AFK Journey

Halo semuanya selamat datang di artikel review lagi,
kali ini gue mau mereview salah satu game yang ternyata saat gua bikin pandangan pertamanya kemarin banyak banget yang tertarik, jadi kali ini gua akan melakukan full review dari game AFK Journey sebuah game open world RPG dari Farlight games yang menjadi penerus dari AFK arena yang dulu sempet rame juga, 

Btw Game ini sudah rilis sejak 27 Maret 2024 di North America dan Eropa. Dan akan rilis di Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2024.

So gimana review gua terhadap game ini? Apakah berhasil membuat gua tertarik memainkannya? Apakah worth it memainkan game ini secara terus menerus since ini live service game? Oke langsung aja kita mulai.

CERITA YANG LUAS DAN PENUH DENGAN MISTERI

 

kita ga akan membahas story dari game ini dengan cukup detail ya karena gua tidak menyangka kalau game ini memiliki cerita yang cukup bagus meskipun penyampaian cerita yang diberikan itu lama banget dan lumayan bikin gua gregetan di beberapa dialognya.

Tapi intinya cerita utama dari game ini tentang konflik sang karakter utama melawan Faceless,  konflik tersebut secara bertahap berkembang seiring kalian menjelajahi dunia di dalam game ini yang bernama Esperia.

Di sini kita akan bertemu dengan para dewa dan membangun pemahaman tentang orang-orang di dunia dan konflik di antara mereka. Sedikit demi sedikit seiring kita menyelesaikan main quest ataupun side quest, pengetahuan kita terhadap dunia ini akan semakin banyak dan lebih detail lagi.

Seperti yang gua bilang di awal tadi, gua cukup kaget ternyata cerita dalam game ini menjadi nilai jual utama dari game yang pada awalnya gua pandang sebelah mata aja, dan gua pun juga lumayan senang karena AFK Journey menawarkan dunia yang kaya dan open World yang luas untuk dijelajahi sambil menghadirkan deretan pahlawan yang menarik di saat yang bersamaan

AFK Journey turut diperkenalkan di PAX East 2024, sebuah konvensi game besar yang diadakan di Boston. Dalam event ini, trailer game tersebut menyoroti visual yang memukau dan gameplay yang imersif, menghasilkan reaksi positif dari para penonton.

Selain itu, game ini juga menawarkan dubbing bahasa Jepang dengan pengisi suara ternama, seperti Yui Ishikawa, yang dikenal sebagai pengisi suara 2B dari Nier: Automata dan Mikasa dari Attack on Titan, serta Akari Kito, pengisi suara Nezuko dari Demon Slayer. Hal ini memberikan pengalaman bermain yang berbeda dan lebih mendalam dalam AFK Journey.

VISUAL INDAH DAN NYAMAN DIMAINKAN DALAM WAKTU LAMAAFK Journey

Dan ga cuma ceritanya aja yang menjadi nilai jual utama dari game ini, visual dari game AFK Journey juga enak banget cuy buat dipantengin selama berjam-jam, dan pemandangan dalam game ini bener-bener enak banget buat di lihat. Gua sempet tidak menyangka kalau ini adalah game yang bisa dimainkan di mobile juga, dengan visual gaya seni kanvas yang secantik ini.

Tone warna yang digunakan secara keseluruhan gamenya juga cerah-cerah banget, lembut di mata, dan berhasil memberikan feel yang cozy dan menenangkan saat gua memainkan game ini, Belum lagi animasi saat karakter sedang ulti juga bagus-bagus banget berasa gitu mewahnya.

Dan semua itu menjadi lengkap dengan soundtrack dari game ini yang pas banget menyesuaikan keadaan di setiap perjalanan kita, saat lagi di kota, saat eksplorasi dan sudah pasti saat bertarung juga pas dan mantep.

GAMEPLAY SIMPLE DAN MUDAH DIMENGERTI

Sekarang kita masuk ke gameplay nya gais, sesuai judulnya yaitu AFK Journey akan memberikan kalian gameplay idle atau AFK.

Segala Aspek gameplay dalam game ini bener-bener dibuat sesimpel mungkin bahkan sangking simpelnya kalian bisa maenin game ini sambil kerja dan kalian taro gamenya di pojok monitor.

