menghabiskan waktu dengan Succubus yang kalian miliki. Ya, sudah pasti sih. Soalnya istrinya sudah meninggal juga, kan?

Nah, selanjutnya kalian akan diminta untuk ‘memperkerjakan’ Succubus yang telah dipanggil ke salah satu dari beberapa fasilitas yang ada. Fasilitas-fasilitas tersebut di antaranya adalah Willard’s Hotel, untuk mendapatkan Gold atau mata uang di game ini, dan Aphrodite Brothel, untuk mendapatkan Carnal Essences yang bisa kalian setor ke Ancient Ruins, rumahnya Si Peneliti, untuk menyelesaikan main objective. Selain sebagai tempat setor, Ancient Ruins juga menjadi tempat membeli resources yang dibutuhkan untuk ritual pemanggilan dan menambah slot Succubus yang bisa kalian miliki.

My Lovely Wife
Beberapa fasilitas yang dapat ditempati oleh para Succubus

Kemudian ada juga fasilitas untuk meningkatkan kualitas Succubus kalian, yakni Noire Academy untuk meningkatkan Flair (tingkat kecerdasan) dan Charm School untuk meningkatkan Charm (daya tarik). Semakin tinggi Flair dan Charm Succubus, nantinya kalian akan menerima lebih banyak Gold atau Carnal Essenses dari Hotel dan Brothel.

Selain itu, masih ada Fortuna Plaza yang bisa digunakan untuk ‘berkencan’ dengan salah satu Succubus yang kalian miliki, fungsinya untuk meningkatkan Hearts-nya. Sedangkan fungsi Hearts itu sendiri akan dijelaskan di bawah.

my lovely wife
Invest untuk mengupgrade fasilitas

Kalian juga bisa melakukan upgrade terhadap kelima fasilitas (kecuali Ancient Ruins) yang ada dengan mengeluarkan sejumlah Gold, sehingga kalian bisa menempatkan lebih dari satu Succubus dalam satu fasilitas, tentunya dengan tingkatan aktivitas yang berbeda.

Oh iya, untuk melakukan semua aktivitas di fasilitas (kecuali tingkat awal) di atas selain Fortuna Plaza, Hearts yang dimiliki oleh Succubus akan berkurang setiap kalian memperkerjakan mereka. Tetapi tidak perlu panik, karena jumlahnya tidak akan berkurang lebih dari 0%.

Hal yang perlu diingat adalah jika kalian terlalu sering menempatkan Succubus dalam satu fasilitas, nantinya ia akan memperoleh sebuah Traits (Sifat) buruk yang akan mengurangi jumlah pendapatan atau menambah biaya untuk upgrade fasilitas.

Terkadang akan terjadi sebuah Event saat kalian memperkerjakan Succubus. Event ini akan memberikan kalian dua pilihan, keduanya biasanya mempunyai tiga dampak yang berbeda terhadap Stats Succubus kalian. Beberapa contoh kombinasi dampak tersebut adalah kesempatan meningkatkan atau menurunkan jumlah Gold, Hearts, Charm, dan Flair.

my lovely wife
Contoh Event yang terjadi dalam game

Tidak hanya itu, kalian juga akan mendapatkan Traits yang baik (memberikan buff) atau buruk (memberikan debuff), menghentikan aktivitas saat itu juga, memunculkan berita di koran saat pagi hari, bahkan akan muncul pilihan yang bisa membunuh Succubus kalian, meskipun kesempatan berhasilnya sangatlah kecil.

Secara garis besar, ‘memperkerjakan’ Succubus ini sangat mirip dengan apa yang ada di game My Lovely Daughter. Bedanya, kalian tidak perlu menyamakan ekspresi Succubus dengan lokasi fasilitas untuk mendapatkan rewards, selayaknya Homunculus pada game tersebut.

Dating Sim Bukan Fitur Utama Game Ini!

my lovely wife
Bukan Dating Sim, tapi Idle Game

Meskipun dilabeli sebagai ‘dating sim’, sebenarnya game ini lebih ke Idle Game seperti game-game yang ada di iklan Youtube atau Instagram. Karena waktu kalian akan lebih banyak dihabiskan untuk mengumpulkan Gold, menaikkan Stats, dan meningkatkan fasilitas supaya dua aktivitas sebelumnya bisa lebih efektif.

