Selasa (11/06) — Setelah kurang lebih dua tahun lamanya, akhirnya GameChanger Studio kembali dengan sekuel terbarunya yang bertajuk My Lovely Empress!

Sebelum masuk ke preview, saya mau mengucapkan terima kasih untuk GameChanger Studio yang memberi saya kesempatan untuk mencoba versi demo dari gim ini lebih dulu

Untuk ulasan preview demo selengkapnya silakan baca di bawah!

My Lovely Empress, Seri Terakhir dari Trilogi My Lovely 

my lovely empress
Emperor Hong yang bersedih atas kematian Empress Xiang

Premis dari seri terakhir ini mirip-mirip dengan gim sebelumnya, yakni My Lovely Wife. Bedanya, bukan hanya sekadar istri, tapi permaisuri kerajaan yang meninggal karena penyakit. Karena itulah Emperor Hong, karakter utama dari gim ini, berusaha keras untuk menghidupkan kembali Empress Xiang, selaku istrinya. Seiring berjalannya cerita kalian bakal diperkenalkan dengan bangsa Demons atau Yaoguai yang bisa membantu proses tersebut dengan cara yang bisa dibilang tidak lazim. Di sinilah gim-gim seri My Lovely jadi semakin seru. 

Sebagai kaisar, tentunya Hong memiliki beberapa penasihat atau petinggi kerajaan yang siap memberikan pendapat terkait suatu masalah. Selama ini sih masih menurut-nurut saja dengan apa yang dipilih oleh Sang Kaisar. Tapi semoga para NPC ini punya lebih banyak andil terkait cerita dari gim ini.

Menariknya, untuk gim ini sekarang areanya tidak terbatas pada satu kota saja, tapi juga mencakup beberapa kerajaan lain yang bisa kalian buka melalui mekanisme tertentu. Sehingga kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jadi semakin beragam.

Namun, karena ini masih berupa preview demo, masih banyak fitur-fitur yang terkunci. Jadi saya hanya bisa membahas hal-hal apa saja yang tersedia.

Tinggalkan Waktu Tunggu dengan Pilihan yang Lebih Berdampak

my lovely empress
Terjebak dalam dua pilihan sulit yang dapat mempengaruhi jumlah kepercayaan beberapa pihak

Secara mekanisme gameplay sudah sangat berubah dari My Lovely Wife yang cenderung lebih ke gim-gim dengan waktu tunggu atau idle. Tapi sekarang My Lovely Empress berubah ke Choice Matters dan sedikit Management di mana setiap langkah yang diambil bakal berpengaruh sama berbagai stakeholder kerajaan. Misal dari prajurit, para bangsawan, pedagang, dan rakyat biasa. Jadi secara gameplay, gim ini bakal lebih membutuhkan waktu berpikir sebelum mengambil keputusan, ketimbang menunggu para demons buat mengambil material yang kalian butuhkan untuk menghidupkan kembali orang tersayang.

my lovely empress
Sessions yang terlihat dari sisi kanan bawah gambar

Tidak berhenti sampai di situ, kalian juga tidak bisa dengan mudah menyelesaikan semua konflik saat itu juga karena kalian memiliki Action Points yang jumlahnya terbatas. Jumlah Action Points ini akan dipulihkan saat kalian berpindah ke Sessions berikutnya dan setiap masalah memiliki durasi penyelesaian yang berbeda-beda. Untuk itu, kalian perlu lebih berhati-hati dalam pilihan yang diambil.

Perubahan mekanisme ini membuat saya lebih tertarik untuk membaca baik-baik masalah yang ada dan dampaknya pada masing-masing stakeholder.

Kenapa hal ini penting? Karena di setiap akhir Sessions kalian bakal mendapatkan upeti berupa uang atau material yang penting untuk menunjang permainan.

