GIGABYTE baru saja merilis 2 varian terbaru dari GPU Low End mereka yaitu GIGABYTE RTX 3050 EAGLE OC 6G dan GIGABYTE RTX 3050 OC Low Profile 6GB dan tentunya yang paling menarik dari kedua varian ini tentu saja seri OC Low Profile

Namun sebelum itu kita akan membahas seri EAGLE OC terdahulu yang sebenarnya tidak memiliki perbedaan besar dari seri RTX 3050 yang pernah dirilis oleh GIGABYTE sebelumnya. tapi bisa dibilang perubahan nya ini kecil tapi bikin gemas para gamer, karena VRAM yang dibawa hanya 6GB saja berbeda dengan WINDFORCE sebelumnya yang 8GB namun dapat dipahami karena biasanya versi EAGLE sedikit lebih murah ketimbang seri WINDFORCE.

GIGABYTE RTX 3050

Namun selebihnya GIGABYTE tidak memberikan informasi apapun terkait perbedaan lain lagi dari GIGABYTE RTX 3050 EAGLE OC ini, dari segi design tentu akan berbeda karena EAGLE biasanya lebih minimalis dan tidak terlalu “gaming” berbeda sekali dengan WINDFORCE.

Lanjut untuk versi OC Low Profile akan memiliki dimensi yang mungil sekali ya 181 mm x 69 mm yang dimana cukup jarang kita temui di GPU generasi sekarang, yang pastinya dengan ukuran sekecil ini GIGABYTE RTX 3050 OC Low Profile 6G ini sangat cocok bagi para penggemar komputer HTPC (Home Theater Personal Computer) atau sekedar PC mungil yang dapat dibawa berpergian atau sekedar mengikuti LAN Party.

GIGABYTE RTX 3050


Dimana kita tahu kalau RTX 3050 ini umumnya memiliki 2 jenis profile TDP yaitu 130 watt dan 70 watt dan kemungkinan besar versi EAGLE OC 6GB nantinya akan memiliki TGP di 130 watt dan OC Low Profile akan berada di sekitar 70 watt (kemungkinan lebih tinggi). Hal menarik selanjutnya menurut kami adalah dari segi fitur dimana kita tahu lini RTX sudah mendukung DLSS 2 yang kita tahu performanya sangat baik di game terkini.

Berbeda dengan GTX 1650 yang sama sekali tidak mendukung fitur upscaling dari NVIDIA, dan membuat performa dalam memainkan game AAA terbaru cukup tersendat dan tidak optimal. Namun sebagai tambahan GPU GIGABYTE RTX 3050 OC Low Profile 6G ini juga dilengkapi dengan 2 tipe bracket yang biasa dan low profile, sehingga kompatibel dengan case yang jauh lebih kecil lagi.