Jum’at (13/9) — Sudah ditunggu kehadirannya oleh para fans, akhirnya GUNDAM BREAKER 4 rilis juga pada akhir Agustus lalu. Simak ulasan selengkapnya di bawah!


Diulas oleh Teo Ariesda
Untuk versi PlayStation 5

Premis Cerita Berperan sebagai Sarana untuk Tingkatkan Gameplay

gundam breaker 4

Tidak banyak yang bisa diceritakan dari premis GUNDAM BREAKER 4. Intinya, di sini kalian akan berperan sebagai Beta Tester untuk sebuah alat simulasi terbaru yang diberi nama GUNPLA Battle Blaze: Beyond Border pada fase beta-nya. Nantinya, kalian akan bertemu dengan Tao dan Lin, NPC yang akan membantu di fase-fase awal, dan berbagai NPC lainnya, hingga akhirnya memasuki Battle Tournament yang mempertemukan kalian dengan pilot-pilot Gundam terbaik dari seri ini.

Cerita ini lebih berfungsi sebagai sarana untuk tingkatkan gameplay melalui pengenalan mekanik dan sistem co-op-nya, karena di sini kalian akan lebih banyak melakukan grinding melalui misi (baik solo maupun multiplayer) atau mengejar mode yang lebih kompetitif melawan pemain lain dalam mode PvP.

GUNDAM BREAKER 4 Hadir dengan Peningkatan Visual dibandingkan Gim Sebelumnya

gundam breaker 4

Dari segi visual, jika kalian memperhatikan lebih detail, terlihat adanya peningkatan kualitas grafis, khususnya pada bagian lighting dan shadow yang membuat Gundam kalian terlihat lebih detail dan tidak bland.

Selain itu, GUNDAM BREAKER 4 juga hadir dengan animasi yang lebih halus, sehingga memberikan pengalaman combat yang lebih baik lagi. Peningkatan ini, meskipun tidak terlalu signifikan, memastikan bahwa GUNDAM BREAKER 4 tetap setia pada identitas visual seri game ini.

Pertahankan Mekanik Gameplay Judul Sebelumnya, Sekaligus Perkenalkan Fitur Terbaru

gundam breaker 4

Seperti GUNDAM BREAKER 3, mekanik gameplay dalam gim ini masih membawa aksi yang mengombinasikan aksi hack-n-slash dengan serangan melee, range, serta kemampuan khusus EX yang berbeda untuk setiap senjatanya. Di sini saya lebih suka menggunakan senjata melee seperti pedang energi atau kapak yang menghasilkan damage lebih tinggi daripada serangan ranged. Meskipun tentu saja, risiko terkena serangan musuh juga lebih besar. Salah satu hal baru dalam gim ini adalah sekarang kalian bisa dual wield senjata melee dan range di satu tangan yang sama, dan kali ini tangan kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda. Jadi, akan ada lebih banyak opsi senjata yang bisa kalian gunakan.

Dalam gim  ini, ada fitur baru yang disebut Break, yang menambah lapisan strategi dalam combat, yakni menghancurkan parts musuh untuk mendapatkan parts tersebut dan dapat digunakan untuk mendukung kustomisasi Gundam kalian sendiri. Fitur ini akan dibahas lebih lanjut di bagian Gundam Customization.

Kembali ke mekanik dasar, kontrol Gundam-nya juga cenderung mudah dan luwes, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi, saya rasa tidak akan ada masalah dalam hal kontrol ini, baik untuk pemula maupun pemain veteran yang sudah lama menjadi penggemar gim ini.

Peningkatan Sistem Lobi yang Minor, Tapi Berpotensi Tingkatkan Minat Kustomisasi

gundam breaker 4

Salah satu peningkatan yang sebenarnya cukup minor namun sangat berdampak adalah peningkatan sistem lobby. Berbeda dari sebelumnya yang hanya menampilkan pilot kalian saja, sekarang lobby menampilkan custom Gundam yang kalian buat. Jadi, kalian tidak akan merasa sia-sia memodifikasi Gundam sedemikian rupa jika ternyata di lobby tidak terlihat oleh orang lain. Atau sebaliknya, membuat kalian tertarik untuk mengulik kustomisasi Gundam kalian karena melihat Gundam pemain lain yang benar-benar keren.

