ViewSonic dengan sub-brandnya ELITE menghadirkan solusi atas apa yang menjadi dilema kebanyakan pengguna saat ingin membeli sebuah monitor. ViewSonic Elite XG270Q berhasil menggaet dua pasar sekaligus, sebuah monitor gaming dengan refresh rate 165Hz, response time 1ms GTG dan G-Sync Compatible tanpa melupakan 127% sRGB 95% DCI-P3 serta HDR400 untuk mereka yang akan menggunakan monitor ini untuk entertainment atau content creating.

ViewSonic Elite XG270Q
Dengan stand yang kokoh, ViewSonic Elite XG270Q dipastikan tidak akan berpindah sama sekali di meja kalian!
  • Design

ViewSonic Elite XG270Q hadir dengan sebuah stand yang sangat kokoh dengan berat hingga 3,2 kg, stand yang satu ini hadir dengan bentuk huruf T dimana pada bagian terdepan diberi aksen metal brush yang membuat monitor ini terlihat sangat premium!

Monitor ini juga sudah cukup ergonomis dengan height adjust, tilt, pivot dan juga swivel yang berarti sudah sangat fleksibel ketika kalian ingin mengatur posisi ternyaman untuk pengunaan. Tidak lupa disertakan sebuah cutout pada bagian stand untuk urusan cable management.

ViewSonic Elite XG270Q
Stand yang kuat menjadi salah satu poin penting monitor ini.

Berpindah ke bagian belakang, kebanyakan material didominasi oleh plastik yang sudah cukup kuat sehigga tidak terjadi flexing sama sekali, ada beberapa detail yang diperlihatkan seperti adanya Headphone Hook sebagai tempat menggantung headphone/headset lalu ada Built-In Mouse Anchor agar kabel dari mouse kalian akan lebih rapi dan tidak menganggu peripheral lain selayaknya sebuah mouse bungee. 

Lalu bagian belakang dihiasi dengan sebuah RGB Bar berbentuk hexagon untuk memberikan ambience di malam hari yang hadir dalam berbagai mode. Untuk kalian yang lebih prefer floating monitor, ViewSonic Elite XG270Q ini juga sudah support Vesa Arm dengan ukuran 100×100.

ViewSonic Elite XG270Q
Headphone Hook juga tersedia pada monitor ini!

Untuk bagian I/O Port sendiri memiliki penutup agar kabel terlihat lebih rapi, tapi di balik penutup tersebut terdapat micro USB (x1) yang didedikasikan untuk Elite Ally, HDMI 2.0 (x2), DisplayPort 1.4 (x1), 3,5mm Audio Out (x1), USB Downstream (x1), USB 3.2 Type A (x3) dimana satu dengan 5V 2.1A dan dua lagi dengan 5V 0.9A dan terakhir DC IN untuk power dari monitor ini.

Monitor gaming yang satu ini juga hadir dengan dedicated speaker 2x3W yang menurut gue pribadi masih terhitung cukup oke untuk urusan clarity dengan sedikit bass yang cocok untuk digunakan sekedar bersuara untuk memperlihatkan konten atau lagu yang sedang didengarkan pada teman di sebelah atau saat gerah menggunakan headphone.

Membahas bagian bawah sendiri, ViewSonic Elite XG270Q ini masih menambahkan sebuah RGB bar di bagian kiri kanan monitor untuk menambah kesan ambience yang bisa dipancarkan langsung ke bagian metal brush pada stand yang sudah gue bahas diatas.

ViewSonic Elite XG270Q
Terdapat RGB Bar dan Mouse Hook sebagai gimmick dari monitor ini.

Terakhir untuk urusan button yang terletak pada di tengah kedua RGB bar tersebut ada sebuah Quick Access button untuk mengakses fitur-fitur yang paling diperlukan, Joy Button layaknya sebuah joystick untuk mengakses semua On-Screen Display dan terakhir Power Button dengan LED Indicator pada ujung kanan bawah monitor.

Sebelum membahas On-Screen Display, salah satu hal yang harus di apresiasi dari ViewSonic Elite XG270Q adalah 3 side-borderless yang membuat monitor gaming yang satu ini tetap terlihat seksi jika disandingkan dengan monitor lainnya untuk setup multi-monitor.

