Waktu terus berjalan. Tidak bisa berkalut diri menghadapi polemik dari ulang tahun pertamamiHoYo kini menjalani tugas mereka berikutnya, yakni mengenalkan versi 2.2 kepada setiap pemain Genshin Impact. Membawa Childe dan Xinyan sebagai karakter bintang pada versi 2.2, miHoyo menyelenggarakan livestream versi 2.2 yang kali ini diselenggarakan di cukup banyak platform¸ hingga merambah ke Genshin Impact Jepang yang sebelum-sebelumnya tidak pernah mengadakan livestream untuk update patch. Dengan tajuk “Into the Perilous Labyrinth of Fog”, Genshin Impact 2.2 kembali hadir dengan konten-konten baru yang siap dinikmati pemain di tanggal perilisannya nanti, 13 Oktober 2021.

Update Genshin Impact 2.2 kali ini akan menghadirkan pulau terakhir dari enam pulau Inazuma, yakni Tsurumi Island. Pulau yang hadir dengan nuansa gelap dan horor ditemani kabut yang kelam ini ikut memperkenalkan varian musuh baru, yaitu Rifthound dan Rifthound Whelp, musuh yang sempat ramai di komunitas karena mampu memberikan efek “Corossion” – efek yang hadir sebagai debuff di Spiral Abyss Floor 11 sekarang ini yang mampu mengurangi HP karakter setiap detiknya tanpa peduli karakter tersebut terlindungi shield atau tidak.

Melihat downside yang akan dihadirkan melalui monster baru ini ke Genshin Impact sepertinya akan menambahkan pergulakan batin kepada pemain yang sekarang ini masih sangat mengandalkan shield dari Zhongli atau Diona untuk menggantinya ke karakter healer seperti Jean, Barbara, Qiqi, atau bahkan yang terbaru adalah Kokomi.

Genshin Impact 2.2 Tsurumi Island
Gelap dan mencekam, Tsurumi Island akan hadir sebagai pulau terakhir dari Inazuma
Genshin Impact 2.2 Rifthound
Rifthound dan Rifthound Whelp siap membawa Corrosion dari Spiral Abyss ke open-world

Tidak lengkap tentunya untuk update versi tanpa mengetahui banner apa yang dapat kita gacha sepanjang versi 2.2 nanti. Untuk karakter, sayangnya tidak ada hal yang menggunggah selain karakter bintang 4 baru, Thoma – sang karakter polearm dengan elemen Pyro yang sudah membantu perjalanan kita di cerita Inazuma. Genshin Impact 2.2 hanya akan menghadirkan rerun dari Childe dan Hu Tao. Childe yang menandai rerun keduanya akan hadir di banner pertama untuk dapat di-gacha sedang Hu Tao akan hadir di banner kedua bersama dengan Thoma.

Genshin Impact 2.2 Banner
Childe akan hadir di banner pertama, sedang Hu Tao di banner kedua bersama Thoma

Untuk senjata, bow bintang 5 – Polar Star siap hadir untuk di-gacha seakan memperlengkapi Childe yang menjadi salah satu karakter bintang di versi 2.2 kali ini. Polar Star yang datanya sempat dibocorkan leaker akan menghadirkan CRIT Rate sebagai stat keduanya menjadikan senjata ini cukup seksi untuk dimiliki. Dengan passive yang cocok untuk karakter yang mampu memberikan hit secara terus menerus, senjata panah ini sangat sinkron untuk Childe dan Yoimiya sebagai DPS atau untuk Venti dan Ganyu sebagai burst support.

Selain itu, terdapat juga tiga senjata bintang 4 baru yang seharusnya hanya didapat melalui gacha, yaitu Akuoumaru (Claymore), Wavebreaker’s Fin (Polearm), dan Mouun’s Bow (Bow), dimana ketiganya menawarkan passive yang serupa satu sama lain. Dengan nama Watatsumi Wavewalkerpassive ketiga senjata berikut dapat menambahkan damage dari Elemental Burst pengguna senjata dengan scalling dari akumulasi jumlah Energy maksimal pada karakter di dalam party.

Genshin Impact 2.2 Weapon
Varian senjata baru yang akan hadir di Genshin Impact 2.2

Genshin Impact 2.2 tentunya akan ikut diramaikan dengan segudang event baru juga, yaitu:

  • Labyrinth Warriorsevent roguelike yang akan meminta pemain membuat 2 tim berbasiskan 4 karakter dan menyelesaikan labirin berisikan musuh dan rintangan di setiap babaknya.
  • Shadow of the Ancientsevent yang mengajak pemain untuk menginvestigasi Ruin Grader misterius di Tsurumi Island.
  • Tuned to the World’s Soundsevent rhytm dari Windblume Festival kembali dimana kini pemain diminta untuk bermain musik bersama karakter lainnya seperti Keqing, Xiao, Ayaka, hingga Raiden Shogun.
  • Dreams of Bloomevent menanam dan menghias bunga dimana bunga serta perabot yang dihadirkan dapat kita taruh di Serenitea Pot.
  • Hangout Events: Series III, cerita hangout kembali mendatangkan karakter baru, yakni Sayu dan Thoma.
Genshin Impact 2.2 Rhytm Game
Kini kita dapat bermain musik bersama dengan Keqing, Ayaka, hingga Raiden Shogun

Genshin Impact 2.2 juga memberikan angin segar untuk Serenitea Pot dengan membawa update Realm dan perabotan dari Inazuma. Pemain kini dapat kembali mendekor “rumah” mereka di Realm baru dengan segudang perabot hingga set perabot baru. Untuk menambah imersivitas dalam bermain bersamaan dengan update besar-besaran dari Serenitea Pot, pemain kini diminta untuk mengumpulkan blueprint dari Remarkable Chest yang tersebar di sepanjang Tsurumi Island.

Genshin Impact 2.2 Furniture
Realm dan perabotan Inazuma siap menyibukan kembali pemain untuk mendesain Serenitea Pot mereka

Tidak lupa juga bahwa nantinya di update 2.2 akan memberikan Aloy secara gratis untuk setiap pemain yang belum mendapatkannya dari login PlayStation di 2.1 serta menambahkan fitur DualSense untuk PC.

Overall, menurut gue Genshin Impact 2.2 ini kembali hanyalah filler yang berisikan konten seadanya. Tapi “seadanya” skala Genshin Impact pun sebanyak ini, jadi harusnya nggak bisa minta lebih-lebih juga. Yang paling menarik memang cuman rerun Hu Tao saja dengan banyak prediksi yang bilang bahwa Staff of Homa juga harusnya ikut rerun nantinya bersamaan dengan Hu Tao. Gue bakal simpan Primogems sih buat coba dapetin Staff of Homa dulu, baru coba C1 Hu Tao biar main charged attacknya makin enak.