Sedangkan untuk fitur dating sim sendiri, sebaiknya baru kalian lakukan saat semua kebutuhan di atas sudah terpenuhi dengan baikSoalnya untuk membuka semua dialog dengan para Succubus, kalian perlu membuka dan meng-upgrade Skills yang hanya bisa kalian lakukan dengan membayar Carnal Essenses yang jumlahnya tidak sedikit. 

my-lovely-wife
Skills yang perlu dibuka agar dating sim semakin lancar

Carnal Essenses ini berbeda dengan yang kalian dapatkan di Brothel, di mana untuk mendapatnya, kalian harus memaksimalkan Hearts Succubus agar dapat melakukan Consumate, atau bersetubuh, dengan Succubus tersebut agar menjadi manusia. Lalu kalian akan diberikan pilihan untuk membunuh atau menjadikannya sebagai istri (Ending Succubus). Membunuh Succubus melalui cara ini akan memberikan Carnal Essenses dengan jumlah maksimal selama ia masih mengantongi Essenses yang didapatkan dari Brothel.

my-lovely-wife
Membunuh Succubus tanpa memaksimalkan Hearts

Sebenarnya kalian bisa langsung membunuh Succubus tanpa harus melakukan Consumate. Tapi jumlah Essenses yang kalian dapatkan akan sangat sedikit sekali, jadi tidak worth it untuk dilakukan. Kecuali kalian ingin mendapatkan jenis Succubus tertentu untuk melanjutkan dialog dating sim dengan salah satu Succubus.

Setelah membuka semua Skills yang dibutuhkan, setidaknya prosesi dating sim yang ingin kalian capai akan lebih mudah. Meskipun untuk melanjutkan dialog dengan para Succubus ini terkadang akan membutuhkan kalian untuk menempatkan atau tidak menempatkan mereka pada salah satu fasilitas, dan yang paling parah adalah memaksa kalian untuk Summon Succubus dengan jenis tertentu.

my-lovely-wife
Fitur Dating Sim yang ‘memalak’ kalian untuk men-summon Succubus lain

Aktivitas men-summon Succubus, menaikkan Hearts (dan Stats lainnya), melakukan Consumate, dan membunuhnya untuk mendapatkan Carnal Essenses dan demi menaikkan Skills akan sangat sering kalian lakukan apabila kalian berminat untuk membuka semua Conversation dan Ending, yang bisa kalian dapatkan setelah mencapai Converstation tertinggi dan melakukan Consumate. Karena total jumlah Succubus di game ini mencapai 20 Succubus, yang bisa didapatkan dengan memasang kombinasi tiga resources yang tepat untuk mendapatkan Succubus dengan jenis yang diinginkan.

Aktivitas Repetitif dan Bikin Kita Burnout Maksimal 

my-lovely-wife
Aktivitas repetitif membuat pemain burnout

Jujur, memainkan My Lovely Wife benar-benar akan membuat kalian merasa burnout jika berusaha melakukan hal di atas. Lama kelamaan kalian akan mencapai titik terjenuh karena kalian harus melakukan aktivitas tersebut beberapa kali, sampai semua Conversation benar-benar terbuka. Untuk mendapatkan Ending tiap Succubus tergolong cukup mudah, karena kalian cukup memaksimalkan Conversation, menaikkan Hearts, dan melakukan Consumate satu kali saja.

Kalian tidak perlu panik melihat layar Game Over saat mendapatkan Ending Succubus, karena kalian bisa langsung load game dan kembali ke masa setelah membunuh Succubus yang bersangkutan.

Saya sendiri mencoba membuka semua Ending tiap Succubus, namun akhirnya menyerah setelah mendapatkan lima sampai enam Ending karena harus melakukan rutinitas membosankan di atas berkali-kali. Dan akhirnya memutuskan untuk segera menyelesaikan game yang sebenarnya hanya membutuhkan dua jam saja (bahkan kurang) untuk menamatkan game ini.

Overall, My Lovely Wife bukan game untuk semua orang, bahkan penyuka game dating sim sekalipun. Karena ya, game ini bukan dating sim. Daripada tertarik dengan desain setiap jenis Succubus dengan penampilan yang ‘menggugah’, saya cenderung mual apabila harus melewati keseluruhan proses dalam game ini dari awal.

Akan tetapi, jika kalian penasaran dengan cerita dan gameplay dari My Lovely Wife, kalian bisa mendapatkan game ini melalui Steam dengan harga yang cukup terjangkau.

Jadi, apakah kalian tertarik dengan game ini?