ViewSonic Elite XG270Q
Tipisnya 3-Side Borderless membuat Monitor ini terlihat Seksi!
  • OSD (On-Screen Display)

Membahas On-Screen Display, sudah terhitung lengkap untuk informasi yang di tampilkan seperti Adaptive Sync dalam kondisi menyala atau tidak, lalu Max Refresh Rate yang sedang digunakan, dan Game Mode (mode layar) yang sedang aktif.

Kalian bisa mengakses berbagai preset yang sudah di sediakan seperti Standard, Custom 1, Custom 2, FPS, MOBA, Battle Royale, Realistic, Vibrant, Console Speed dan Console Color. Lalu dari sisi display sendiri ada beberapa fitur yang bisa diaktifkan seperti Adaptive Sync untuk G-Sync dan FreeSyncHDRPureXP™, OverClocking, Hertz Limiter, Response Time OD, Blue Light Filter, Color Temperature, Color Adjust, dan juga Image Adjust.

ViewSonic Elite XG270QOn-Screen Display dari ViewSonic Elite XG270Q sudah cukup lengkap.

Tentu saja selain kedua hal diatas, On-Screen Display menjadi tempat kalian mengatur hal-hal basic pada sebuah monitor seperti brightness, contrast dan sharpness, input monitor yang digunakan, audio dedicated speaker, RGB, bahasa yang digunakan, crosshair hingga OSD itu sendiri.

  • Software

Untuk urusan software, ViewSonic Elite XG270Q menyediakan Elite Display Controller yang memiliki fungsi kurang lebih sama dengan On-Screen Display yang baru saja gue bahas di atas, tapi tentu saja dengan pengunaan software ini kalian bisa lebih mudah mengubah semua pengaturan dengan mouse dibandingkan menggunakan jari kalian untuk mengusik joy button dimana untuk penggunaan software ini diperlukan koneksi USB-B (USB Downstream pada monitor) ke PC/Laptop yang kalian gunakan jika kalian perlu mengganti RGB yang terdapat pada bagian belakang serta bawah monitor, kalau untuk pengaturan diluar RGB maka tidak diharuskan.

ViewSonic Elite XG270Q
Kerjasama dengan Razer dan Thermaltake membuat ViewSonic Elite XG270Q bisa senada dalam urusan RGB!

Membahas RGB, ViewSonic juga bekerjasama dengan manufaktur lain seperti Razer dan juga Thermaltake untuk menitegrasikan warna RGB yang senada yang berarti jika kalian menggunakan periferal dari Razer, cooler maupun casing PC dari Thermaltake maka semua warna yang ditampilkan akan senada dengan monitor ViewSonic Elite XG270Q.

  • Display

ViewSonic Elite XG270Q
DCI-P3 95% dan HDR400 menjadi daya tarik utama.

ViewSonic Elite XG270Q menggunakan panel IPS dengan ukuran layar 27 inci dengan resolusi QHD (2560×1440) yang membuat monitor ini menjadi sweet spot dengan refresh rate 165Hz karena untuk monitor 1080P dengan refresh rate 240Hz terekesan overkill dengan resolusi yang tidak terlalu tinggi sedangkan 4K dengan 120Hz masih terlalu tajam untuk monitor dengan ukuran 27 inci, di sisi lain tentu saja harga yang sangat tinggi, selain itu dengan IPS panel tentu warna dari monitor ini terkesan baik dengan viewing angle yang cukup konsisten untuk masalah warna jika dilihat dari berbagai sisi.

Untuk urusan warna, ViewSonic mengklaim bahwa ViewSonic Elite XG270Q memiliki spesifikasi sRGB: 127% DCI-P3: 95% dengan brightness hingga 400 nits yang membuat monitor ini setidaknya bisa kalian andalkan untuk konten HDR walaupun bukan yang terbaik tapi menurut gue ini sebuah bonus yang cukup oke!

ViewSonic Elite XG270Q
Dengan resolusi yang tinggi, ini berarti detail yang lebih baik!

Dengan spesifikasi warna tersebut juga, bisa dibilang monitor gaming yang satu ini menawarkan sebuah kualitas gambar yang masih terhitung cukup baik, jika disandingkan dengan Dell U2715H yang sudah menemani gue selama hampir 5 tahun, monitor yang satu ini tetap menghadirkan sebuah warna yang bahkan sedikit lebih kaya dibandingkan monitor yang dikenal sudah dikalibrasi dari pabrik tersebut, jika dilihat sekilas mata memang mirip, tapi jika diperhatikan maka ViewSonic Elite XG270Q ini memiliki jangakau warna yang sedikit lebih luas.

