Xbox ecosystem

Xbox ekosistem dengan Game pass dan juga PC game pass nya memang beberapa waktu belakangan ini sedang mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

Dalam laporan keuangan terbaru, CEO dari Microsoft, Satya Nadella memberi tahu kalau pengguna dari Microsoft gaming ecosystem atau mungkin bisa kita sebut dengan Xbox ekosistem telah mencapai 500 juta pengguna aktif setiap bulan nya, ia juga bilang kalau Content gaming dari Xbox tidak pernah sebesar ini.

Hal ini pun menjadi cukup unik karena berita ini muncul bersamaan dengan penurunan dari penjualan hardware Microsoft sebesar 40%, tapi di lain sisi ada peningkatan yang pesat dari XBOX Ekosistem atau bagian software Microsoft.

Dan tidak hanya dari sisi software nya aja, Satya Nadella juga menunjukan bahwa series Fallout menjadi series kedua terpopuler dan paling banyak di tonton di Amazon Prime Studio.

Keberhasilan series Fallout ini juga membuat para penonton ingin memainkan gim dari Fallout tersebut, dan gim itu mereka bisa akses dari Xbox Game Pass atau pun PC Game Pass yang membuat pengguna Xbox ekosistem semakin bertambah.

Amy Hood, CFO dari Microsoft memprediksi bahwa penjualan hardware dari Microsoft akan terus menurun, tapi penurunan tersebut akan terbayarkan oleh bagian software yang sangat terlihat menjanjikan masa depannya, hal ini juga dibantu oleh akuisisi Activision Blizzard beberapa waktu lalu yang membuat Microsoft mempunyai asset digital yang melimpah.

Di bagian Q&A dalam laporan keungan tersebut, hanya satu pertanyaan yang ditujukan untuk game yang diajukan oleh Nadella, dengan memberikan komentar penting tentang diversifikasi portofolio Microsoft.

“Portofolio Activision hadir dengan aset yang hebat bagi kami untuk mencakup PC dan konsol, dan tentu saja, aset untuk mencakup gim mobile, yang tidak pernah kami miliki. Kami merasa bahwa sekarang, kami memiliki konten dan kemampuan untuk mengakses semua platform skala tinggi tradisional tempat orang bermain gim, yaitu konsol, PC, dan seluler. Namun, kami juga senang dengan soket baru tersebut.

Jadi gimana pendapat kalian tehadap pengguna Microsoft Gaming Ecosystem yang kian besar?, apakah Microsoft bisa mengejar pesaing besar nya yaitu Sony Playstation?