Sebuah iterasi game yang cukup punya nama untuk mereka yang mencintai genre turn-based JRPG. Setelah cukup lama ditunggu-tunggu banyak fans-nya, akhirnya Shin Megami Tensei V sudah bisa dimainkan oleh semua orang pada tanggal 12 November 2021 untuk platform Nintendo Switch.

Menghadirkan cukup banyak pertanyaan tentunya akan keputusan Atlus merilis Shin Megami Tensei V ekslusif untuk Nintendo Switch dikala game-nya sendiri pun didesain secara gameplay kembali ke Shin Megami Tensei III: Nocturne dengan sokongan Unreal Engine 4. Shin Megami Tensei V bukanlah Shin Megami Tensei IV, Apocalypse, maupun Strange Journey yang dari format permainannya memang lebih masuk akal untuk mereka tetap ekslusif di Nintendo 3DS. Terlebih dengan beberapa masalah performa yang minim namun tetap noticeable kembali menjadi tanda tanya mengenai dasar keputusan dari internal Atlus.

Video: Atlus Releases New Shin Megami Tensei V 'World In Ruins' Trailer - Nintendo Life
Telah rilis khusus untuk Nintendo Switch, kini Shin Megami Tensei V dirumorkan akan rilis untuk platform PC dan PS4

Namun sepertinya ekslusivitas itu tidak akan bertahan lama. Sebab seorang dataminer menemukan sejumlah bukti cukup kuat yang meyakinkan bahwa Shin Megami Tensei V masuk PC.

File In-Game Perkuat Rumor Shin Megami Tensei V Masuk PC

Ekslusivitas Shin Megami Tensei V di Nintendo Switch sepertinya tidak akan bertahan lama. Dilansir dari Twitter seorang dataminer dengan username @regularpanties, akun tersebut menyelami file game dari Shin Megami Tensei V dan menemukan line code dengan nama “TargetPlatforms” berisikan list nama PS4, Switch, dan Windows PC.

Sebelum meluncurkan tweet berikut, sebelumya akun Twitter tersebut juga sempat membongkar game file untuk patch day 1 Shin Megami Tensei V dan menemukan terdapat line untuk PS4 DeviceProfile. Terlihat juga bahwa ditemukan sejumlah setingan grafis seperti resolusi, post-processingshadow quality, texture quality, anti-aliasing, dan masih banyak lagi. Hadirnya setingan grafis berikut pada file game Shin Megami Tensei V semakin menandai besarnya kemungkinan game tersebut dapat rilis di PC.

Market PC di Bawah Rangkulan Atlus dan SEGA 

Hal ini mungkin tidak akan menjadi cukup mengangetkan jika kalian mengikuti sepak terjang Atlus bersama SEGA belakangan ini. Setelah terbukanya mata mereka akan potensi dari market PC, mereka kini merilis sejumlah rilisan game mereka sebelumnya ke PC. Sebut saja seri-seri Yakuza, Persona 4 Golden, Catherine, Persona 5 Strikers, Sonic Colors: Ultimate, hingga Shin Megami Tensei III: Nocturne HD Remastered. Melihat banyaknya title-title besar yang mulai dibawa masuk ke PC, probabilitas Shin Megami Tensei V pun tentunya ada dan kemungkinan itu sangatlah besar.

Kemungkinan ini pun semakin didukung dengan adanya leaks dari list game pada GeForce Now yang sempat bocor di tahun 2021 ini. Kalian dapat menemukan di lini Atlus, terdapat listing judul dari Catherine: Full Body dan Shin Megami Tensei V.

Dilansir dari postingan u/-LastGrail- di Reddit, dirinya menemukan listing dari game-game yang ada di leaks GeForce Now. Salah satunya dari Atlus terdapat Shin Megami Tensei V

Gue pribadi senang kalau memang Shin Megami Tensei V masuk PC nantinya. Soalnya cukup sayang juga potensi grafis dari ini game jadi kena kompres banget karena limitasi hardware dari Nintendo Switch sendiri. Gue udah main game-nya dan so far memang ada frame drop yang cukup sering terlihat dan tekstur yang telat render. Shin Megami Tensei V menurut gue punya grafis yang sangat cantik, bisa terbilang jauh lebih cantik dari Persona 5 malah karena warna di Shin Megami Tensei V ‘tuh lebih pop dan lebih keluar. Sayang aja grafis seindah itu harus ketahan karena mesin Switch-nya kurang ngangkat.