Steve Wozniak salah satu co-founder dari Apple. Inc perusahaan yang sekarang kita kenal dengan Iphone, Ipad, ataupun Mac seriesnya. Baru-baru ini memberikan sebuah statement yang cukup keras terhadap perusahaan yang ia tumbuh kembangkan yaitu Apple.

Kita tahu belakangan ini Apple secara reguler meningkatkan ke agresifannya dalam men-tackle perusahaan mikro yang bergerak dalam bidang jasa reparasi terutama produk Apple. Hal ini membuat banyak orang merasa Apple ingin menaikkan level monopolinya.

Karena dengan hilangnya ‘right to repair’ atau hak untuk mereparasi gadget kita sendiri mengindikasikan intensi Apple untuk menggenggam seluruh lini produknya dari A sampai Z. Hal ini membuat para konsumen harus menggunakan jasa asuransi yang disediakan oleh Apple yang kita kenal sebagai Apple Care.

Tentu jasa reparasi dan asuransi yang disediakan oleh Apple ini dipatok dengan harga yang sangat premium, ketimbang dengan jasa reparasi lokal yang hanya 1/5 dari harga yang di tentukan oleh Apple.

Baru-baru ini produsen alat reparasi gadget seperti iFixIt pun mengangkat isu ini dikarenakan tingkat kesulitan dalam memperbaiki produk Apple sudah sangat tinggi, sampai dititik tidak ada orang awam yang dapat memperbaikinya bahkan di level Enthusiast sendiri pun akan mengalami kesulitan yang cukup parah dalam memperbaiki gadget Apple ini.

Louis Rossmann salah seorang Youtuber yang selalu membuat video mengenai cara memperbaiki gadget, juga bersuara sangat lantang mengenai right to repair atau hak reparasi mandiri ini, ketika Steve Wozniak bersuara mengenai itu Louis bahkan langsung menanggapinya di kanal Youtube nya.

Steve Wozniak mengatakan dahulu ia dapat memahami prinsip dasar dalam peralatan elektronik dikarenakan seberapa terbuka perusahaan terhadap produk yang mereka keluarkan, ia menambahkan setiap tabung dan juga komponen dalam sebuah TV bahkan terdokumentasi dengan apik dalam buku manualnya.

Steve menceritakan bahwa dahulu sangat wajar untuk orang dirumah memperbaiki peralatannya sendiri seperti mengganti tabung vakum pada TV, hal itu sangat lumrah. Ia juga mengatakan bahwa Apple sendiri tidak akan pernah ada jika pada saat itu para perusahaan elektronik ini menutup rapat seluruh produknya.

Ia menambahkan kalau produk Apple II yang menjadi tulang punggung perusahaan Apple selama bertahun-tahun pada saat itu juga lahir dari keterbukaan para perusahaan elektronik tersebut.

Steve merasa tidak ada yang salah dari right to repair atau hak reparasi mandiri ini karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan, dan ditambah ketika kita berhasil memperbaiki gadget kita sendiri tentu ada rasa puas yang tidak dapat dicari ditempat lain.