Jawaranya Fitur Kustomisasi Dibandingkan Gim-gim Sebelumnya

gundam breaker 4

Selain fitur Break, fitur selanjutnya yang ditonjolkan adalah Build, yang memungkinkan kalian mengombinasikan parts yang kalian dapatkan untuk membangun Gundam impian kalian. Setidaknya ada 250 base kits yang bisa kalian dapatkan di gim ini. Mulai dari yang paling familiar seperti Zaku dan RX 78-2, hingga Gundam Sazabi dengan warnanya yang merah menyala. Kustomisasi ini juga semakin di-enhance dengan adanya fitur pewarnaan parts Gundam kalian dengan lebih detail. Tidak hanya sekadar warna, kalian juga akan diberikan opsi weathering dan stiker yang membuat Gundam kalian semakin keren.

gundam breaker 4

Setelah mengkustomisasi Gundam kalian sedemikian rupa, kalian wajib mencoba mode Diorama yang bisa dibilang sebagai Photo Mode yang di-enhance, karena kalian bisa menambahkan Gundam, berbagai objek lain, efek spesial, serta beberapa pose untuk merekonstruksi pertempuran tertentu atau membuat adegan orisinal dari kalian sendiri. Bagi pecinta Gunpla, sepertinya akan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba-coba fitur ini.

Mode PvE yang Menantang dan Siap Ajak Para Pemain Larut dalam Proses Grinding

gundam breaker 4

Missions ini terbagi menjadi tiga tingkat kesulitan yang menawarkan tantangan berbeda, sekaligus menambah replayability. Dalam sebuah stage, biasanya terdapat 3 Waves dengan beberapa musuh yang akan muncul secara bergantian, lalu diakhiri dengan Boss Fight di akhir stage. Menurut saya, Boss Fight PvE cukup menarik karena tidak hanya menyerang secara membabi buta, tetapi terkadang akan ada target-target khusus yang harus diserang untuk membuat boss menjadi stagger. Mode ini akan menjadi sangat menarik dengan munculnya berbagai variasi Boss yang membuat kita penasaran untuk membuka stage baru dan mengalahkan boss-nya.

Selain tingkat kesulitan di Missions, ada juga Bounty Missions untuk mengumpulkan GP. Secara keseluruhan, misi ini cenderung lebih sulit, dan kalian bisa memilih musuh dengan tingkat kesulitan yang ditentukan oleh harga buruannya. Parts yang di-drop dari Bounty Mission ini tentu juga lebih bernilai.

Lalu ngebahas dikit soal Multiplayer, sepertinya gim ini memang ditunjukkan supaya kalian main secara multiplayer sih. Bikin proses Quest kalian jadi lebih cepat karena para pemainnya lebih mengejar objektif ketimbang AI. Rasanya bakal seru aja gitu main bareng temen atau orang lain sekalipun karena ga perlu komunikasi yang kompleks buat memainkan gim ini.

Dari kedua tipe misi ini, sudah terlihat bahwa gim ini akan sangat grindy untuk mendapatkan parts demi membangun Gundam favorit kalian. Namun, proses ini bisa menjadi lebih menyenangkan jika kalian menemukan senjata dengan damage tinggi untuk mempercepat prosesnya. Intinya, seperti kebanyakan gim, kesabaran adalah kunci untuk gim ini.

Tersedia Fitur Multiplayer supaya Proses Grinding Lebih Menyenangkan!

gundam breaker 4

Lalu ngebahas sedikit soal Multiplayer, sepertinya gim ini memang ditunjukkan supaya kalian main secara multiplayer sih. Bikin proses Quest kalian jadi lebih cepat karena para pemainnya lebih mengejar objektif ketimbang AI. Rasanya bakal seru aja gitu main bareng temen atau orang lain sekalipun karena tidak perlu komunikasi yang kompleks buat memainkan gim ini.

Seri GUNDAM BREAKERS DENGAN Kustomisasi Gundam yang Semakin Mantap!

gundam breaker 4

Gameplay yang simpel dengan kustomisasi yang bejibun rasanya udah bisa merangkum penilaianku tentang gim ini. Melalui fitur kustomisasi yang dihadirkan, Multiplayer-nya yang kompetitif, atau misi PvE yang menantang, GUNDAM BREAKER 4 bisa jadi opsi yang menarik bagi para fans Gundam.

Gim ini akan dirilis buat PS 4 & 5, Nintendo Switch, dan juga PC (Steam). Jadi, buat kalian fans Gundam dan penikmat seri gim Gundam Breakers, ga ada salahnya sih buat dapetin gim ini di platform kesayangan kalian saat udah rilis nanti.

Untuk ulasan versi video silakan tonton di sini:

Dapatkan gimnya melalui link berikut: https://bnent.asia/TLMIG-GB4

Gimana pendapat kalian tentang gim ini, guys?


Ikuti kabar-kabar terbaru dari The Lazy Monday melalui:
Youtube Instagram X | Tiktok