survei gaming hp global

Pada Kamis (8/6) lalu, HP Global merilis sebuah survei  yang bertujuan untuk memahami pengaruh pandemi terhadap kebiasaan dan persepsi terhadap aktivitas bermain game.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia kini bermain game untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan kemampuan diri.

Hal ini mungkin disebabkan oleh kebosanan saat harus sekolah, kuliah, maupun bekerja dari rumah. Karena itu, 95% gamer Indonesia mengakui bahwa mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game selama pandemi, jauh lebih tinggi dari data global yang hanya sebesar 69%.

Survei Tunjukkan Orang Indonesia Mempunyai Persepsi Positif terhadap Gaming

survei persepsi terhadap gaming

Seiring meningkatnya waktu bermain game, survei ini menunjukkan bahwa 4 dari 5 orang di Indonesia memiliki persepsi yang lebih positif terhadap gaming.

Faktor-faktor yang mengubah persepsi tersebut telah disebutkan melalui ketiga poin di atas, di mana ketiganya mampu memenuhi kebutuhan sosial seorang individu, meskipun tidak bisa bersosialisasi dan bertemu teman-teman secara langsung di luar rumah.

Gaming Semakin Inklusif dan Jadi Cara Berinteraksi yang Efektif

survei gaming hp global

Hasil survei ini juga menunjukkan bahwa aktivitas gaming di Indonesia pada saat ini sudah berlaku untuk semua umur dan gender, sehingga bisa dibilang aktivitas ini menjadi semakin inklusif untuk semua kalangan.

Selain itu, sehubungan dengan kebutuhan sosial, ternyata gaming juga dapat digunakan sebagai alat untuk membangun relasi dan koneksi dengan orang lain. Aktivitas gaming bisa dimanfaatkan sebagai cara yang baik untuk berteman, menguatkan relasi, dan membantu memahami berbagai budaya. Selama aktivitas tersebut dilakukan secara positif.

Tidak Hanya Relaksasi, Gaming Juga Tempatnya Berkompetisi

survei gaming HP global

Semakin berkembangnya dunia gaming, ternyata berbanding lurus dengan minat gamers Indonesia untuk mengembangkan skill agar dapat bermain lebih baik. Menurut mereka,  beberapa faktor yang dapat meningkatkan skill tersebut adalah dengan memiliki akses sumber daya dan aksesoris tambahan.

Selain itu, 42% dari total gamers Indonesia juga tidak ragu-ragu untuk bergabung pada sebuah komunitas, agar dapat berkomunikasi dengan gamers lainnya dan saling berbagi informasi, supaya dapat bermain dengan lebih baik.

Berkolaborasi dengan Pro Players

survei gaming hp global
Kevin ‘XCcurate’ Susanto sc: Liquipedia

Bedasarkan insight tersebut, Edo Jonathan Chandra, Market Development Manager HP Indonesia, mengatakan bahwa HP percaya pada perubahan dan pertumbuhan budaya gaming di Indonesia. Karena itu, HP melihat peluang untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan menggandeng komunitas agar tercipta inklusivitas antar gamers, namun tetap terhubung satu dengan yang lainnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, HP berkolaborasi dengan para pro-players, game casters, dan konten kreator seperti Kevin ‘XCcurate’ Susanto, Donna Visca, Dyland Pros, Benny Moza, Nabbsky, serta EVOS Funi, untuk mengajak para gamers berbagi dan menghargai pengalaman kekalahan mereka saat bermain game, sebagai bentuk perjalanan mereka untuk berkembang menjadi lebih baik, melalui sebuah campaign bertajuk ‘Thank Your Losses’.

“Saya melihat kekalahan sebagai kesempatan untuk berkembang. Dengan menganalisis setiap kekalahan, saya belajar untuk lebih agile dan dapat bermain lebih baik lagi. Selain itu, menang atau comeback setelah sebelumnya kalah itu rasanya puas banget!” ujar XCcurate, dikutip dari press release HP.

Karena itu, untuk memenuhi keinginan 50% gamer Indonesia dalam mendapatkan akses yang lebih mudah ke sumber daya untuk meningkatkan gameplay mereka, HP selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut melalui ekosistem hardware, peripheral, display, software, dan layanan gaming yang kuat. Beberapa lini produk gaming terbaru dari HP tersebut mencakup:

Omen by HP 16 Laptop

gaming laptop omen 16

Dirancang dengan fitur canggih untuk para gamer masa kini untuk memberikan pengalaman gaming pada pengaturan maksimal.

The OMEN by HP 45L Gaming Desktop

gaming pc omen 45L

Dibuat untuk menghadirkan pengalaman bermain game paling nyaman dengan sistem pendingin yang sudah dipatenkan. Sangat cocok untuk hardcore gamer yang ingin performa tinggi dengan opsi upgrade yang lebih leluasa.

Victus by HP 16 Laptop

gaming laptop victus

Laptop ini dibuat dengan DNA OMEN untuk memperkenalkan pengalaman gaming dengan lebih terjangkau, namun tetap memberikan performa yang optimal. Cocok untuk kalian para gamer pemula yang baru mulai bermain game atau gamer kasual.

Ketiga portofolio gaming HP di atas sudah dilengkapi dengan OMEN Gaming Hub, dashboard gaming kelas atas dengan fitur-fitur yang akan membantu para gamer dalam meningkatkan gameplay mereka.

Semua inovasi gaming HP tersedia di HP Store. Silakan kunjungi Instagram HP Indonesia untuk mengikuti cerita ‘Thank Your Losses’ para influencer dan aktivitas lainnya!