Keyboard merupakan salah satu aspek yang penting dalam penggunaan PC baik untuk office, editing, browsing, dan gaming. Banyak pengguna PC yang beralih dari keyboard konvensional (membrane) menjadi keyboard mechanical yang memiliki kelebihan di beberapa aspek penggunaan.

Keyboard mechanical memang memiliki beberapa kelebihan daripada keyboard membrane pada umumnya, seperti switch yang tahan lama dan juga kebanyakan keyboard mechanical memiliki build quality yang baik. Terlepas dari kelebihan tadi, seperti layaknya barang yang digunakan sehari-hari pasti akan menjadi kotor. Maka dari itu perawatan yang berkala dibutuhkan untuk menjaga kebersihan agar tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik.  Baiknya bersihkan keyboard paling tidak 1 bulan sekali atau kira-kira paling lama 3 bulan karena pasti banyak debu yang masuk ke sela-sela keycaps dan jika dibiarkan tertimbun akan lebih berabe dalam proses pembersihannya.

Kali ini keyboard yang dibersihkan adalah Razer Blackwidow 2013.

Alat-alat yang dibutuhkan di antaranya;

  • Sikat gigi halus
  • Alkohol
  • Cotton buds (pastikan kapasnya tidak mudah lepas)
  • Microfibre atau lap halus
  • Air sabun
  1. Buka semua keycaps dari keyboard, akan lebih mudah jika menggunakan keycaps puller (foto dahulu layout keyboard jika takut lupa penempatan keycaps)keyboard mechanical
  2. Masukan seluruh keycaps ke dalam air sabun lalu sikat  satu per satu bagian dalam maupun luar keycaps menggunakan sikat gigi dan masukan ke dalam air baru yang bersih
  3. Keringkan dengan menggunakan lap micro fibre atau lap yang halus hingga benar-benar kering
  4. Bersihkan bagian dalam (sela-sela switch) secara perlahan dengan menggunakan cotton buds yang diberi alkohol

    keyboard mechanical
    pastikan seluruh debu terangkat
  5. Lap bagian luar keyboard yang dapat dijangkau dengan mudah menggunakan micro fibre yang diberi sedikit alkohol
  6. Terakhir, pasang kembali keycaps yang sudah bersih pada keyboard yang sudah bersih juga
keyboard mechanical
memang ada satu keycaps hilang pada keyboard gw ini

Rawat keyboard kalian secara rutin agar tetap bersih dan juga awet karena debu-debu dan kotoran yang masuk ke dalam switch dapat membuat keyboard double-click ataupun masalah keyboard lainnya, tapi ingat hati-hati dalam membersihkan setiap bagian keyboard agar tidak ada komponen keyboard yang lepas ataupun mengalami kerusakan karena tujuan awal dari pembersihan ini adalah untuk membuat keyboard tetap terawat dan juga awet.

keyboard mechanical
SEBELUM PEMBERSIHAN
keyboard mechanical
SETELAH PEMBERSIHAN