Pada Rabu, 11 Oktober 2023, Indonesian Women in Game (IWIG) mengadakan Indonesian Women in Game (IWIG) Leader Summit sebagai side event di acara IGDX 2023. Acara ini mengundang beragam pemegang peran penting di studio game dan berfokus pada sesi diskusi serta Keynote dari pendukung acara, yaitu XBOX dan NUON Digital Indonesia.

Terdapat juga dukungan secara online oleh tiga perempuan di industri game dari luar Indonesia yaitu Dewa Ayu Dewi Larassanti sebagai pengisi suara Kena dari Kena: Bridge of Spirits, Rianti Hidayat sebagai Concept Artist yang bekerja untuk game Ninjala, dan Renee Gittins sebagai Executive Director dariĀ International Game Developers Association.

Wadah Perempuan Profesional Industri Game dari Berbagai Latar

Objektif dari Leader Summit ini adalah menjadi platform bagi perempuan dalam industri game untuk melakukan analisis yang komprehensif, merumuskan strategi, dan menyusun rencana tindakan yang dapat dilaksanakan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang guna mendukung perkembangan perempuan di industri game.

Beberapa topik yang telah dibahas meliputi kurangnya representasi perempuan dalam industri game, strategi untuk mencapai kemajuan karier sebagai perempuan, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung perempuan.

Selain itu, ada sesi keynote yang dipandu oleh Agnes Kim, Kepala Ekspansi Global dari XBOX, yang telah berbagi pengalaman pribadinya sebagai perempuan di industri game serta pelajaran yang dapat diambil oleh para peserta.

Siap menampung para perempuan penggerak industri game!

Acara Indonesian Women in Game Leaders Summit 2023

Diikuti oleh lebih dari 20 profesional di industri game, acara ini berhasil mengumpulkan para perempuan penggerak industri game untuk menyampaikan aspirasi mereka serta berbagi pengalaman dari masing-masing studio game.

Riris Marpaung – Ketua Indonesian Women in Game

“Terselenggaranya event Indonesian Women in Game (IWIG) – Leader Summit pada IGDX 2023 menandakan beberapa hal penting. Pertama, secara resmi terbentuknya kepengurusan IWIG untuk masa jabatan tahun 2023-2025, dengan saya sebagai Ketua dan Shieny Aprilia, CEO Agate, sebagai Wakil Ketua, bersama dengan beberapa perempuan dari berbagai studio game di Indonesia.

Semakin jelas visi dan misi yang akan dilakukan oleh IWIG, yaitu terutama mempromosikan perempuan pengembang gim di berbagai posisi dan meningkatkan ketrampilan dan keilmuan sesuai kebutuhan yang diutamakan. Perlunya dukungan dari berbagai pihak, baik pendidikan, pemerintah, industri, dan organisasi di dalam maupun di luar Indonesia, untuk terus mendukung IWIG dalam mencapai visi dan misinya,” ucap Riris Marpaung, Ketua dari Indonesian Women in Game.

Berikut adalah susunan komite dari Indonesian Women in Game:

Ketua : Riris Marpaung (GameChanger Studio)
Wakil Ketua : Shieny Aprilia (Agate)
Bendahara : Vania Marita (Wisageni Studio)
Community Manager : Ziyan Mufidah (IWIG)
Program Manager : Ariesta Putri (Miracle Gates Entertainment) & Trianingsih (SLAB Games)
Partnership : Restya Astari (Agate)
Pers & Media : Rizki Rimadina (The Lazy Media) & Dina Rahma (AGI)

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Indonesia Women in Game, kalian bisa bergabung di Discord resmi IWIG diĀ http://bit.ly/iwigdiscord