WarioWare mungkin salah satu franchise Nintendo yang mungkin tidak se-populer Mario, berbeda dengan game Mario yang mayoritas berfokus pada genre platformer, Wario sendiri (selain Wario Land) hadir dengan konsep ratusan mini-games. Nah setelah sekian lama menunggu, akhirnya seri ke-10 dari WarioWare sendiri hadir pada Nintendo Switch dengan judul WarioWare: Get It Together! Mungkin trailer dibawah ini bisa ngasih kalian gambaran singkat seperti apa game yang akan gue review ini.

Gue pribadi punya ekspetasi yang cukup tinggi saat pertama kali mencicipi game ini, ekspetasi yang gue bawa setelah memainkan dua seri sebelumnya yakni WarioWare: Touched! dan WarioWare Gold pada Nintendo DS dan Nintendo 3DS. Tapi ternyata ekspetasi gue cukup dipatahkan karena ada perubahan gameplay dimana WarioWare pada Nintendo 3DS yang sudah memberikan berbagai variasi cara bermain seperti stylus, gyroscope dan button harus berubah total pada game ini yang lebih berfokus pada 20 karakternya yang memiliki cara bergerak yang berbeda satu sama lain. Of course dengan banyaknya posibilitas dari control Nintendo Switch seperti yang sudah tergambarkan di 1-2 Switch, gue cukup kecewa karena dari sisi control kita hanya dibatasi pada button saja.

Secara core gameplay sebenarnya tidak ada yang berubah, kalian diminta untuk menyelesaikan berbagai mini-quest demi mini-quest dengan waktu yang sangat terbatas, reflek dan kecepatan decision making menjadi faktor utama pada game ini, dimana kalian hanya punya 4 kesempatan gagal sebelum di anggap game over walaupun kalian masih bisa melanjutkan progress (continue) dengan membayar 100 koin. Semakin tinggi level yang kalian capai maka semakin cepat juga tempo permainan. Tapi selain core gameplay untuk urusan mini-games absurd yang selalu mewarnai seri WarioWare juga tidak pudar pada game ini sama sekali, siap-siap dapetin tantangan untuk cabut bulu ketek patung, hingga cepat-cepatan mencabut bulu kaki.

WarioWare: Get It Together!

Kehadiran 20 karakter yang mempunyai cara bergerak yang berbeda-beda juga menambahkan bumbu dalam setiap mini-games, contohnya Wario yang bisa dash ke kiri dan ke kanan, Mona yang akan terus bergerak dan bisa mengontrol boomerangnya, hingga Ninja kakak beradik yang hanya bisa menyerang satu arah sambil meloncat terus menerus.

WarioWare: Get It Together!

Bumbu yang gue maksud tentu menjadi plus dan minus point, di satu sisi beberapa mini-games terasa jauh lebih mudah dengan beberapa karakter yang pergerakannya lebih fleksibel, tapi di beberapa mini-games malah karakter yang terpilih menjadi beban tersendiri, baik karena tidak bisa bergerak, atau mempunyai mekanisme satu arah. Game ini memang melimitasi kalian dalam menggunakan 3 karakter pilihan kalian yang akan terus menerus berotasi yang tentu memaksa kalian untuk memilih karakter yang paling “nyaman” dalam urusan pergerakan, atau kalau kalian mau tantangan lebih ya silahkan coba bermain dengan rotasi 20 karakter sekaligus.

WarioWare: Get It Together!

Berbicara tentang story mode pada WarioWare: Get It Together! gampangnya sih gue bisa sebut sebagai tutorial atau prolog, karena story mode ini bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 2-3 jam, lalu dari sanalah game sebenarnya bermula. Kalian bisa bermain story mode lagi untuk mencoba mencapai high score tertinggi karena setiap karakter walaupun memiliki pergerakan yang berbeda-beda, mereka membawa satu tema setiap karakternya seperti Mona yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, Kat & Ana dengan tema alamnya hingga favorit gue dari dulu adalah 9-Volt dengan Nintendo Classicsnya, dimana salah satunya adalah The Legend of Zelda: Breath of the Wild.

WarioWare: Get It Together!

Story mode sendiri juga bisa dituntaskan secara solo ataupun co-op berdua, tapi tentu itu yang bukan ditawarkan WarioWare: Get It Together! Ada opsi untuk bermain 4 pemain dengan variety pack yang terdiri dari 10 tipe permainan yang berbeda-beda. Ada yang mengharuskan kalian untuk berkontribusi lebih dalam menyelesaikan mini-games ada yang repetitif menyuruh kalian menyundul bola terus-menerus, tapi ada beberapa mode yang menurut gue mengingatkan gue pada Bishi Bashi pada PlayStation 1 seperti Duelis Maximus yang membuat kalian bertarung 1 lawan 1 dalam berbagai mini-games yang tersedia pada game ini. Kalau gue itung-itung paling sekitar 3-4 mode saja yang menarik untuk dimainkan ramai-ramai, dimana fokusnya sebenarnya ga jauh-jauh dari siapa yang menyelesaikan mini-quest duluan. Tapi setidaknya ada beberapa bumbu-bumbu yang membuat setiap mode itu menarik.

WarioWare: Get It Together!

Reward yang dihadirkan pada game ini juga datang dengan system Gacha. Santai aja karena tidak ada microtransaction sama sekali pada game ini. Semua collectibles yang kalian dapatkan lebih berfokus pada menaikkan level dari karakter kalian yang nantinya digunakan untuk meng-unlock kostum dan juga artwork yang kalau ga di dapetin juga ga masalah sih, bisa dibilang reward kecil-kecilan doang. Semakin tinggi level karakter kalian maka semakin banyak kustomisasi yang bisa kalian dapatkan dengan sistem setiap collectibles yang kalian dapatkan akan memberikan boost level yang cukup tinggi tergantung dari karakternya. Jadi harus ada kecocokan antara karakter dan collectibles yang kalian berikan.

WarioWare: Get It Together!

In the end, WarioWare: Get It Together! menjadi satu lagi koleksi game party yang bisa dimainkan ramai-ramai pada Nintendo Switch melengkapi game-game seperti Mario Party, 1-2 Switch dan Clubhouse Games: 51 Worldwide Classics. Secara core gameplay memang tidak banyak berubah, bermain dengan reflek sambil dikejar waktu, cuma sayangnya karena adanya Switch Lite memaksa game ini tidak memaksimalkan potensi dari Nintendo Switch seperti 1-2 Switch ataupun Nintendo Labo. Kalau kalian masih mengekspetasikan mini-games absurd yang selalu hadir pada WarioWare, worryless karena yes kalian akan tetap mendapatkan pengalaman tersebut. Salah satu game wajib untuk kalian yang suka berkompetisi dengan game semacam Bishi Bashi pada PlayStation 1, atau anggaplah ini arcade machine di rumah kalian. Seru, tapi sedikit dibawah ekspetasi gue aja sih.