Tak lekang dimakan waktu, Hoyoverse (nama baru dari miHoyo) masih sangat berambisi untuk mengeksplorasi terus keindahan dari region terbaru mereka di Genshin Impact, yaitu Inazuma. Setelah pada versi 2.5 ini kita sangat difokuskan kepada Inazuma, terlebih dengan kehadiran Yae Miko, Raiden Shogun, dan Kokomi untuk dapat di-gacha, sepertinya pada update mendatang kita masih akan disuguhkan oleh keindahan yang bisa ditawarkan Inazuma.

Rilis pada 30 Maret 2022 nanti, Genshin Impact 2.6 akan memperkenalkan festival budaya di Inazuma, yaitu “Magnificent Irodori Festival“. Festival ini menjadi semakin menarik dikarenakan kita dapat bertemu dengan karakter-karakter Mondstat hingga Liyue yang berkunjung ke Inazuma untuk menghadiri festival. Sebut saja seperti Klee, Albedo, Venti, bahkan hingga Xingqiu akan hadir meramaikan festival di Inazuma bersama karakter-karakter Inazuma lainnya. Festival ini juga ikut diramaikan oleh kehadiran dari kakaknya Ayaka, yaitu Kamisato Ayato sebagaimana seperti yang diperlihatkan pada promotional video-nya.

Petualangan di Festival Akbar Inazuma hingga Masuk Tambang Terlantar

Festival dari Inazuma ini akan serupa seperti festival-festival sebelumnya di Mondstat dan Liyue dimana pada event kali ini pemain kembali diajak untuk menikmati beragam mini-game yang menarik serta menantang. Berikut adalah event-event yang akan meramaikan Magnificent Irodori Festival:

  • The Moon and Stars Inscribe, pemain akan diajak berkeliling Inazuma untuk memotret objek sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
  • Clash of Lone Bladesevent yang mengajak pemain untuk berduel pedang satu lawan satu menggunakan Traveler dimana Elemental Skill dan Elemental Burst tidak dapat dipakai. Mekanik parry juga diperkenalkan pada event berikut dengan teknik penggunaan yang serupa dengan Elemental Skill Beidou.
  • The Floral Courtyard, pemain akan diajari Kamisato Ayaka mengenai seni merangkai bunga bernama Ikebana dimana dalam satu pot yang diberikan nanti dapat dihiasi dengan berbagai jenis bunga. Hasil dari rangkaian pemain tentunya dapat digunakan di Serenitea Pot.
  • Kembalinya Theater Mechanicus dengan mekanik yang tentunya berbeda dari Theater Mechanicus sebelumnya.

Akan sangat menarik tentunya bila nanti kita bisa melihat chemistry dari Xingqiu dan Albedo selaku penulis dan ilustrator dari light novel A Legend of Sword” yang menuai cukup popularitas di Inazuma. Bahkan Kokomi pun merupakan fans berat dari buku hasil tangan Xingqiu tersebut. Atau chemistry dari Klee dan Yoimiya, dimana Yoimiya sangat ingin bertemu Klee setelah mengetahui kabar bahwa Klee mahir membuat bom dan dirinya menganggap bom dan kembang api tidak jauh berbeda.

Magnificent Irodori Festival, festival di Inazuma yang akan mempertemukan karakter Mondstat dengan karakter Inazuma

Selain festival besar di Inazuma, Genshin Impact 2.6 juga akan membawa kita kembali ke Liyue untuk melanjutkan perjalanan mengungkap misteri dari Abyss Order menuju The Chasm. The Chasm sendiri merupakan daerah pertambangan di ujung barat Liyue Harbor yang sudah menjadi perbincangan komunitas sejak dulu dikarenakan eksistensi nama dari The Chasm sendiri pada map, namun tanpa kejelasan kapan area tersebut dapat dieksplorasi. Area pertambangan ini pun terbagi menjadi dua map yang dapat dieksplorasi, sisi luar yang tergabung dengan map utama dan sisi dalam yang menjadi map terpisah layaknya pendekatan seperti Golden Apple Archipelago dan Enkanomiya.

Archon Quest berlanjut membawa kita untuk menelusuri area pertambangan Liyue, The Chasm

Terbukanya area baru juga membuka adanya ancaman baru. Perilisan The Chasm ini juga akan memperkenalkan material boss baru bernama Ruin Serpent, sebuah makhluk mesin seperti ular yang dapat masuk ke tanah. Belum ada kejelasan akan karakter atau senjata yang akan menggunakan material dari musuh baru ini. Melalui bocoran yang ada di internet, Ruin Serpent digadang mampu memberikan efek corrosion seperti yang dilakukan Rifthound dan Golden Wolflord melalui mekanik bertarungnya yang mampu mengeluarkan cairan ungu.

Ruin Serpent akan menjadi boss baru yang akan mewarnai petualangan di The Chasm

Kakak Beradik Kamisato Siap untuk Masuk Gacha

Kini kita berlanjut ke lini gacha, Genshin Impact 2.6 akan menghadirkan Kamisato Ayato, karakter sword dengan Hydro vision untuk meramaikan lini karakter di Genshin Impact. Selain itu, Venti dan Kamisato Ayaka akan hadir kembali untuk memberikan kesempatan bagi pemain-pemain yang mungkin belum memiliki mereka. Kamisato Ayato dan Venti hadir bersama sebagai dua banner yang dapat di-pull untuk fase pertama dan Kamisato Ayaka untuk fase kedua.

