Industri musik Asia mengalami kemajuan yang cukup pesat semenjak 2019 lalu di kancah dunia, terlebih hal ini cukup dikontribusi besar dari Jepang dan Korea Selatan. Terlebih Jepang dengan mulai terbukanya akseptasi publik akan anime dan J-Pop sebagai salah satu bentuk pop culture yang patut diperhitungkan.

Menjawab panggilan tersebut, THE FIRST TAKE dengan tema mereka dalam membawa berbagai musisi dengan lagu Jepangnya untuk bernyanyi dalam satu kali take video, kini menghadirkan kolaborasi dengan nama-nama penyanyi wanita yang cukup meraih pamor di kancah musik Jepang, yakni milet, Aimer, dan Ikura dari YOASOBI.

Kolaborasi Penyanyi untuk Promosi Sony WF-1000XM4

Bentuk promosi ini bukan yang pertama kalinya dijalankan oleh Sony melalui THE FIRST TAKE. Pada 6 November 2020 lalu, promosi serupa dijalankan dengan mengundang LiSA dan Uru untuk bernyanyi bersama di THE FIRST TAKE. Dengan produksi lagu oleh tangan dingin Ayase dari YOASOBI, kolaborasi ini membawakan lagu berjudul “Shikai” (再会). Kolaborasi ini meraih impresi yang sangat baik hingga sempat trending di Jepang kala perilisannya.

Di tahun ini, pada tanggal 4 November 2021, THE FIRST TAKE melalu laman Twitter mereka kini menjalankan promosi serupa dengan menciptakan kolaborasi kedua yang kini menghadirkan milet, Aimer, dan Ikura dari YOASOBI. Mereka bertiga akan membawakan lagu berjudul “Omokage” (おもかげ) yang diproduksi oleh Vaundy. Sony sendiri melalui kanal YouTube Sony Japan telah merilis video iklan hasil kolaborasi tersebut yang mempromosikan salah satu lini true wireless stereo dengan noise cancelling milik Sony, WF-1000XM4

Mengenal milet, Aimer, dan Ikura YOASOBI

milet - checkmate (Lirik Terjemahan) / Kakegurui the Movie Part 2 theme song - HINAYUME BLOG
milet dalam foto promo untuk single terbarunya “checkmate”

milet (ミレイ, Mirei) merupakan penyanyi asal Jepang yang dinaungi Sony Music Entertainment. Memulai debut sebagai penyanyi di tahun 2018, namun baru memulai debut mayor-nya di tahun 2019 dengan perilisan EP-nya, “Inside You“. milet sendiri mulai ramai dikenal publik setelah dirinya berkesempatan untuk dapat mengisi lagu ending dari anime Vinland Saga dengan judul “Drown” dan Fate/Grand Order – Absolute Demonic Front: Babylonia dengan judul “Prover” dan “Tell me“. Dirinya pun pernah berkolaborasi dengan gitaris ONE OK ROCK, Toru hingga bernyanyi di closing ceremony dari Tokyo Olympics 2020.

Aimer dalam foto promo untuk lagu terbarunya “ONE AND LAST”

Aimer (エメ, Emebisa terbilang sebagai penyanyi paling senior di antara ketiganya. Memulai debut di tahun 2011, Aimer cukup menoreh banyak popularitas karena suara husky-nya yang sangat unik dan catchy. Dirinya pun mudah dikenali banyak orang karena lagunya yang sudah mengisi cukup banyak serial anime, baik lagu pembuka maupun penutup. Sebut saja seri-seri Fate/stay night, Vinland Saga, Mobile Suit Gundam Unicorn, Kabaneri of the Iron Fortress, hingga yang terbaru adalah musim ke-2 Demon Slayer. Beberapa lagu terpopuler Aimer yang dapat kalian dengar adalah, “Brave Shine“, “Ref:rain“, “Polaris“, “I beg you“, dan “Kataomoi“.

Japanese music duo YOASOBI releases new song 'Love Letter' on August 9
Ikura (kiri) dalam cover thumbnail untuk lagu “Gunjou” di THE FIRST TAKE

Ikuta Rira (幾田りら, Ikuta Lilas) atau biasa dikenal dengan nama panggungnya “Ikura” kini merupakan penyanyi aktif dari duo grup, YOASOBI, bersama dengan Ayase. Dirinya memulai debut pada tahun 2017 dengan bergabung menjadi anggota band akustik, PLUSONICA yang dinaungi Sony Music. Nama dirinya melejit setelah kesuksesan lagu debut dari YOASOBI yang berjudul “Yoru ni Kakeru“. Popularitas dirinya bersama YOASOBI terus meluas seiring dengan perilisan lagu-lagu mereka seperti “Gunjou“, “Halzion“, dan “Monster“. Namun Ikura pun memiliki lagunya sendiri yang cukup populer seperti “Answer“, “Hikari“, dan “Romance no Yakusoku“.

Kolaborasi ini bagi gue pribadi sangat menyenangkan karena gue sendiri sangat sering dengerin lagu-lagu dari tiga orang tersebut: milet, Aimer, dan Ikura baik solo maupun di YOASOBI. Vaundy yang menjadi produser lagu kolaborasi ini pun lagunya gue sering dengerin. Kalau mendengar lagunya sekilas dari versi iklan yang dirilis Sony, gue sudah bisa merasakan sangat jelas aransemen lagu khas-nya Vaundy. Tentu saja versi full dari lagu kolaborasi mereka ini sangat gue nantikan untuk rilis di THE FIRST TAKE nantinya.