Eksplorasi dari game ini bisa kalian lakukan secara auto tinggal sekali pencet doang dan karakter kalian akan menjalankan quest secara otomatis, terus combat mechanics yang dihadirkan juga auto semua, mulai dari nyerang hingga ulti, tapi tetep kalian harus memikirkan positioning karakter sebelum mulai bertarung karena itu adalah aspek terpenting yang menentukan kemenangan dalam pertarungan.

Game ini memiliki beragam mode. Semuanya mulai dari Battle arena hingga PvP ada di sini, tapi seperti yang sudah gw duga, balancing di AFK journey cukup tidak  balance karena kita tuh sudah pasti di bantai-bantai sama orang yang memiliki level di atas kita, btw hal itu cukup lumrah dan sering terjadi dalam PVP mode apalagi game tersebut adalah Free to Play, jadi bisa gw wajarin lah balancingnya yang cukup buruk ini tapi buat kalian cari balance antara PvP, AFK Journey menawarkan fitur Honor Duel

Honor Duel adalah mode Fair Play yang dimna kalian bisa pilih formasi awal ( artifact dan hero ) untuk menghadapi serangkaian tantangan. Kalian bisa membeli hero dan equipment di Duel Store untuk memperkuat formasi Anda selama challenge round. Tantangan berakhir setelah mencapai 9 kemenangan atau mengalami 3 kekalahan.


Dan ga cuma gameplay nya doang yang gampang, segala macam equipment dan upgrade juga bisa dengan mudah kalian lakukan, tinggal sekali pencet aja semua upgrade item mulai dari senjata ataupun karakter juga akan dengan otomatis bisa dilakukan. Pokoknya dari berbagai aspek game ini sangat dipermudah banget lah.

Ada satu hal keren yang harus gw notice di sini, yaitu sistem fast travelnya yang cepet banget tanpa ada loading screen sedikit pun, gokil sih cukup terpukau gw sama fast travel yang diberikan game ini.

Nah dari tadi kan kita ngomongin yang bagus-bagusnya aja nih, sekarang kita  akan ngebahas aspek yang bagi gua sih rada kureng aja gitu

Satu hal yang kureng menurut gw adalah eksplorasi yang diberikan, meskipun banyak hal-hal tak terduga yang bisa kita temukan saat kita muter-muter random di dunianya dan banyaknya side quest sampe gua ngerasa ini side quest kayaknya kebanyakan dah. Tapi ada beberapa tempat yang tidak bisa kita lewati, semacam kayak ada dinding yang tak terlihat gitu, padahal ini adalah game Open World, cukup aneh membatasi player untuk bereksplorasi untuk sebuah game Open World, Namun, ini sangat umum di game open-world lainnya, kalian harus menunggu hingga story/ ceritanya selesai sebelum area lain terbuka.

Tapi untungnya kekurangan itu tidak merusak experience gua dalam memainkan game AFK Journey ini.

GAME YANG SANGAT COCOK UNTUK MENGISI WAKTU LUANGAFK Journey

Jadi kesimpulanya  AFK Journey buat gw adalah game yang sangat enjoy dimainin saat selingan gw lagi kerja ataupun mengisi waktu luang, karena dari berbagai aspeknya mereka bener-bener membuat game ini sesimpel mungkin untuk dimainkan. dan yang bikin nagih game ini tuh rewarding banget saat lu memainkannya

Gamenya juga sangat amat ringan sehingga kalian bisa memainkan game ini di device apapun dan yang terpenting meskipun ini game gratis, ini game kagak pernah ada iklan sama sekali, mantep banget dah, jarang-jarang ada game gratis tapi tanpa iklan.

Dan buat kalian yang sudah melakukan pra register di link saat video Pandangan pertama kemarin juga mendapatkan hero gratis dan gacha gratis Buat kalian yang ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, bisa gunakan kode [GIFT4YOUAFKJ] untuk mendapatkan 200 diamond dan 20,000 koin secara gratis.

Mungkin itu aja review gw untuk Game AFK Journey ini, dan buat kalian yang ingin download gamenya silahkan klink link yang ada di sini gais, Thanks and see u in the next review.