Tersisa kurang dari 2 minggu untuk pergantian versi. Memasuki penghujung akhir dari versi 2.2, Genshin Impact pada tanggal 12 November 2021 kemarin telah mengadakan livestream untuk memberikan gambaran penuh kepada semua pemainnya akan konten-konten yang akan hadir di Genshin Impact 2.3 nanti.

Genshin Impact 2.3 yang akan rilis pada 24 November 2021 membawa petualangan kita untuk kembali ke Mondstat setelah sekian lama. Fokus petualangan kali ini pun akan kembali berpusat kepada Albedo dan Dragonspine, yang sebelumnya pertama kali kita dapati di versi 1.2. Bertajuk “Shadow Amidst Snowstorm“, event kali ini akan melanjutkan kisah dan misteri dari Albedo serta Dragonspine yang sepertinya belum usai. Dalam petualangan pada event ini pun kita akan ditemani Eula, Amber, dan Bennet sesuai seperti yang diperlihatkan pada promotional video-nya.

Event kedua dari Albedo ini akan memberikan freebies senjata pedang yakni Cinnabar SpindlePedang gratis dari event tersebut menawarkan status yang sejalan dengan gaya bermain Albedo menjadikan Cinnabar Spindel digadang menjadi signature weapon miliknya. Cinnabar Spindel menawarkan DEF% sebagai stat keduanya dengan passive yang mampu memberikan tambahan damage dari Elemental Skill dengan scalling dari DEF penggunanya. Sangat selaras dengan gameplay Albedo yang memang lebih sering dititikberatkan untuk menggunakan Elemental Skill-nya yang berorientasi kepada DEF untuk output damage lebih. Pada event bersalju di Dragonspine ini juga akan mengizinkan kita untuk membuat dan mendekorasi boneka salju dengan nama “Puffy Snowman“.

Image
“Shadow Amidst Snowstorm” akan membawa kita kembali ke Dragonspine

Pada versi 2.3 nanti dunia Teyvat juga akan kedatangan world boss baru. Setelah di 2.2 kita sudah memuaskan diri membantai Rifthound dan Rifthound Whelp, kali ini “bapak” dari monster itu hadir di Tsurumi Island. Yak, Golden Wolflord akan hadir pada Genshin Impact 2.3 dan digadang akan menyediakan ascend material untuk Arataki Itto. Monster dengan kekuatan elemen Geo ini akan menghadirkan cukup banyak serangan AoE dan memiliki kemampuan untuk terbang. Pemain yang memiliki DPS bow seperti Yoimiya dan Ganyu tentunya akan diuntungkan pada pertarungan melawan Golden Wolflord nantinya sebab ranged attack akan memiliki uptime damage yang lebih tinggi ketimbang melee attack.

Golden Wolflord siap menjadi samsak untuk kalian yang akan memiliki Arataki Itto

Berikutnya datang dari lini gacha. Setelah pada versi 2.2 kemarin Genshin Impact hanya memberikan rerun dari Childe dan Hu Tao, kini di versi 2.3 kita akhirnya kedatangan dua karakter baru dimana keduanya pun berelemen Geo, yaitu Gorou dan Arataki Itto. Penjelasan dari kedua karakter tersebut dapat dibaca di artikel ini. Genshin Impact 2.3 akan membawa Albedo dan Eula sebagai karakter 5-stars yang dapat di-gacha pada fase pertama, kemudian Gorou dan Arataki Itto di fase kedua.

Arataki Itto dan Gorou bersama dengan kembalinya Albedo dan Eula siap meramaikan versi 2.3

Genshin Impact 2.3 juga akan menghadirkan sistem Character Wish baru kepada karakter rerun dimana kali ini kita akan diberikan dua karakter 5-stars pada waktu yang bersamaan untuk pertama kalinya. Ya, Albedo dan Eula akan menjadi karakter 5-stars yang mengisi debut dari sistem Character Wish baru berikut. Sistem ini akan menghadirkan dua Character Wish yang berbeda, dimana artinya Albedo dan Eula akan berada di banner yang berbeda kala perilisannya nanti, namun pity count dari kedua Character Wish tersebut tetap menjadi satu dan tidak terpisah. Hal tersebut juga berlaku di kondisi rate on dan rate off. Semisalkan kita melakukan gacha di banner Albedo dan dapat rate off, maka kondisi rate on berlaku tidak hanya di banner Albedo tetapi juga banner EulaPity count dari sistem dua Character Wish berikut juga tetap terbawa secara normal nantinya bila berganti ke banner Arataki Itto.