Kamisato Ayato ditemani kembalinya Venti dan Kamisato Ayaka akan meramaikan versi 2.6

Genshin Impact 2.6 juga akan kedatangan senjata sword baru yang hadir untuk di-gacha, yaitu Haran Gepakku FutsuSword baru tersebut akan menjadi senjata signature dari Kamisato Ayato dengan second stat CRIT Rate hingga 33,1%. Passive dari pedang satu ini juga sepertinya ekslusif hanya untuk Kamisato Ayato seorang, dimana pedang ini mampu menambahkan stack setiap kali anggota dari party selain pengguna pedang ini menggunakan Elemental Skill dengan limit hingga 2 stacks. Stacks tersebut akan memberikan buff untuk Normal Attack bila pengguna pedang ini menggunakan Elemental Skill-nya. Tentu hanya Kamisato Ayato yang mampu menggunakan pedang ini dengan maksimal menggunakan mekaniknya yang mampu merubah stance Normal Attack-nya setelah mengaktifkan Elemental Skill-nya. Tapi bukan berarti karakter lain tidak bisa menggunakan pedang baru ini karena tentunya second stat CRIT Rate sendiri sudah menjadi kemewahan tersendiri untuk senjata ini dengan bonus 12% Elemental DMG dari passive-nya.

Senjata pedang bintang 5, Haran Gepakku Futsu, siap menjadi senjata andalan Kamisato Ayato

Belum Selesai Farming, Artefak Baru Muncul Lagi

Aktivitas pencarian artefak sempurna pun kembali menambah lika-likunya di Genshin Impact 2.6 ini. Pemain akan kembali diperkenalkan dua set artefak baru, yaitu “Echoes of an Offering” dan “Vermillion Hereafter“, dimana kedua artefak berikut bisa didapatkan melalui domain baru yang akan hadir di The Chasm.

Echoes of an Offering digadang akan menjadi artefak unggulan untuk Kamisato Ayato dimana bonus empat set-nya mampu memberikan buff untuk Normal Attack sebesar 70% saat berhasil mendaratkan Normal Attack ke musuh. Namun buff tersebut memiliki peluang sebesar 36% untuk aktif dan persentase peluang tersebut naik 20% setiap kali pemain gagal mengaktifkannya. Memang menjadi artefak yang sangat mengandalkan chance untuk membuka serangan terkuatnya. Namun mengingat serangan Normal Attack dari ganti stance Ayato cukup cepat, kondisi untuk mengaktifkan buff tersebut tentunya akan lebih mudah dan cepat untuk diaktifkan. Artefak ini juga cocok untuk karakter dengan Normal Attack cepat lainnya seperti Yoimiya atau Fischl DPS

Artefak kedua adalah Vermillion Hereafter yang menjadi artefak andalan untuk Xiao dengan bonus empat set-nya sangat berkorelasi dengan gameplay Xiao. Artefak berikut mampu meningkatkan ATK sebesar 8% ketika Elemental Burst diaktifkan dan bila HP karakter pengguna artefak ini terus berkurang, setiap pengurangan HP itu akan memberikan buff ATK sebesar 10% dengan batasan untuk aktif sampai 4 kali. Efek bonus artefak tersebut tentu sangat sesuai dengan cara bermain Xiao yang melakukan plunging attack setelah mengaktifkan Elemental Burst yang setiap serangannya juga mengurangi HP dari Xiao sendiri.

Echoes of an Offering dan Vermillion Hereafter akan menambah pekerjaan pemain untuk mencari artefak

Genshin Impact Akhirnya Mulai Seru Lagi!

Untuk versi 2.6 nanti, gue pribadi memang berniat untuk pull Kamisato Ayato karena gue mau sandingin dia dengan Yae Miko buat main electrocharged. Gue ada opsi buat pull Kokomi yang secara mekanik lebih bagus dan persiapan build-nya pun nggak sesulit build karakter DPS. Tapi gue sendiri ada pegang dua biji Primordial Jade Cutter yang sayang kalau dianggurin. Jadi biarlah itu senjata salah satunya dipegang sama Kamisato Ayato. Untuk artefak dari Kamisato Ayato sendiri gue sudah siapkan cukup dengan Heart of Depth supaya biarin main elemental reaction saja. Gue merasa domain artefak baru kurang worth buat gue farm kalau untuk artefak Kamisato Ayato seorang. Terlebih karena gue ga punya Xiao juga, jadi hanya satu jenis artefak saja yang akan terpakai di gue.

Gue juga berniat setelahnya untuk gacha Kamisato Ayaka dikarenakan gue punya Shenhe C1 lengkap dengan senjatanya, Calamity Queller. Kembali lagi, sayang banget Shenhe gue nggak bisa maksimalin potensi dia jadi Cryo support karena akun gue nggak punya karakter Cryo DPS sama sekali. Gue punya Eula yang memang karakter Cryo, tapi porsi dia lebih ke physical jadi tentunya nggak kehitung sebagai Cryo DPS. Plus lagi gue punya Mistsplitter Reforged yang saking nganggurnya, gue pasangin ke Bennet.

Overall, bagi gue Genshin Impact 2.6 akan bikin sibuk banget bukan karena gue senang karakter ini atau karakter lainnya, tapi lebih ke pemenuhan kondisi karena ada satu dua hal di akun gue yang nggak kepakai, jadi ada karakter yang gue kejar di versi 2.6 biar hal-hal tersebut kepakai. Terlebih dengan kehadiran The Chasm juga menambah pekerjaan untuk eksplorasi area baru juga.