Masih Pertahankan Demons untuk Lancarkan Usaha Karakter Utama

my lovely empress
Beberapa Yaoguai yang terbuka untuk versi demo

Sama seperti gim-gim sebelumnya, My Lovely Empress masih menghadirkan mekanik Demons, di mana di sini diberi nama Yaoguai, buat membantu melancarkan niat menghidupkan kembali Empress Xiang. Tapi di sini fungsinya bukan sekadar untuk mencari duit saja, tapi lebih kompleks dari pada itu.

my lovely empress
Gumiho, salah satu Yaoguai yang mendapatkan hadiah tambahan saat menyelesaikan masalah

Di sini para Yaoguai bisa dimanfaatkan sebagai investigator suatu masalah yang terjadi di rakyat kerajaan untuk memberi bocoran kira-kira apa dampaknya kalau kalian memilih salah satu opsi. Meskipun terdengar penting, saya pribadi tidak pernah menggunakan jasa mereka karena sudah bisa memprediksi dari teks yang disematkan. Terlebih mereka mempunyai fungsi yang lebih penting daripada itu.

my lovely empress
Masalah yang hanya bisa diselesaikan Yaoguai

Salah satunya adalah masalah yang cuma bisa diselesaikan oleh Yaoguai ditunjukkan melalui tanda seru. Tiap Yaoguai memiliki kecenderungan untuk menyukai beberapa pekerjaan dan mendapatkan hadiah tambahan, tapi sisanya tidak ada atau bisa mengurangi metrik tertentu. Sehingga kalian juga perlu memperhatikan Yaoguai sebelum menerjunkan mereka lebih dalam. 

my lovely empress

Kalian bisa melakukan ritual dengan membeli atau mengumpulkan berbagai material, dengan mengirim mereka ke lokasi tertentu, untuk mengundang Yaoguai tambahan. Ini sangat saya rekomendasikan karena lebih banyak Yaoguai berarti lebih banyak masalah yang teratasi.

my lovely empress

Bagian menarik selanjutnya dari para Yaoguai ini adalah mereka memiliki kemampuan untuk membuat sebuah bencana, demi mengambil nyawa warga desa. Nyawa yang berubah menjadi essences ini bisa dikumpulkan untuk membangkitkan kembali Empress Xiang.

Sebenarnya kalian juga bisa mengorbankan Yaoguai kalian sebagai pilihan terakhir sebelum Game Over karena kehabisan essences. Tapi ini sangat tidak saya rekomendasikan karena mereka tidak bisa hidup lagi dan membantu kalian dalam berbagai masalah.

My Lovely Empress Hadirkan Kerajaan Tetangga yang Meramaikan Kemungkinan-kemungkinan yang Ada

my lovely empress

Fitur menarik selanjutnya yang membedakan gim ini dengan gim selanjutnya, yaitu keberadaan kerajaan tetangga.

Setelah membukanya dengan mekanisme tertentu, kalian bisa mengobrol dengan pemimpin dari area tersebut untuk membuka berbagai macam dialog dan fasilitas dalam kerajaan tersebut. Entah nantinya bakal terjadi romansa antara Hong dan para pemimpin area-area ini. Saya belum bisa mengungkapnya lebih lanjut karena fitur ini masih terkunci. Tapi setidaknya bakal banyak skenario akhir yang bisa kalian saksikan dari fitur ini.

Masih Banyak Hal yang Bisa Dieksplor!

my lovely empress

Dari sekian banyak fitur yang dihadirkan, masih banyak sekali hal yg bisa dieksplor. Mulai dari cerita, dialog sama kerajaan lain, fitur-fitur Yaoguai, dan kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Beberapa dialog juga belum terbuka semua. Membuat saya penasaran kira-kira apa aja kejutan yang bakal dihadirkan GameChanger Studio buat Yaoguai dan juga para pemimpin dari kerajaan lainnya.

It’s not for everybody, tapi saya yakin kalo kalian suka dengan gim-gim Choice Matters dan Management seperti ini bakal tertarik buat mencoba gimnya.

Buat kalian yang pengen coba, demo My Lovely Empress sudah tersedia di laman Steam selama periode event Steam Next Fest sampai tanggal 18 Juni nanti. Jadi, jangan lupa dimainkan dan beri masukkan ke pengembang gimnya supaya hasil akhirnya semakin matang!

Diulas oleh Teo Ariesda