  • Gaming Experience

Tentu saja point gaming experience merupakan hal terpenting dalam pembahasan sebuah monitor gaming, gue menggunakan Gigabyte Sabre 15 selama pengetesan dengan monitor ini dan mencoba Valorant sebagai game pilihan saat pengetasan monitor gaming ini.

ViewSonic Elite XG270Q
Valorant menjadi game tempat kita mengetes monitor ViewSonic Elite XG270Q ini.

Dari segi respons tentu saja gue merasakan perubahan yang cukup signifikan karena selama ini gue memang bermain dengan monitor 60Hz, selama permainan juga tidak terasa adanya ghosting dan stuttering yang membuat gue cukup nyaman selama bermain game ini, bahkan gue yang biasanya bottom frag beberapa kali berhasil menjadi top frag sejak menggunakan monitor gaming yang satu ini.

Tapi kalau kalian ingin lebih maximize pengalaman saat menggunakan monitor ini tentu saja kalian bisa bermain game triple A seperti Call of Duty: Black Ops Cold War karena selain merasakan G-Sync/FreeSync (tergantung GPU card yang kalian gunakan) dan mendapatkan refresh rate hingga 165Hz kalian juga akan merasakan grafik yang terlihat lebih memukau dengan spesifikasi warna yang tadi sudah gue bahas sebelumnya, ini membuat kalian menikmati gambar terbaik dengan refresh rate yang tinggi saat bermain, sebuah “kenikmatan”.

ViewSonic Elite XG270Q
G-Sync Compatible menjadi fitur “Mewah” yang didapatkan pada monitor ini.

Berpindah dari PC sendiri, menyusung konsol PlayStation 5 yang baru saja dirilis, monitor ini juga bisa kalian gunakan untuk merasakan bermain game-game eksklusif nantinya, tapi untuk sekarang ada beberapa judul yang bisa dicoba untuk menyicipi performa 120Hz monitor ini seperti Borderlands 3, CoD: Black Ops Cold War, Devil May Cry 5: Special Edition hingga game kompetitif Fortnite.

Hal paling menarik terkait pengunaan monitor ini dengan PlayStation 5 adalah ViewSonic sendiri memastikan bahwa ViewSonic Elite XG270Q dan beberapa monitor lainnya menjadi solusi untuk pemain hybrid (console + PC), seperti yang diketahui Sony lebih mengfokuskan PS5 untuk TV 4K yang berakibat gamer hyrbrid dengan monitor QHD harus menikmati PS5 mereka pada resolusi FHD (1080P).

ViewSonic Elite XG270Q
ViewSonic Elite XG270Q juga cocok untuk kalian yang perlu sebuah monitor untuk PS5.

Sebagai solusi, ViewSonic mengatur monitor mereka termasuk ViewSonic Elite XG270Q untuk support 4K signals dan auto-downscaling ke resolusi QHD yang tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat diinginkan oleh pengguna hybrid karena mereka tidak dipaksa untuk menurunkan resolusi mereka lagi.

  • Conclusion

ViewSonic Elite XG270Q dibanderol seharga Rp 8,700,000monitor ini berhasil menjadi penengah untuk mereka yang tidak ingin 1080P 240Hz dan 4K 60Hz, sekaligus menjadi penengah juga untuk mereka yang tetap memperdulikan kualitas warna (95% DCI-P3 & HDR400) walaupun memerlukan refresh rate yang tinggi, dan terakhir menjadi penengah untuk hybrid gamer yang tetap ingin menikmati resolusi QHD pada PlayStation 5 mereka.

Semua plus point tersebut ditambah dengan desain yang premium, RGB untuk menambah ambiencestand yang kokoh dengan tingkat enorgomis yang tinggi, headphone hook serta mouse anchor dan ditutup dengan design 3 side-borderless yang seksi.

ViewSonic Elite XG270Q
Monitor ini cocok untuk hybrid gamer

Tentu saja monitor ini ditujukan untuk mereka yang memerlukan sebuah monitor dengan refresh rate yang tinggi tapi tetap memperdulikan warna, dan tetap bisa menikmati konten HDR bahkan ViewSonic Elite XG270Q ini terhitung cukup future-proof jika kedepannya ingin membeli konsol sebagai entertainment tambahan tanpa adanya downscaling dalam tampilan.