Image
Infografis singkat mengenai sistem Character Wish-2 (sumber: https://twitter.com/shoyxz)

Pemain juga akan kedatangan senjata greatsword baru dengan rarity 5-stars untuk di-gacha yang akan melengkapi persona Arataki Itto nantinya di Genshin Impact 2.3, yaitu Redhorn Stonethresher. Senjata ini menghadirkan CRIT DMG hingga 88,2% sebagai second stat-nya dan memiliki passive yang seakan didesain niche hanya untuk Arataki Itto, yakni menambahkan DEF dan meningkatkan damage dari Normal dan Charged Attack dengan scalling dari DEF. Ya, Arataki Itto memang didesain sebagi DPS yang didesain untuk berfokus kepada stat DEF layaknya Albedo. Walau digadang sebagai signature weapon dari Arataki Itto, komunitas dari Genshin Impact yang sudah melakukan hitungan kasar menemukan fakta bahwa output damage dari Arataki Itto dengan Redhorn Stonethresher nantinya masih kalah dengan Serpent Spine di refinement 5, senjata greatsword 4-stars yang bisa didapatkan melalui Battle Pass pada level 30 jika kalian membeli Gnostic Hymn atau Gnostic Chorus.

Redhorn Stonetresher dan Cinnabar Spindle akan menjadi senjata baru di versi 2.3

Perilisan Artifact Set baru di Genshin Impact 2.3 juga akan ikut menambah warna dari lika-liku pencarian artifact di game ini. Yang pertama adalah “Husk of Opulent Dream” dengan set bonus yang sangat menguntukan karakter Geo dengan kebutuhan scalling DEF seperti Albedo dan Arataki Itto. Dan yang kedua adalah “Ocean-Hued Clam” yang secara design-wise sangat terlihat diperuntukkan untuk Sangonomiya Kokomi. Artifact Set bernuansa biru dengan aksen mutiara dan kerang ini akan cocok untuk karakter yang beriorientasi penuh sebagai healer seperti Barbara dan Sangonomiya Kokomi. Set bonus-nya mengizinkan pengguna artifact ini untuk mampu memberikan damage dengan scalling dari seberapa banyak HP yang disembuhkan kala set bonus-nya menyala.

Selain dari event tajuk “Shadow Amidst Snowstorm“, ada beberapa event baru dan event lama yang kembali hadir di Genshin Impact 2.3:

  • Bantan Sango Case Files: The Warrior Dogevent yang mengajak kita untuk memecahkan kasus dan menyelematkan binatang yang hilang di Inazuma. Pada event ini pun kita akan diberikan device untuk menangkap hewan-hewan di Teyvat untuk ditempatkan di Serenitea Pot, yaitu Omni-Ubiquity Net.
  • Energy Amplifier Fruition, rerun event dari Energy Amplifier Fruition yang sebelumnya pernah rilis di versi 1.5.
  • Misty Dungeon: Realm of Lightrerun event dari Battlefront: Misty Dungeon yang juga sebelumnya pernah rilis di 1.5.
  • Story quest baru yang meliputi Arataki Itto, Taurus Iracundus Chapter: Act 1.
  • Hangout Events: Series IV, cerita hangout kembali dan kini mendatangkan Gorou dan Beidou.
Melawan anjing ninja Inazuma, kita kini bertugas untuk menyelamatkan hewa-hewan yang hilang

Akhirnya masuk ke paragraf opini. Karena gue pribadi sedari awal tidak memiliki ketertarikan untuk pull siapa-siapa di versi 2.3 ini, bahkan Eula sekali pun yang memang gagal gue dapetin di 1.5, versi Genshin Impact kali ini benar-benar bakal bosenin banget buat gue. Maksudnya nih, oke kalau soal event Albedo sama Dragonspine tentu aja gue excited. Cuma ‘kan itu paruh pertama aja ya. Paruh kedua sampai akhir versi ‘kan berarti bakal bosenin banget nih isinya mayoritas event lama semua. Mungkin kasusnya bakal beda kalau gue gacha Arataki Itto atau Gorou. Tapi ya, gue bener-bener ga ada tertarik sama mereka berdua. Albedo pun gue udah punya dan gue sendiri ga merasa ada urgensi untuk Albedo gue dipakein artifact baru, Husk of Opulent Dream.

Overall Genshin Impact 2.3 ini bagi gue bisa lebih parah bosennya ketimbang 2.2 kemarin. Tapi balik lagi kalau misal ini terlihat sebagai sentimen negatif, ini hanya opini pribadi yang ga perlu ikut setuju juga. Mau sebosen apa juga ‘kan akun Genshin Impact gue bakal tetep dimainin.