Like a Dragon Gaiden

Rabu (8/11) — Seri gim dari Ryu Ga Gotoku Studios yang telah ditunggu-tunggu para fans ini, akhirnya merilis seri terbarunya, yakni Like a Dragon Gaiden!

Untuk Pandangan Pertama gim ini silakan baca selengkapnya di bawah!

Kazuma Kiryu Kembali dengan Identitas dan Masalah Baru di Like a Dragon Gaiden!

Sebelum masuk ke pembahasan utama, pertama kami sampaikan terima kasih kepada SEGA dan Ryu Ga Gotoku Studios yang memberikan kami kesempatan untuk mencoba Like a Dragon: The Man Who Erased His Name.

Like a Dragon Gaiden

Setelah kejadian di Yakuza 6, Kiryu memalsukan kematiannya untuk melindungi Haruka, anak adopsinya, dari dampak reputasinya yang berhasil menjatuhkan orang-orang berpengaruh di dunia gelap Yakuza.

Like a Dragon Gaiden

Sayangnya, usahanya ini tidak berjalan mulus karena satu dan lain hal. Keadaan ini mengharuskan ia kembali menjalani kehidupan lamanya dengan identitas baru, agar tetap dapat beraksi tanpa harus khawatir dengan nasib anak adopsinya tersebut. Walaupun sebenarnya penyamaran yang dilakukan juga kurang maksimal karena masih terlihat kalau dia adalah Kiryu, duh.

Like a Dragon Gaiden

Keberadaan gim ini sebenarnya berfungsi untuk menjelaskan apa yang terjadi pada Kazuma Kiryu di antara Yakuza 6 dan kemunculannya kembali di Like a Dragon: Infinite Wealth. Sehingga nantinya kita tidak akan merasa asing dengan kehadirannya yang muncul kembali di gim terbaru tersebut.

Tetap Gunakan Dragon Engine untuk Jaga Kualitas Grafis yang Estetik!

Secara visual sebenarnya gim ini tidak berubah secara signifikan karena masih menggunakan Dragon Engine, engine yang juga digunakan untuk gim-gim Yakuza atau Like a Dragon sebelumnya.

Like a Dragon Gaiden

Meskipun demikian, ini bukanlah masalah yang besar, mengingat seri gim ini memang lebih menjual cerita dunia gelap per-Yakuza-angameplay dan beragam aktivitas sampingan dari yang serius hingga absurd.

Like a Dragon Gaiden

Gameplay Memang Masih Mirip, Tapi Hadir dengan Style Terbaru yang Unik!

Menurut saya pribadi, secara combat memang tidak terlalu banyak berubah dari versi sebelumnya. Namun Like a Dragon Gaiden memiliki salah satu poin terbaru yang jadi nilai jual gim ini, yaitu Agent Style, gaya bertarung yang memanfaatkan peralatan canggih dari klan Daijoji.

Like a Dragon Gaiden

Untuk awal-awal, kita hanya dibekali Spider, sebuah alat untuk mengikat dan menarik atau melempar musuh ke arah tertentu. Sehingga sangat berguna sebagai crowd control saat bertarung melawan musuh.

Tidak perlu khawatir karena berdasarkan versi demo yang saya coba beberapa waktu yang lalu, nantinya kalian akan membuka beberapa peralatan terbaru yang tidak kalah menarik dan sangat berguna untuk Kiryu.

Like a Dragon Gaiden

Selain Agent, Kiryu masih menyimpan jiwanya sebagai brawler melalui Yakuza Style yang lebih berfokus pada charge attack yang kuat, untuk menghancurkan pertahanan lawan dan menghasilkan dampak kerusakan yang lebih besar. Sehingga kalian bisa memilih style yang lebih cocok dengan gaya bertarung kalian.

Kesimpulan dari satu setengah jam memainkan gim ini adalah saya merasa sangat enjoy dengan apa yang ditawarkan oleh Ryu Ga Gotoku Studios. Khususnya dalam menjembatani kisah Kiryu sebelum masuk ke Like a Dragon: Infinite Wealth bersama Ichiban Kasuga nanti.

Hal yang paling saya tunggu dari gim ini sudah pasti berbagai macam aktivitas sampingan yang bisa kalian lakukan. Terutama fitur Hostess Girlfriend yang kali ini menggunakan mode live action, sehingga para fans Like a Dragon bakal lebih terpuaskan di gim ini.

Like a Dragon Gaiden: A Man Who Erase His Name akan dirilis besok Kamis, 9 November 2023 untuk platform PlayStation 4 & 5, Xbox OneXbox Series X|S dan juga PC.

Gimana pendapat kalian tentang gim ini, guys?

Informasi lebih lengkap silakan kunjungi:
Website